Tips Merawat Burung Cendet Yang Macet Bunyi

Diposting pada
Rate this post

Tips Merawat Cendet – Memelihara burung kicau merupakan salah satu hobi yang semakin banyak peminatnya, terlebih dimasa pandemi seperti ini dimana kicauannya yang merdu bisa menghilangkan rasa jenih saat kita berada dirumah saja. Salah satu unggas yang bisa terbang yang banyak digemari ialah burung cendet. yang memiliki bentuk tubuh rampin dan agak panjang ini memiliki corak warna yang putih bersih dengan variasi hitam coklat yang halus sangat cantik dipandang mata. Bagi kalian para pemula ada tips mudah merawat cendet agar rajin bunyi seperti yang kami uraikan dibawah ini.

Rawatan Harian Agar Tidak Macet Bunyi

1. Waktu Mengembun yang Tepat

Pengembunan amat disukai bagi beberapa jenis unggas pengicau dimana pada waktu itu udara sangat bersih dan segar dan banyak interaksi dari burung liar lainnya sehingga saling bersahut – sahutan. Waktunya ialah para waktu fajar mulai pukul 4.00 hingga 7.00. saat di embun burung diberikan pakan tambahan untuk memancingnya agar berkicau.

perawatan-cendet-rumahan

2. Waktu Memandikan Burung

Para kicau lovers biasanya memandikan burung pada pagi hari setelah dilakukan pengembunan, namun untuk cendet sendiri biasanya dimandikan pada sore hari juga dan 1 kali sehari. kegiatan mandi ini bertujuan agar burung bersih sehingga badannya sehat.

cara memandikannya cukup mudah dan sederhana bisa di siram langsung menggunakan gayung dari arah atas sangkar atau di semprot dengan sprayer. air dicampur dengan shampo burung yang banyak dijual di kios agar bulunya lebih berkilau dan terhindar dari kutu.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Trucukan Bakalan Agar Cepat Gacor

3. Penjemuran Burung

Setelah proses mandi, burung harus dijemur dibawah sinar matahari agar bulunya cepat kering dan mengembalikan suhu tubuh dari dingin ke panas karena suhu tubuh unggas biasanya panas. Durasi penjemuran tidak perlu terlalu lama kurang lebih 20 sampai 30 menit pada waktu dibawah pukul 11.00 karena diatas itu sinar matahari terlalu panas bagi tubuh Cendet.

4. Menjaga Kebersihan Kandang

Bersihkan alas sangkar burung dari kotoran yang bisa menyebarkan kuman penyakit, secara rutin setiap hari. Bersihkan cepuk pakan dan minum sebelum diganti dengan yang baru. Lalukan pembersihan secara keseluruhan dengan memindahkan burung ke kandang lain terlebih dahulu lalu kandang di smprot dengan desinfektan agar lebih steril lakukan seminggu sekali saja ya bos.

5. Memberikan Pakan dan Minuman yang bersih

Dialam bebas cendet yang memakan serangga-serangga kecil seperti semut, jangkrik ulat dan sebagainya sebagai makanan utama untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Tetapi saat dipelihara kita bisa mengajarinya mengkonsumsi voer sebagai makanan utama sedangkan serangngga kecil lainnya sebagai mankanan tambahan atau ekstra fooding. Pilihlan voer yang sesuai dengan kebutuhan yang cocok dengan perutnya. Jika tidak sesuai takutnya akan membuatnya menjadi sakit perut bisa dilihat dari bentu kotorannya.

Minuman yang kita berikan juga harus yang bersih boleh menggunakan air mineral atau air biasa yang sudah matang yang sudah dimasak mendidih terlebih dahulu. hal ini juga harus diperhatikan ya.

minuman-agar-cendet-gacor

6. Pemasteran Burung

Setelah dijemur, burung dipindahkan ke tempat yang lebih sejuk dan sedikit sunyi bisa di teras rumah atau di dalam rumah. Masteri dengan suara burung yang gacor sehingga dia bisa merekam lakukan pemasteran sepanjang malam dan suara masteran burung gacor lainnya bisa kalian dapatkan di website pleci Id download secara gratis.

Baca Terus Guys ! . . .  Rekomendasi Merk Voer Untuk Murai Batu

bagaimana bos mudah bukan? itulah beberapa tips merawat ciblek yang macet bunyi dari kami semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kalian seputar burung kicau. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan dimanapun kalian berada. salam kicau mania.