Tips Harian Merawat Burung Serindit Agar Rajin Berkicau

Diposting pada

Halo kicau lovers kembali kami untuk memberikan tips merawat serindit, yakni perawatan harian agar burung anda rajin bernyayi. Jenis unggas ini hampir tidak digunakan untuk diperlombahan biasanya para pecinta kicau memeliharanya sebagai bahan masteran isian dari burung kontes seperti Murai Batu, Kacer hingga ke cucak hijau.

selain itu burung yang memiliki nama ilmiah Loriculus galgulus ini memukau dengan warna hijau nya yang cerah. Pastinya kalian sudah tidak sabar untuk mengetahui tips selengkapnya bukan ?? cek selengkapnya dibawah ini.

Perawatan Harian Serindit

1. Pengembunan

Serindit termasuk burung yang tahan terhadap suhu ekstrim, dia tahan panas dan dingin tetapi jangan setiap hari juga karna akan menggangu kesehatannya. Pengembunan dilakukan pada pukul 5.30 atau pukul 6.00 pagi hal dengan menggantung sangkarnya di teras rumah jika ada dibawah pepohonan ini bertujuan agar bisa menghirup udara segar dimana saat itu belum ada pencemaran udara, burung yang di embun juga akan terpancing untuk mengeluarkan kicauannya.

burung-serindit-jantan

2. Waktu Mandi Yang Pas

Memandikan burung setiap hari ialah wajib terkecuali burung dalam keadaan sakit atau mabung, selain untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri si hijau yang berparuh bengkok ini dimandikan dengan cara yang benar dan dilakukan dengan sepenuh hati.

Mandikan serindit setelah pengembunan atau pada pukul 7.00 pagi secara rutin, cara memandikannya sangat mudah dengan di semprot sprayer halus menggunakan shampo burung supaya bulunya terhindar dari kutu dan berkilau. shampo jatijajar yang bisa dengan mudah ditemukan di kios burung dengan harga yang terjangkau.

Baca Terus Guys ! . . .  Kisaran Terkini Harga Cucak Ijo Di Pembuka Tahun 2021

Setelah itu kita juga harus membersihkan kandangnya dari kotoran serta makanan yang berserakan, cuci dengan sabun sehingga sangkarnya akan lebih steril lalu cuci cepuk makan dan minumnya lalu keringkan.

3. Durasi Penjemuran Burung

Setelah mandi burung serindit di jemur dibawah sinar matahari agar suhu badan kembali hangat dan bulunya kering, kurang lebih 1 jam saja waktu penjemurannya sisanya kalian gantung di tempat yang teduh bisa di teras rumah atau di dalam rumah, tidak usah di kerodong dulu biarkan dia mengenal kondisi sekelilingnya.

4. Memberikan Makanan dan Minuman

Makanan utama dari serindit yaitu biji-bijian hal ini terlihat dari bentuk paruhnya yang lengkok seperti burung Lovebird tetapi lebih runcing dan lebih kecil yang berwarna hitam. Beri millet secukupnya jangan terlalu penuh supaya tidak tumpah saat dia makan dan juga tidak sayang jika kita buang karena kita menggantinya setiap hari. Sebagai selingan bisa juga menambahkan buah-buahan segar untuk tambahan asupan vitamin bagi tubuhnya.

Minuman yang diberikan sebaiknya air matang yang sudah di dinginkan terlebih dahulu karna mikroorganismenya sudah mati, bisa juga di tambahkan suplemen tambahan untuk menambah stamina bagi tubuhnya.

manfaat-merawat-burung-serindit

5. Makanan Tambahan

Serindit mengkonsumsi nektar untuk tambahan asupan sumber energinya jadi kalian harus memberinya nektar buatan atau air gula yang sudah dicairkan 2 kali dalam seminggu sudah cukup.

6. Waktu dan Durasi Pemasteran

Untuk durasi pemasteran tentunya lebih sering akan lebih baik supaya burung serindit kesayangan anda bisa lebih mudah merekam dan pastinya gacor dor, tetapi unruk waktu terbaik nya setelah penjemuran terus dimasteri dan saat istirahat dan kandangnya di tutup kedorong akan lebih maksimal dalam dia merekam suara.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Jenis Burung Populer yang Lagi Ngetren di Indonesia

Nah itulah tari beberapa tips simple dari kami seputar tips merawat serindit yang bisa kicau lovers sekalian lakukan di rumah tidak memakan banyak waktu tentunya. terimakasih banyak dan jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan dimanapun kalian berada ya guys.