Tips Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

Diposting pada

Tips Merawat Perkutut – Burung legendaris ini tentunya sudah banyak di gemari sedari dulu oleh para orang tua bahkan kakek kita, burung jenis ini memiliki suara merdu tetapi tidak banyak variasi kicauannya dan juga jarang sekali di lombakan pada kontes burung kicau. Hanya saja bagi para penggemarnya merawat burung yang memiliki genus Geopelia ini memiliki kepuasan tersendiri.

Tetapi kita juga tidak boleh sembarangan dalam memeliharanya ya kicau lovers karena jika salah akan mengganggu kesehatan burung bahkan membuatnya stress. Berikut kami sajikan beberapa cara merawat burung perkutut dengan simple agar rajin bernyani.

Langkah-langkah Merawat Perkutut dengan Baik


Adaptasi Lingkungan Yang Nyaman

Perkutut merupakan burung yang sensitif yang menyukai ketenangan itu yang menyebabkan disaat sepi terkadang berkicau dengan suara khasnya , bagi para penggemar setianya ke sksotisan keragaman perkutut sangatlah menarik. Adaptasi lagi-lagi menjadi salah satu faktor yang penting untuk membuat kesayangan anda rajin mengeluarkan kicauannya.

Karena jika perkutut kita tidak beradaptasi dengan lingukungannya dengan baik, hal yang terjadi dia akan menjadi mudah stress dan tidak mau makan hal ini tentu akan sangat mengganggu kesehatannya yang terparah akan menyebabkan kematian. kalian bisa menggantungnya di daerah yang sering di lewati anggota keluarga anda di rumah agar dia terbiasa jadi tidak gerabakan jika melihat manusia. Gantung di tempat yang nyaman dan aman adem tidak terkena terik sinar matahari.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Harian Merawat Burung Serindit Agar Rajin Berkicau

Kandang Yang Digunakan

Memelihara perkutut tentu kita sudah tahu bagaimana kandang yang biasanya di pakai oleh perkutur lovers ini sangat unik sekali dari zaman dahulu saat pertamakali dipelihara hingga saat ini kita sudah bisa menebak bahwa burung yang ada di kandang itu pastilah burung perkutut. Sangkar nya terbuat dari bahan kayu tetapi bukan kayu sembarangan agar tidak mudah rusak, jenis kayu yang digunakan menjadi penentu harga jual kandangnya pula beberapa jenis kayu seperti Jati, kayu besi, kayu sono keling dan ada juga yang terbuat dari bambu.

Didalam sangkar harus dimasukan tangkringan untuk pergerakan si burung yang saat ini bisa dibuat dari bahan kayu, besi, plastik hinga batu. Biasanya digunakan kayu dari ranting pohon asem sebagai tangkringan yang ideal bagi beberapa jenis burung.

cara-merawat-perkutut-anakan-agar-gacor

Membersihkan Sangkar Perkutut Secara Rutin

Mengingat kotoran burung perkutut terbilang cukup banyak dan makanan yang suka berantakan, jadi kita harus memperhatikan kebersihan kandangnya dengan teliti, kita harus membeesihkannya secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Seminggu sekali kalian harus membersihkannya dengan obat anti mutu dan jamur yang banyak di jual di pasar atau kios burung untuk mensterilkan kandang burung.

Memberikan Makan dan Minum Yang Berkualitas

Makanan utama dari perkutut ialah biji-bijian tetapi di alam liar dia juga memangsa serangga kecil disekitarnya. Makanannya ialan milet yang menjadi makanan utama sebagai sumber energinya, jewawut mungkin agak asing di dengar secara bentuk jewawut serupa dengan millet hanya saja warnanya lebih orange, biji kacang hijau pemberiannya dengan di suapi langsung dan sebelumnya kacang ijo harus direndam terlebih dahulu sampai agak lunak jadi mudah dicerna, beras merah sebagai makanan yang mengandung banyak vitamin E, gabah dan lain lain.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Siri Siri Agar Lebih Gacor

Memberikan minuman yang baij juga penting bagi kebutuhan tubuh burung, pastikan kita menggunakan air yang bersih lebih baik lagi air yang matang yang sudah dimasak. seminggu sekali bisa kalian tambahkan dengan suplemen cair yang banyak dijual di toko-toko burung yang sesuai dengan kebutuhan.

makanan-burung-perkutut

Proses Memandikan Burung Perkutut

Pemandian perkutut agak berbeda dengan beberapa burung kicau pada umumnya, bila pada murai batu kita memasukannya ke dalam keramba mandi, atau pada kenari kita menyemprot menggunakan sprayer. Untuk yang satu ini kita memandikan langsung menggunakan tangan dengan cara siapkan dua wadah air bersih yang satu diberi shampo burung lalu siram-siram dengan tangan setelah itu kita bilas dengan air bersih sampai sisa shampo hilang.

memandikan-burung-perkutut

Waktu Penjemuran Burung Yang Tepat

Setelah mandi pagi burung yang sudah basah kuyup kalian jemur dibawah sinar matahari agar suhu tubuhnya hangat kembali, jemur dibawah sinar matahari dengan durasi kurang lebih 2 jam atau maksimal sampai jam 10.30 setelah itu masukan kembali kedalam atau di gantang di teras rumah yang teduh. Burung perkutut didak perlu di kerodong ya gaes.

Masteri Suara Burung Perkutut

Untuk hasil yang maksimal agar lebih cepat gacor dan rajin bunyi masteri dengan audio perkutut yang bisa kalian unduh langsung secara gratis di website pleci,id dengarkan bisa siang dan malam lebih sering lebih baik.

Nah itulah tadi beberapa tips merawat perkutut yang mudah dan simple dan kalian bisa praktikan pada perkutut peliharaan anda, semoga berhasil ya kicau lovers salam sehat selalu.