Tips Merawat Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Tips Merawat Lovebird – Hai kicau lovers, siapa sih yang gak kenal dengan burung lovebird ? Jenis Unggas yang satu ini sudah sangat familiar dikalangan pecinta burung kicau. Tak hanya suara ngekek nya yang menarik perhatian, warna warni pada bulunya pun sangat beragam sehingga membuat yang melihatnya sangat terpukau.

Diperlukan keahlian dan ketekunan untuk membuan Lovebird anda gacor dan menghasilkan durasi ekek yang panjang, tetapi bagi pemula tentu akan mengalami sedikit kesulitan. Tapi jangan sedih dulu karena kami telah menyediakan beberapa tips mudah bagi kalian yang akan memelihara burung Lovebird yang simple tapi maksimal, selengkapnya dibawah ya guys.

Tips Cara Merawat Burung Lovebird


Membeli Lovebird Yang Sehat

Di pasaran saat ini harga nya cukup beragam tergantung dari trah indukan, serta variasi warna yang dimilikinya. Harga yang mahal tidak menjadi patokan burung pasti gacor bisa juga dengan warna yang langka seperti batman dengan warna bulu dominan hitam diyakini memiliki harga yang paling mahal dibandingkan warna yang lain.

Sesungguhnya yang kalian harus perhatikan yakni beli burung yang sehat, karena dengan kondisi tubuh yang fit pastinya lovebird yang akan kalian beliu akan mudah untuk di oleh menjadi gacor. Malahan burung lovebird hijau yang memiliki pasaran harga paling murah, sangat banyak digunakan sebagai jagoan untuk burung lomba.

Usahakan membeli burung sepasang karena burung ini dikenal sebagai aves yang setia sehingga pasangannya akan menambah birahinya untuk mengeluarkan kemampuan kicauannya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Membedakan Anakan Burung Cendet Jantan Dan Betina

cara-merawat-lovebird-biar-cepat-gacor

Memberikan Asupan Makanan Yang Disukainya

Nah untuk aktivitas pemberian pakan burung lovebird wajib dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari frekuensi pemberian pakan burung lovebird sangat bergantung pada usia burung lovebird itu sendiri semakin muda usia lovebird yang diberi pakan maka semakin banyak pula frekuensi dan pakan yang harus dilakukan untuk lovebird dewasa aktivitas pemberian pakan dapat dilakukan secara rutin minimal sekali dalam sehari yaitu di pagi

Ya walaupun di sore hari penting untuk diingat Ketika memberikan pakan kalian kami anjurkan untuk turut membersihkan wadah pakan dan minum burung lovebird tersebut pasalnya jika dibiarkan kotor wadah pakan dan minum bisa dijadikan sarang bakteri yang nantinya dapat berakibat buruk pada kesehatan burung lovebird tersebut.

Perawatannya tidak sulit apabila dibandingkan dengan burung kicau lainnya seperti Murai Batu atau Kacer, karna termasuk unggas paruh bengkok yang memakan biji-bijian kalian hanya memberikan makanan utama milet, atau bisa juga di campur dengan biji bunga matahari atau kuaci yang banyak dijual di pasaran bisa menambah kebutuhan proteinnya.

Tak hanya itu kalian juga bisa menambahkan sayuran kesukaan nya seperti kangkung dan jagung untuk menambah vitamin yang diperlukan oleh tubuhnya. Pemberian kangkung tidak perlu setiap hari baiknya 2 sampai 3 kali seminggu, dikhawatirkan akan naik birahinya jika terlalu banyak memakan kangkung.

cara-merawat-lovebird-biar-cepat-gacor

Menjaga Kebersihan Kandang Dengan Baik

Seperti pada burung – burung kicau lainnya, kebersihan kandang menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh para kicau lovers, karena ini akan mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan burung di dalam kandang. Bersihkan kandang secara rutin satu hari 2 kali pada pagi dan sore hari karena kotoran burung ini cukup banyak.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Burung Poksay, Makanan, Harga dan Suara

Ganti juga air minum dan makanannya secara rutin jadi kalian jangan terlalu penuh saat mengisi wadah makanannya ya. Bila lovebird anda merasanyaman tentunya dia tidak akan segan untuk mengeluarkan kemampuannya dalam berkicau.

Aktivitas pembersihan kandang sebaiknya juga secara rutin setiap hari hal ini perlu dilakukan agar kebersihan kandang juga tetap terjaga dan burung lovebird yang dipelihara dapat terhindar dari berbagai macam penyakit normalnya aktivitas pembersihan kandang dilakukan ketika burung lovebird sedang dimandikan ataupun dipindahkan ke kandang khusus untuk mandi misalnya,

aktivitas pembersihan kandang harian hanya dilakukan dengan cara membersihkan kotoran lovebird yang ada di bagian bawah kandang Disamping itu Untuk menghindarkan kandang dari virus dan bakteri setiap sebulan sekali peternak juga dianjurkan untuk mencuci kandang dengan desinfektan nah proses ini dilakukan dengan posisi kandang sedang tidak dihuni oleh lovebird ya temen-temen.

Cara Memandikan Burung Lovebird Yang Benar

Dalam memandikan lovebird kalian dapat menggunakan dua macam cara yang pertama dengan menggunakan semprotan atau sprayer alat dalam hal ini kalian tidak perlu memindahkan burung lovebird kalian ke kandang khusus untuk mandi dan hanya perlu menyemprot burung lovebird dengan semprotan yang telah diisi dengan air bersih

kelebihan cara memandikan yang pertama ini adalah di tingkat kemudahan dan kepraktisan nya namun jika burung belum terbiasa ketika disemprot menggunakan sprayer burung lovebird biasanya akan kaget dan seringkali akan merusak bulu nya ya,

langkah yang benar dalam hal memandikan dengan menggunakan semprotan ini kalian semprot dengan setelan halus ya, dimulai semprot terlebih dahulu tangkringan nya kemuian kaki lalu badan nya, setelah itu bagian kepala dan punggung bagian belakang ya temen-temen secara halus saja agar burung tidak kaget.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Jenis Burung Mahal Yang Bisa Buat Kantong Jebol

Dan yang kedua bisa kalian mandikan secara mandiri atau biarkan burung mandi dengan sendirinya, hanya saja kita harus menyajikan tempat yang agak lebih besar ya seperti cepuk khsus mandi dengan ukuran pas dengan tubuh nya si burung lovebird tersebut.

Cara Menjemur Burung Lovebird Yang Tepat

Pada aktivitas penjemuran lovebird perlu dilakukan agar Lovebird bisa mendapat suplai sinar matahari yang memadai Disamping itu aktivitas penjemuran juga bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan virus yang ada di sekujur tubuh dan kandang lovebird tersebut.

Dalam praktiknya aktivitas penjemuran bisa dilakukan selepas lovebird dimandikan setelah kandang telah dibersihkan penting diperhatikan juga agar bulu lovebird tidak mengalami kerusakan aktivitas penjemuran sebaiknya dilakukan di pagi atau sore hari selain itu aktivitas penjemuran juga tidak boleh dilakukan lebih dari 3 jam perhari ya temen-temen.

Masteri Burung Dengan Suara Lovebird yang Sudah Mapan

Saat malam hari pastikan kandang selalu di kerodong karena saat itu burung akan istirahat, dan masteri burung dengan materi kicauan yang sudah mapan sehingga dia bisa merekam dan menirukannya.

Kalian bisa memasteri secara alami dengan mendekatkannya pada lovebird lain atau bisa juga dengan menggunakan rekaman audio . Untuk mendapatkan rekaman audio masteran lovebird ekek panjang full mp3, bisa di download secara gratis di website pleci,id

Itulah beberapa tips merawat lovebird mudah nan simple dari kami semoga kalian bisa mencetak burung lovebird kesayangan anda menjadi juara di gantangan, terimakasih salam kicau lovers.

baca juga : ciri ciri lovebird biola asli