Tips Merawat Burung Siri Siri Agar Lebih Gacor

Diposting pada
Rate this post

Pada edisi hari ini lagi-lagi kami akan memberikan Tips Merawat Siri Siri yang mana aves jenis ini dipelihara untuk dijadikan masteran burung kicau untuk kontes. Secara kasat mata dia agak mirip cucak rawis tetapi keduanya merupakan jenis yang berbeda. meskipun bertubuh kecil dia memiliki volume suara yang nyaring dan speed yang rapat. Jika kalian ingin merawatnya juga, perhatikan tips rawatan dari kami sebagai berikut.

Perawatan Harian Burung Siri Siri

1. Cara Memandikan yang Benar

Sebenarnya perawatan unggas yang satu ini tidaklah sulit, sama halnya dengan burung berkicau lainnya kita harus memandikannya setiap hari agar lebih segar serta dapat menurunkan birahinya. Cara memandikannya pun sederhana hanya menggunakan sprayer. Semprot burung samai basah kuyup dan air semprotannya bisa dicampurkan dengan shampo khusus burung yang banyak dijual di pasaran. Setelah mandi anginkan atau jemur sampai bulu kering.

cara-menjinakan-siri-siri

2. Durasi dan Waktu Penjemuran

Setelah mandi berilah beberapa ekor jangkrik, karena di alam bebas jenis ini merupakan pemakan serangga. Setelah itu jemur atau anginkan dibawah sinar matahari pagi kurang lebih 1 jam saja. Waktu penjemuran dibawah pukul 11.00 di atas itu tidak direkomendasikan karena tubuhnya kurang kuat menahan suhu eksterm.

3. Asupan Makanan Utama dan Tambahan

Meskipun di alam habitat aslinya dia pemakan serangga, dalam perawatan kita bisa memperkenalkan voer sebagai asupan konsumsi utama yang melengkapi kebutuhan metabolisme tubuhnya. Dan selingi dengan EF seperti jangkrik atau kroto bahkan ulat hongkong juga bisa.Kita juga boleh memberikannya vitamin tambahan dari buah-buahan seperti pisang dan pepaya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Macet Bunyi

Air minumnya pun harus air bersih bisa air mineral ataupun air biasa yang harus di rebus dahulu sampai matang lalu dinginkan. Sebelum menggnti air minum hendaknya kita cuci dulu cepuk nya dengan sabun sampai bersih agar kebersihannya terjaga karena air memang murah untuk terkontaminasi mikroorganisme berbahaya.

4. Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang memang harus diperhatikan bagi semua burung perliharaan karena kandang yang kotor akan berdampak buruk bagi kesehatannya. caranya dengan rutin membersihkan alas sangkar yang dipenuhi dengan kotoran secara rutin setiap hari lalu kalian boleh memberihkan secara mendalam dengan mengeluarkan dahulu burungnya lalu bersihkan kandangnya dengan disemprot desinfektan agar lebih steril cukup 1 minggu sekali saja.

siri-siri-macet-bunyi

5. Pengkrodongan burung

Biasanya saat dimasteri burung harus di krodong. Karena siri siri ini termasuk burung yang mudah berkicau kamu boleh mamasterinya dalam keadaan terbuka atau tetitip kedorong jadi bebas saja, boleh dikrodong atau tidak. masteri masteran suara burung agar speed nya lebih rapat dan variasi kicauannya lebih banyak.

Nah bos kicau lovers itulah tadi beberapa tips merawat siri siri dari kami semoga banyak memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi kalian para pecinta burung kicau dimanapun berada. Tetap sehat dan selalu jaga kebersihan lingkungan salam Pleci Mania.