Tips Merawat Burung Jalak Suren Agar Rajin Berkicau

Diposting pada

Tips Merawat Jalak Suren – Jalak Suren juga sering disebut sebagai satpam rumah, hal ini karena kecerewetannya dalam berkicau apabila ada orang asing yang mendekat dengan wilayah sekitarnya.Meskipun demikian kicauannya cukup enak di dengar dengan aluran merdu serta di selingi besetan galaknya.

Penampilannya yang gagah berani saat menunjukan kebolehannya dengan membuka sayapnya atau menggaruda, serta kepalanya yang naik turun menunjukan sifat fighternya di lapangan. Hal ini lah yang membuat para kicau lovers semakin jatuh hati sehingga dia menjadi salah satu burung wajib yang ada dirumah nya. Cara perawatannya tidak sulit dan dibawah ini kami sajikan beberapa cara merawat jalak suren untuk anda.

Inilah Beberapa Tips Agar Jalak Suren Semakin Gacor


1. Latih Untuk Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

Beradaptasi dengan lingkungan baru menjadi sangat penting bagi jalak suren karena burung ini mudah sekali mengalami stress jika berada di tempat yang baru, nah ini akan berpengaruh pada nafsu makan dan kesehatannya. jadi kita harus melatihnya untuk beradaptasi pada lingkungan yang baru dengan cara memberikan jangkrik dengan tangan kita, dan meletakkannya di tempat yang sering kita dan anggota keluarga kita lewati jadi dia terbiasa dengan keadaan sekitar.

Kalian juga bisa dengan memberikan alunan suara anti stress pada burung yang bisa kalian download di internet, ini bisa membantunya untuk lebih rileks jadi tidak gerabakan jika melihat manusia.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Makanan Burung Kenari Agar Selalu Sehat dan Gacor

tips-merawat-jalak-suren-mabung

 

 

2. Pilihkan Asupan Makanan Yang Baik

Asupan makanan harus yang bergizi, pilih voer yang sesuai komposisi dengan kadar protein minimal 12 persen dan maksimal 15 persen saja karena akan di bantu dengan makanan lain seperti Jangkrik, Kroto serta buah buahan segar, yang paling disukainya ialah pisang kepok dan pepaya. Pastikan cepuk makanan dan gantungan buah di cuci setiap kali menggantinya dengan yang baru untuk voer ganti setiap hari agar selalu segar, sedangkan buah hanya untuk setengah hari saja.

Misal kalian memberikan pisang pada pagi hari, pisang harus di ganti di sore atau malam hari ya, jika terlalu lama pastinya buah sudah tidak lagi fresh. Untuk minuman berikan yang bersih jangan air kotor, lebih baik lagi air minum harus di masak dan di dinginkan, berikan air mineral juga bisa.

3. Waktu Mandi dan Jemur yang Tepat

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya serta burung lebih gacor kalian harus memandikannya secara rutin, mandikan burung sekali sehari saja pada pagi atau sore hari dengan dimasukan ke keramba atau di semport dengan sprayer.artinya jika kamu senpatnya memandikan pada pagi hari harus selalu mandi pagi sebaliknya jika sore hari harus konsisten setiap sore hari.

Setelah mandi pagi kalian harus menjemurnya untuk mengembalikan suhu tubuhnya dan menheringkan bulunya maksimal pada pukul 11 siang. untuk burung yang mandi sore tidak perlu di jemur cukup di angin anginkan saja karena pagi sudah di jemur.

tips-merawat-burung-jalak-suren-trotol

4. Memasterkan Burung Secara Rutin

Masteri jalak suren anda dengan berbagai fariasi burung kicau, pemasteran dilakukan pada saat burung istirahat terlebih pada malam hari. Masteri burung dengan di dekatkan pada beberapa jenis burung kicau gacor bisa juga dengan mendengarkan suara audio rekaman bias kalian dapatakan dari audiobox masteran burung atau download di website pleci.id secara gratis.

Baca Terus Guys ! . . .  Inilah Tips Merawat Burung Beo yang Baik dan Benar

5. Teliti Terhadap Kesehatan Fisiknya

Untuk yang memeliharanya dari anakan kita harus selalu memperhatikan perkembangan fisiknya setiap hari jadi kita tau jika ada kelainan atau penyakit yang menyerang jalak suren kesayangan anda. mulai dari bentuk parus, bulu sayap jika rusak atau di hinggapi kutu. juga kaki sering kali kaki burung tidak di perhatikan takutnya tersangkut dan menyebabkan penyakit. jadi kita harus cermat meneliti nya guys.

6. Dengarkan Kualitas Suaranya

Kualitas suara disini dari segi kejernihan dan speed nya karena jika suara kurang jernih mungkin saja burung sedang sakit jadi kita bisa cepat-cepat memberikannya obat dan suplemen tambahan agar tubuhnya kembali sehat.

Nah itulah beberapa tips merawat jalak suren yang bisa kami sajikan kepada kalian para kicau lovers semoga bisa bermanfaat untuk kalian dalam mengisi luang di tengan-tengan kondisi covid 19 seperti sekarang ini. Tetap Jaga Kesehatan dan jangan lupakan protokol 3M dimanapun kalian berada, terimakasih.