8 Tips Harian Merawat Jalak Kebo Paling Mudah dan Lengkap

Diposting pada

Halo kicau lovers tentunya Tips Merawat Jalak Kebo ini sudah kalian nantikan karena kebanyakan orang mengatakan merawat jabo agar gacor itu cukup sulit, hal ini dikarenakan kalian belum menemukan pola rawatan yang pas untuk si hitam kesayangan anda ini. Jalak yang sering di temukan di daerah persawahan tepatnya hidup bersimbiosis mutualisme dengan kebo ini memiliki suara yang cukup lantang dan khas meskipun lagunya monoton tetapi bila

kita masteri dengan rutin maka burung ini mampu untuk menirukannya. Mau tahu bagaimana tips perawatan jalak kebo selengkapnya ? mari kita simak penyajiannya dibawah ini.

Tips Rawatan Harian Burung Jalak Kebo


1. Adaptasi Lingkungan Baru

Adaptasi lingkungan sangat penting bagi setiap burung, salah satunya pada jalak kebo ini. Hal ini karena saat kita menangkap burung dari habitat aslinya atau saat kita membeli dari pasar burung dan kios dia akan kaget dengan kondisi lingkungan sekitar yang menyebabkan burung menjadi stress sehingga tidak mau makan dan minum. Jika hal demikian terjadi bisa menyebabkan jabo menjadi sakit bahkan mati.

Saat kita membawa ke lingkungan baru baiknya jangan langsung dibuka kerodongnya biarkan dia menyatu dengan udara dan lokasi yang baru kurang lebih 15 sampai 20 menit, jika dirasa sudah mulai berkicau kita bisa membukanya dan menggantungnya kembali. lalu isi kembali air minum dan makanan yang baru agar lebih fresh.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Kolibri Hasil Tangkapan Liar

burung-jalak-kebo

2. Pemberian Pakan Secara Rutin

Pemberian asupan makanan pun tidak bisa asal-asalan karena akan berpengaruh pada kondisi dan kesehatan si burung. Berikan voer yang cocok untuk burung jalak kebo yang sesuai dengan takaran kebutuhan tubuhnya. voer wajib di ganti setiap hari jadi kita mengisi cepuk makanan jangan terlalu penuh secukupnya saja agar ke segaran selalu terjaga.

Menjelang pagi hari ketika akan kita keluarkan ambil cepuk makan dan minum agar dia merasa lapar dan haus setelah di mandikan nanti sehingga dia akan lahap memakan santapan yang segar tadi. jangan lupa untuk memberikan makanan tambahan untuk sumber protein seperti jangkrik atau ulat hongkong sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan misalnya kita berikan 3 kali sehari dengan masing masing jam makan 3 ekor, lakukan secara rutin.

3. Jenis Makanan yang Disukai Oleh Jalak Kebo

Di habitat aslinya jalak kebo memakan serangga-serangga kecil seperti : kutu pada badan kerbau, jangkrik, ulat hongkong, kroto bahkan belalang pun bisa dimakannya. selain memang menjadi kegemarannya, serangga juga memiliki manfaat bagi tubuhnya sebagai sumber protein agar metabolisme tubuhnya tidak terganggu.

Burung ini juga terkadang memakan buah-buahan seperti pisang kepok dan buah pepaya segar, kedua jenis buah ini sebagai tambahan vitamin yang diperlukan untuk menambah stamina sehingga kicauannya semakin gacor dan nyaring. Pemberian pisang kepok sebelumnya di kupas separuh lalu di sayat- sayat agar mudah saat memakannya sedangkan untuk pepaya bisa di kupas dan di gantung saja.

cara-merawat-jalak-kebo-agar-jinak

4. Pemberian Minum yang Bersih

Selain makanan asupan sumber air minum juga sangat penting, sebaiknya kita memberikan air yang matang yang sudah dalam keadaan suhu ruang. jika malas memasak air, air mineral juga boleh dipergunakan sebagai air minumnya. Sebaiknya tidak menggunakan air mentah karena di dalamnya ada mikroorganisme seperti bakteri yang dapat mengganggu kesehatannya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Pelatuk Beras Agar Cepat Gacor

5. Suplemen Tambahan

Dipasaran sudah banyak merek – merek yang memproduksi suplemen tambahan bagi burung kicau, dengan takaran dan komposisi yang sudah di tentukan, ini dapat kalian gunakan sebagai tambahan untuk menjaga stamina bagi burung kesayangan anda. tidak boleh terlalu sering biasanya kalian tambahkan hanya seminggu sekali atau saat burung mengalami penurunan dalam kesehatan. Salah satu contohnya yang banyak di gunakan yakni xpower yang menambah ke gacoran burung.

6. Menjaga Kebersihan Kandang

Bersihkan kandang secara teratur di pagi hari saat burung mandi kalian bisa membersihkannya dari kotoran jalak kebo dan mencuci cepuk pakannya setelah itu ganti makanan dengan yang baru, hal ini juga dapat menghindarkan kandang dari semut. pada sore hari sebelum di kedorong juga kandang harus dibersihkan kembali.Kandang yang bersih tentunya akan membuat burung nyaman dan terhindar dari bermacam – macam penyakit.

7. Ukuran Kandang yang Tepat

Karena ukuran tubuh burung jalak kebo cukup besar tentunya diperlukan kandang yang besar juga, hal ini agar dia leluasa bergerak. biasanya yang digunakan kandang murai atau kandang bulat yang terbuat dari bahan kayu. untuk mendapatkannya kalian bisa membelinya di pasar burung atau di kios – kios penjual perlengkapan burung.

kandang-burung-jalak-kebo

8. Memandikan Jalak Kebo Secara Rutin

Mandikan burung secara rutin setiap pagi setelah di embun, kalian bisa menggunakan kandang atau keramba mandi jika ada, atau bisa kalian masukan wadar air atau baskom ke dalam kandangnya sebagai air mandi. jalak kebi tidak perlu di semprot, biarkan dia mandi sendiri karena burung ini terbilang gemar mandi.

Setelah itu jemur burung dibawah sinar matahari mulai dari jam 9.00 hingga pukul 11.00 hindari dari paparan sinar matahari yang terlalu terik harena suhu yang ekstrem tidak baik untuk burung. jika sudah di jemur masukan burung bisa juga langsung di kerodong biar bisa istirahat. sambil diberi masteran burung agar lebih gacor dan merekam suara dari masteran.

Baca Terus Guys ! . . .  Download Suara Cucak Ijo Juara Nasional Mp3

Nah itulah beberapa tips merawat jalak kebo yang bisa kalian terapkan dalam perawatan harian burung kesayangan anda, semoga bermanfaat salam kicau mania.