Tips Merawat Burung Sogok Ontong Sampai Gacor

Diposting pada
Rate this post

Tips Merawat Sogok Ontong – Sogon termasuk aves yang makanan utamanya adalah nektar bunga atau menghisap madu. Sogok Ontong juga disebut burung madu sriganti yang memiliki ukuran tubuh kecil tetapi suara kicauannya cukup nyaring, burung ini banyak dicari sebagai salah satu materi pemasteran burung kicau. Cara memeliharanya gampang gampang susah salah cara akan mengakibatkan si mungil ini mati. Jadi para kicau lovers tentunya sudah tidak sabar bukan untuk mempraktekan tips rawatan dari pleci.id ??? Simak selengkapnya dibawah ya.

Cara Perawatan Burung Madu Sriganti

1. Pemilihan Burung Ombyokan

Pilihlah burung yang berjenis kelamin jantan, caranya dengan perhatikan warna hitam metalik biru yang terdapat pada kepala, leher dan dada, untuk yang masih muda warna itu hanya terlihat bintik saja. Lihat sorot mata Sogon, jika terlihat memancar dan tidak bengkak tandanya dia dalam keadaan sehat dan juga pilihlah yang gerakannya lincah jika sehat unggas jenis ini tidak sulit untuk mengeluarkan kicauannya.

Jika kalian sudah menentukan burung mana yang dipilih coba lihat bagian dadanya untuk melihat burung tersebut kurus atau gemuk sebagai ciri tambahan yang menandai dia sehat. Sebaiknya saat kita membeli dibungkus kantong kertas segera bawa pulang jangan terlalu lama karena hawa yang panas akan membuatnya dehidrasi yang menyebabkan kematian.

cara-agar-sogok-ontong-cepat-ngleper

2. Adaptasi Dengan Lingkungan Baru

Untuk proses adaptasi lingkungan agar tidak stress, setelah sampai rumah siapkan dua cepuk minum isi dengan air putih matang bersih, dan yang satu cepuk lagi dengan susu kental manis yang sudah dicairkan dengan air secukupnya. Pegang kedua pangkal paha dengan ibu jari dan telunjuk, setelah itu masukan paruh burung kecepuk air masukan hingga hidung diamkan beberapa detik sampai dia berontak, jika sudah meronta tentu dia akan membuka paruh masukan ke dalam cepuk susu. lakukan hal ini beberapa kali sampai terlihat tenang.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Membuat Racikan Pakan Sogok Ontong Biar Gacor

Siapkan kandang ukuran kecil saja jika dia sudah tenang langsung masukan ke dalam sangkar. masukan juga susu dan air tadi dan perhatikan lagi apabila dia sudah mulai aktif minum tentu ini menandakan dia sudah bisa beradaptasi dengan baik.

karakter-burung-sogok-ontong

3. Pengembunan

Burung madu sriganti ini sangat menyukai udara pagi dan pengembunan akan membuatnya semakin fresh dan dia akan berinteraksi dengan suara kicauan burung liar ini juga akan memancingnya agar cepat gacor. embun pada waktu fajar atau subuh hingga pukul 7 sebelum dimandikan. Gantung di teras rumah atau lebih baik diranting pohon jika ada.

4. Cara dan Waktu Mandi

Cara memandikannya sama dengan burung kecil lainnya seperti pleci, dan burung pemakan nektar lainnya cukup di semprot dengan sprayer sampai basah air di campur dengan anti kutu sedikit agar bulunya terhindar dari kutu-kutu. mandikan setelah di embun. mandikan setiap hari secara teratur di pagi hari ini akan memancing dia untuk mengeluarkan kicauannya.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Bersihkan kandang dari kotoran nya saat memandikannya karena kebersihan kandang sangat penting agar dia terjaga kesehatannya. Bersihkan setiap hari jadinya dia betah dan nyaman.

6. Perhatikan Asupan Makanan

Sogok ontong makanan utamanya nektar jangan kasih air gula dulu ya karena dia pasti akan memilih larutan gula di banding susu hal ini akan membuat dia tambah kurus. ajari dia makan kroto dengan menambahkan beberapa butir kroto di dalam susu. Susu diganti sehari 2 kali untuk menghindari susu basi. Air minum juga di ganti sehari 2 kali karena air akan kotor tercampur susu. lakukan ini beberapa hari jika dia terbiasa memakan kroto kalian bisa memisahkan kroto pada cepuk sendiri.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Menjinakkan Burung Kutilang Hasil Tangkapan

7. Pemasteran

Masteri burung saat malam hari, Sogon termasuk burung yang mudah meniru jadi kalian jangan kaget bila dia bisa mengeluarkan suara kicauan lovebird, pleci dan kenari. sungguh hebat juga kan burung ini. Masteran burung bisa kalian unduk secara gratis di website kami selamat mencoba.

Itulah tadi beberapa tips merawat sogok ontong dari kami semoga kalian bisa melakukannya dengan baik, terimakasih para kicau lovers sudah terus mengikuti kami. tetap lakukan protokol kesehatan 3m dimanapun kalian berada dear.