Tips Merawat Burung Jalak Nias Supaya Rajin Berkicau

Diposting pada
Rate this post

Halo kicau lovers kembali lagi kami dengan yang akan memberikan Tips Merawat Jalak Nias konon cukup banyak diminati oleh pecinta kicauan burung. Hebatnya jalak nias ini jika sudah dewasa dia pandani menirukan berbagai macam suara burung bahkan bisa menirukan suara manusia. Biasanya burung ini didapat dari hasil tangkapan sehingga tidak mudah untuk menjinakkannya terlebih dahulu. yuk simak beberapa tips dari kami.

Karakter dan Keunikan Jalak Tengahan

Jalak nias memiliki tingkat popularitas diatas jalak kebo dan dibawah jalak suren hal ini lah yang menyebabkan dia dijuluki jalak tengahan. Meskipun bernama jalak nias tetapi unggas tidak ditemukan pertama kali di daerah kepulauan nias.

Jalak nias juga mempunyai ciri dengan ukuran tubuh yang agak besar berkisar antara 23 sampai 25 cm warna bulu coklat mendominasy hampir seluruh bagian badannya, diatas kepalanya berwarna hitam sampai ke ekor. Kaki dan paruh berwarna kuning. dengan lidah yang bercabang serta kuku yang panjang nan runcing. jadi kita harus memotong lidahnya yang berwarna putih konon agar suaranya lebih nyaring dan gacor

keistimewaan-jalak-nias

Perawatan Harian Yang Baik

1. Memandikan Burung

Mandikan burung jalak nias dengan cara di guyur dengan air gayung dan di sanggah tangan dari arah atas kandang, jangan di semprot selang apalagi dipegang langsung burungnya bukannya akan bagus malah akan menyebabkan psikis burung menjadi stress.Mandikan secara rutin setiap hari di pagi hari, air siraman pertama bisa ditambahkan shampo burung yang ada di jual di kios kios untuk menghindarkan nya dari kutu dan membuat bulu semakin berkilau.

Baca Terus Guys ! . . .  Berapa Lama Konin Ijoan Jadi Metalik

2. Waktu yang Tepat Untuk Menjemur

Setelah dimandikan burung harus langsung di jemur dibawah sinar matahari pagi jangan diatas jam 11 karena panasnya sangat terik jangan terlalu laama cukup selama 15 menit saja. penjemuran ini bertujuan untuk meminimalis ke agresifan burung ini ya. Untuk penjemuran juga tidak perlu menunggu bulu sampai kering.

mitos-burung-jalak-nias

3. Makanan Burung

Untuk menjinakkan burung jangan diberi banyak makan, cukup diberi sepotong pisang dipagi hari dan sepotong lagi di sore hari sebagai terapi lapar dan air minum yang bersih usahakan yang matang. Berikan makanan ini sampai hari kedua. dan di hari ke tiga berikan jangkrik langsung disuapi dengan tangan kita sebagai tanda dia mulai jinak dan tidak gerabakkan lagi.

Jika sudah mapan berikan voer sebagai makanan utama yang sesuai dengan kebutuhannya yang biasanya dipakai dengan kadar 12 atau 13 persen. jika sudah cocok jangan diganti lagi. Berikan makanan tambahan berupa jangkrik agar nambah gacor.

4. Memelihara dan Membersihkan Kandang

Bersihkan kandang secara rutin supaya dia lebih nyaman berada di kandangnya. Gunakan kandang yang memiliki ukuran cukup besar atau yang biasa digunakan untuk burung kacer. yang terbuat dari bahan kayu.

5. Master dan Kerodong

Masteri burung dengan materi-materi kicauan karena pada dasarnya dia mudah mengeluarkan variasi bunyi pemasteran bisa dengan didengarkan audio rekaman suara lain yang bisa kalian download disini. krodong burung pada malam hari agar dia bisa istirahat dan fokus mendengarkan masteran yang kita sediakan.

Itulah beberapa tips merawat jalak nias yang mudah dan simple yang bisa kalian praktekan sehari-hari supaya peliharaan anda semakin gacor. Tetaplah menjaga protokol kesehatan dimanapun kalian berada terimakasih salam kicau lovers.

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Burung Jalak