Tips Merawat Burung Cucak Ijo Agar Jadi Juara Kontes

Diposting pada

Salah satu jenis aves yang memiliki nama latin Chloropsis sonnerati ini cukup mudah dalam segi perawatannya, sehingga tidak menghabiskan banyak waktu untuk memberikan perawatan yang prima cucak ijo kesayangan anda bisa gacor dan menjadi juawa kontes kicau. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan yang menjadi tips merawat cucak ijo yang baik , berikut ulasan selengkapnya.


Tips Rawatan Harian Cucak Ijo

1. Memberikan pakan yang bergizi dan berkualitas baik

Asupan makanan menjadi salah satu faktor terpenting, karena jika kita memberikan makanan yang bergizi akan sangat mempengaruhi kualitas kicauan burung sehingga menjadi gacor luar biasa. Makanan burung yang berkerabat dekat dengan burung cipoh ini beragam mulai dari buah-buahan, ekstra fooding dan juga voer.

Buah-buahan : Dialam liar cucak ijo secara alami mengonsumsi buah-buahan segar, ada beberapa jenis buah yang digemarinya seperti : pepaya, pisak kepok, apel merah, pir bahkan jeruk termasuk makanan kesukaannya. Pada buahan terkandung vitamin yang di perlukan untuk menjaga stamina burung sehingga kicauannya lantang dan jernih suaranya.

Sebelum memberikannya kepada burung pastikan kamu harus mencucinya hingga bersih sehingga terhindar dari zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuhnya seperti halnya manusia zat kimia juga bisa mempengaruhi kesehatan cucak hijau kesayangan anda. Apabila kita akan memberikan pisang kepok sebaiknya pisang di sayat tipis untuk memudahkan paruhnya mengambil potongan pisang.

Ekstra Food (EF) : Pemberikan EF seperti jangkrik, kroto , dan ulat hongkong berguna sebagai asupan protein bagi burung untuk kekuatan fisiknya karena saat mengeluarkan kicauannya cucak ijo pastinya menguras tenaga. Sebaiknya pemberian pakan tambahan ini harus sesuai kebutuhan si burung ya karena setiap burung akan berbeda beda.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Jalak Nias Supaya Rajin Berkicau

Pemberian ef yang berlebihan akan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuhnya seperti kroto , pemberian yang berlebihan berpengaruh pada meningkatnya birahi burung karena suhu tubuhnya meningkat. Ulat hongkong jika berlebihan akan menyebabkan penyakit katarak. Saat memberikan jangkrik hendaknya kaki dan sayapnya dibuang karena akan mengganggu tenggorokan.

Voer : Dalam komposisi voer terdapat nutrisi tambahan yang berguna untuk tubuh cucak ijo, karena didalamnya terdapat vitamin, mineral dan zat-zat lain yang di butuhkan tubuh burung. Karena sudah mengonsumsi protein dari ef sebaiknya voer yang diberikan memiliki kadar protein antara 12 hingga 18 persen saja.

Jangan terlalu sering menggonta-ganti merek voer apabila sudah menemukan yang cocok karena akan berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan bahkan warna bulunya.

makanan-cucak-ijo

2. Pemilihan kandang yang tepat dan nyaman

Karena cucak ijo merupakan burung yang gesit, sehingga memerlukan ukuran kandang yang cukup besar agar leluasa untuk mengepakkan sayapnya. Jika ruang geraknya terbatas di khawatirkan burung akan strees sehingga mogok berkicau dan tidak mau makan.

Kita juga harus memperhatikan posisi tangkringan, usahakan sejajar agar lebiih leluasa dalam bergerak. Sediakan wadah yang berisi air mandi karena cucak ijo senang mandi.

3. Memandikan dengan teratur

Cucak ijo merupakan burung yang sangat senang sekali mandi, sehingga memandikannya secara teratus menjadi bagian yang harus diperhatikan karena tidak sembarangan. Biarkan ia mandi sendiri didalam keramba atau kandang mandi, apabila kita ingin menyemprotnya hati – hati jika air masuk ke hidung atau tenggorokannya tentu akan mempengaruhi kualitas suaranya. Setelah mandi pindahkan ke kandangnya lalu di angin-anginkan jangan di jemur dalam panas matahari yang ekstrim.

keramba-burung

4. Menjaga kebersihan kandang

Bersihkan kandang sehari dua kali pagi dan sore hari, atau pada saat kandang dirasa sudah banyak kotoran. Kandang yang bersih akan membuat cucak hijau anda merasa nyaman selain itu akan menghindarkannya dario berbagai penyakit. sehingga burung akan fokus merekam bunyi dalam proses pemasteran.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Anis Merah Supaya Cepat Gacor

5. Pemasteran Burung

Metode pemasteran bisa dengan di tempel burung cucak ijo yang sudah memiliki kicauan yang merdu sehingga dapat menirunya. atau jika tidak ada kalian bisa menggunakan audio mp3 yang bisa kalian download secara gratis di internet dan pleci id juga sudah menyiapkannya.

Pemasteran dilakukan secara rutin pada pagi, siang sore bahkan malam hari. sebaiknya saat memaster burung kandang di krodong, dalam kondisi ini burung akan lebih mudah merekam.

Itulan tips dari kami semoga cucak ijo kesayangan anda akan menjadi juara baik itu kompetisi besar maupun latber sekala kecil . untuk perhatiannya kami ucapkan terimakasih dan selamat mencoba.