Tips Merawat Burung Jalak Bali Agar Rajin Berkicau

Diposting pada

Tips Merawat Jalak Bali – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Jalak Bali termasuk salah satu unggas yang terancam punah, fakta ini telah terdaftar pada IUCN seperti burung yang hampir punah lainnya. Burung yang memiliki nama lain Bali Mynah habitat aslinya di daratan rendah hingga hutan tropis, yang menarik dari burung ini ialah suara nyanyiannya yang merdu serta bulu nya yang putih bersih dengan topeng biru langit di sekitar kedua belah matanya dengan paruhnya yang berwarna kuning.

Didaerah pulau bali tepatnya di Nusa Penida terdapat tempat penangkaran bali mynah ini, di dunia ia juga menjadi yang terlangka jumlahnya berkisar 100 ekor saja. Umurnya mencapai 5 tahun di alam bebas jika di penangkaran bisa sampai 15 tahun dan memang memiliki peluang hidup cukup cekil dengan betina memiliki 4 kali bertelur setiap musim nya. Nah pasti kalian ingin memeliharanya dirumah bukan ? yuk simak tips rawatan harian yang baik dan benar seperti di bawah ini.

harga-jalak-bali-2020

Rawatan Harian Jalak Bali

1. Jaga Mood Burung

Jenis yang satu ini termasuk yang mudah stres sehingga kita harus pandai menjaga kestabilan birahinya, Hindari tempat keramaian dia tidak nyaman karena jika tidak nyaman dia akan lebih banyak diam pastikan kandangnya di gantung di tempat tenang dan terhindar dari hewan lain yang mengancam keselamatannya.

2. Memberikan Makanan yang Sesuai

Di alam bebas bali mynah memakan serangga dan buah-buahan tetapi jika dia dalam penangkaran atau hewan peliharaan, Voer menjadi asupan makanan utamanya. Pilih voer yang memiliki kadar protein tinggi karena dia memerlukan banyak protein untuk diubah menjadi energi disaat dia berkicau dan menggerakkan badannya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Cucak Jenggot Bahan Agar Cepat Gacor

Berikan Buah-buahan segar yang bervariasi agar dia tidak bosan sehingga dia akan memakannya dengan lahap misalnya hari pepaya, pear, apel dan pisang kepok di ganti-ganti menu setiap harinya. Tambahkan ekstra fooding seperti jangkrik dan kroto untuk tambahan proteinnya jangan terlalu banyak cukup 4 ekor pada pagi dan 4 ekor pada sore hari dan berikan 3 kali seminggu.

3. Pemandian dan Waktu Penjemuran

Burung yang satu ini termasuk yang senang mandi, kalian para kicau lovers bisa memandikannya sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Pada pagi hari setelah mandi langsung di jemur dibawah sinar matahari antara pukul 8 hingga 11 dengan lama penjemuran 30 menit saja sampai suhu tubuhnya kembali dan mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi. Sedangkan pada sore hari setelah mandi kalian bisa mengangin-anginkan saja sampai bulunya kering lalu di krodong kembali.

manfaat-merawat-jalak-bali

4. Perhatikan Kebersihan Kandang

Karena dia memang memerlukan kenyamanan agar rajin berkicau, dan faktor kesehatan juga maka dari itu kita harus membersikan kandangnya secara rutin pada pagi dan sore harinya. Akibatnya dia akan macet jikalau kandangnya kotor dan tidak nyaman. Saat kita memandikannya di kandang keramba, sambil menunggu selesai kita bisa mengganti cepuk makan dan minumnya serta membersihkan kandangnya.

5. Pemasteran Burung

Setelah kita lakukan beberapa langkah tadi pada sore hingga pagi hari kalian harus menutup kandangnya dengan krodong lalu burung siap di masteri dengan isian-isian burung lain. Masteran burung bisa menggunakan burung lain yang lebih gacor atau dengan memperdengarkannya audio suara burung yang sudah bisa di download di Pleci id secara gratis.

6. Ajak Untuk Berinteraksi

Dikarenakan dia sangat sensitif terhadap pemiliknya, maka kalian bisa melakukan interaksi dengan mengajaknya berbicara pasalnya dia termmasuk burung cerdas yang bisa menirukan suara manusia juga.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Burung Unik yang Ada di Indonesia

Itulah beberapa tips merawat jalak bali dari kami semoga dapat bermanfaat bagi kalian, saya ucapkan terimakasih banyak karena telah tetap setia bersaam kami. tetaoplah menjaga kesehatan dengan menjaga protokol 3 m dimanapun kalian berada.