Tips Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Salah satu burung yang menjadi primadona di kalangan pecinta burung kicau yang memiliki ukuran tubuh kecil yaitu burung pleci. Meskipun bertubuh mungil, Aves yang memiliki bunyi asli ciw ciw ini memiliki suara yang nyaring, merdu dan bervariasi. Berbagai macam gaya kicauannya dan salah satunya yang populer yakni ngalas. Untuk membuat pleci ngalas tentunya tidak mudah diperlukan tahapan-tahapan dalam perawatannya. Untuk itu di perlukan tips merawat pleci yang tepat agar burung pleci anda cepat gacor dan ngalas, berikut ulasannya.


Karakteristik Burung Pleci

Pleci atau yang di kenal burung kacamata ini merupakan penghuni asli hutan-hutan tropis yang ada di Asia. Mulai dari India, China hingga ke Indonesia. Sehingga tak heran jika di Nusantara kita ini mudah ditemukan burung yang memiliki lingkaran bulu-bulu putih pada sekitar matanya yang menyerupai kacamata.

Burung yang memiliki nama latin Zosterops palpebrosus ini hidupnya secara koloni atau berkelompok. si kuning yang mungil ini umumnya memiliki ukuran tubuh sekitar 9 hingga 10 cm saja, meskipun demikian suara kicauannya amat sangat menarik dengan variasi dan suara yang merdu serta nyaring.

Ditemukan di sekitar pulau Jawa burung ini bertelur mulai dari bulan januari hingga oktober dengan telur yang berwarna biru pucat dan menghasilkan 2 sampai 5 butir telur pada satu sarangnya. Burung Pleci juga memiliki beberapa macam ras yang mempengaruhi corak bulu nya berikut ini beberapa macam

pleci yang tersebar di teritorial Indonesia : Pleci dada kuning mata putih, Pleci dada kuning mata coklat, Pleci dada kuning mata merah, Pleci dada kuning bali, Pleci dada kuning Garut, Pleci dada kining Jawa timur, Pleci Lombok, dan Pleci Buxtoni.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Murai Batu Trotol Agar Cepat Gacor

karakteristik-pleci

Macam-macam Gaya Kicauan Pleci

Tercatat ada tujuh variasi kicauan burung pleci yang dikenal para peminat burung kicau mulai dari ngeriwik, ngalas, ngerol dan lainnya. Berikut ini ulasan selengkapnya :

1. Nada Memanggil : Bunyi ciw ciw biasa yang monoton , biasanya untuk memanggil pleci lain apabila mereka tersesat atau berpisah dari koloninya. baik jantan maupun betina nada nya sama saja.

2. Ngeriwik Halus : Ngeriwik adalah suara pleci yang mengulang isiannya dengan suara yang pelan. Pada tahap ini pleci berhasil merekam masteran yang diberikan namun belum berani untuk mengeluarkan dengan suara keras.

3. Ngeriwik Kasar : pada tahap ini pleci anda bisa mengeluarkan isiannya dengan lebih jelas namun tidak lantang sepeti suara aslinya.

4. Suara Ngeplong : ditandai dengan kicauan yang berulang-ulang bisa sampai 2 atau 3 kali dan saat berkicau burung terlihat ngotot.

5. Ngalas : Pada variasi ini yang menjadi favorit para kicau mania yang ditandai dengan lagu kicauan yang variatif dan berulang-ulang dengan durasi yang cukup panjang.

6. Nada Ngalas, Ngerol dan Ngeplong : Pada fase ini burung bisa dikatakan stabil pada tangkringan sambil tidak berhenti mengeluarkan variasi bunyi yang merdu dan panjang.

7. Ngalas, Ngerol, Teler : Ini merupakan puncak kicauan pleci dimana jika juda mencapai tahapan ini burung Pleci anda sudah bisa meraih juara di berbagai kontes baik lokal maupun skala nasional.

Tips Agar Pleci Cepat Ngalas

Langkah pertama yang harus di lakukan yaitu mengeluarkan pleci pada terbit fajar atau subuh untuk di gantung di batang pohon sambil dikerodong. Bisa juga di gantung di teras rumah. Namun di bawah pohon burung pleci anda akan mendapatkan oksigen yang baik dibawah pohon.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mencari Setingan Kacer Yang Pas

Apabila kamu memiliki beberapa burung pleci, kalian bisa menggantungnya secara berjauhan. namun yang terpenting kandang harus dalam keadaan ditutup kerodong. Pengembunan cukup sampai pukul 7 atau 8 pagi saja.

Setelah itu mandikan dengan sprayer untuk memancing supaya pleci cepat mandi. lanjutkan dengan menjemur pleci, lalu kalian bisa mendekatkan kandang burung pleci lainnya tanpa di kerodong dan gantung seperti biasa. Terapkan kondisi seperti ini sampai beberapa minggu, untuk melatihnya bersuara lebih keras yang bertujuan agar burung lebih cepat gacor dan membuka paruh.

pleci-ngalas

Nah bagaimana cukup mudah bukan tips dari kami, semoga bermanfaat untuk kalian semua pembaca dan pecinta burung kicau kami ucapkan terimakasih

banyak.