Tips Merawat Burung Ciblek Agar Rajin Bunyi

Diposting pada

Tips Merawat Ciblek – Siapa sih yang tidak kenal burung ciblek ? burung asli Indonesia ini memang cukup menyita perhatian para kicau lovers dimana pun berada terlebih di daerah pulau Jawa. Biasanya orang memeliharanya untuk dijadikan burung masteran mengisi kicauan untuk jagoan lombanya, Tetapi di beberapa daerah ada juga yang menjadikan ciblek sebagai jagoan di lapangan. Bagi kalian yang mau merawat aves ini, berikut kami sajikan beberapa tips perawatan hariannya supaya gacor dan memiliki suara yang beragam.

Rawatan Rutin Harian

Perhatikan Asupan Makanan yang Berkualitas

Unggas ini sepertinya tidak pemilih dalam mengonsumsi makanan hal ini terlihat dari dia bisa makan apa saja yang berada didekatnya. Tetapi untuk mencetak yang berkualitas kita tentu harus memeilihkan asupan makanan yang baik dari dirinya seperti : Voer sebagai makanan pokok untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuhnya, pilih yang sesuai keperluannya dan tersedia dijual di kios terdekat.

cara-merawat-ciblek-bahan

Bersihkan Sangkarnya Setiap Hari

Bagi setiap burung yang dipelihara, kebersihan sangkarnya tentu menjadi salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan, selain untuk menjaga kesehatannya agar terhindar dari kuman-kuman penyebab penyakit, kebersihan kandangnya juga agar si unggas lebih merasa nyaman ditempatnya yang terbatas.

Caranya dengan membersihakn kotoran setiap hari secara rutin dipagi hari setelah dia mandi dan satu minggu sekali sangkarnya dibersihkan secara keseluruhan dan di semprot cairan desinfektan dalam keadaan kosong supaya lebih steril.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Macet Bunyi

Lakukan Pemasteran Suara Kicau

Untuk mendapatkan hasil kicauan yang beragam, hendaknya kita mengisi dengan materi-materi kicauan burung yang sudah gacor yang bertujuan agar dia bisa menirukannya. Cara memasterinya dengan di dekatkan pada burung lain, atau bisa dengan didengarkan rekaman audio suara burung yang bisa juga kalian unduh secara gratis di wesite pleci id.

Tambahan Makanan untuk Ciblek

Kroto yang memiliki banyak protein dengan kadar tinggi diyakini akan menambah ke gacorannya, pemberian kroto tidak boleh setiap hari dikhawatirkan burung akan menjadi over birahi, cukup 2 sampai 3 kali seminggu. Jangkrik menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung kadar protein tinggi jadi kamu dapat mengganti kroto dengan jangkrik, sama halnya dengan kroto pemberian jangkrik juga tidak boleh berlebihan cukup 2-3 ekor 3 kali seminggu.

Telur puyuh rebus Jika biasanya kenari yang diberikan telur kecil ini, tetapi ciblek juga bisa memakannya dipercayai akan menambah stamina dan lebih rajin berkicau. Selain dari itu, ulat hongkong dan buah mengkudu juga bisa dijadikan makanan bagi dia yang bertujuan untuk menambahkan daya stamina dan kicauan dari burung asli pulau jawa itu.

cara-menjinakkan-ciblek-giras

Cara Memandikan Yang Benar

Setelah diembun pada waktu fajar, burung kita mandikan sekitar pukul 8.00 cara mandinya bisa disemprot dengan menggunakan sprayer settingan halur atau memasukannya ke kandang keramba. Jangan terlalu lama maksimal 20 menit saja agar tidak kedinginan dan menggangu kesehatannya. Untuk burung yang akan diterapi mandi malam agar lebih gacor pastikan kondisinya dalam keadaan fit.

Durasi dan Waktu Penjemuran Yang Tepat

Setelah dia dimandikan lalu jemur burung dibawah sinar matahari kurang lebih 30 menit, dibawah pukul 11.00 jika lewat dari itu gantung burung ditempat yang lebih sejuk karena diatas jam 11 sinar matahari semakin terik dan tidak baik untuk dia. selasai di jemur burung istirahat sambil dimasteri dengan suara kicauan.

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Kesukaan Burung Jalak Suren

Pengkrodongan Burung

Pengkrodongan ini berguna agar ciklek anda tau waktu beristirahat, kebanyak jika tidak di krodong baik siang dan malam dia akan terus bernyanyi hal ini akan menguras energinya. Jadi kalau di tutup dia akan berhenti berkicau dan istirahat sehingga ketika di embun tubuhnya kembali fit.

Itulah tadi beberapa tips merawat ciblek dari kami semoga bermanfaat bagi kamu, salam kicau lovers. Tetap patuhi protokol kesehatan dimanapun kalian berada agar terhindar dari virus covid 19 yang sedang mewabah saat ini, terimakasih.