Inilah Tips Merawat Burung Beo yang Baik dan Benar

Diposting pada
Rate this post

tips merawat beo – Salah satu kekayaan alam Indonesia yaitu banyaknya jenis burung yang berada diwilayah teritorialnya. Salah satunya ialah Burung Beo, aves ini bukan terkenal karena kicauan yang merdu melainkan kecerdasan yang dimilikinya sehingga bisa menirukan suara-suara sekitar bahkan bahsa manusia. T

etapi kecerdasar beo tidak lah sama antara yang satu dengan yang lainnya hal ini dipengaruhi oleh kondisi tubuhnya dan perawatan si empunya tentu saja. Jika kalian sedang memelihara burung yang bisa bicara ini, berikut kami sajikan bagaimana caranya memelihara burung beo yang simpel namun berpengaruh bagi kecerdasannya, simak ulasan selengkapnya.


Karakteristik Burung Beo

Beo atau yang disebut juga tiong mas sebenarnya masih satu kekerabatan dengan burung jalak. Di Indonesia burung beo banyak di temukan di pulau Jawa dampai ke kepulauan sunda. Di mancanegara burung yang memiliki nama lain Mamiang ini juga ada di negara Sri Lanka, Himalaya, India hingga ke negara Filipina. Karna kemampuannya menirukan suara manusia bahkan bernyani bak penyanyi aslinya sehingga burung beo menjadi peliharaan yang sangat populer dan harganya pun cukup tinggi. Ada yang bilang di sebagian orang yang mengatakan mitos memelihara burung beo ini adalah sumber rezeki ?. Apakah betul !. Ya boleh percaya atau tidaknya tergantung temen-temen semuanya ya yang menyingkapinya.

karakteristik-beo

Jenis-jenis Burung Beo

Burung beo memiliki empat jenis yaitu Beo Biasa, Beo Enggano, Beo Nias dan Beo Srilanka dengan karakteristik sebagai berikut :

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Ampuh Membuat Lovebird Konslet Tanpa Doping

Beo Biasa : Beo biasa hampir mirip dengan beo nias, dengan bulu hitam pekat dan warna kuning di daerah kepala namun yang membedakannya ukuran tubuhnya lebih kecil.

Beo Enggano : Beo yang memiliki nama lain Gracula Enganensis ini tersebar di hampir seluruh pulau sumatra dan nama Enggano diambil dari daerah pertama kali ditemukan. Tidak ada perbedaan mencolok dari jenis beo yang lainnya hanya bulunya lebih terang dan terlihat lebih indah.

Beo Nias : Jenis ini tentu terlihat sama saja seperti burung beo yang lainnya akan tetapi jika diperhatikan dengan seksama , Beo nias memiliki tubuh yang lebih besar dan gagah. Ciri lainnya yakni di bagian kepala bulunya lebih pendek, cuping telinga terlihat seperti gelambir mirip dengan jengger telinga ayam dengan warna kuning yang mencolok.

Beo Srilanka : Merupakan jenis burung beo asli dari Srilanka yang penyebaranya disekitar Himalaya hingga ke India, tetapi sekarang mudah di temukan di Indonesia. Yang membedakan jenis ini dengan jenis yang lainnya terletak pada bulunya yang lebih hitam pekat dan panjang pada bagian kepalanya. untuk yang lainnya terlihat sama saja, untuk manfaat memelihara burung beo ini biasanya sebagai seni dan hobi dalam memberikan pelatihan baik suara maupun rutinitas kesehariannya.

Makanan yang Tepat bagi Burung Beo

Burung beo sangat menyukai buah-buahan segar terlebih yang memiliki daging buah yang tebal, tiong mas juga meminum nektar bunga sebagai asupan nutrisi tambahan bagi tubuhnya. beo juga memakan serangga seperti jangkrik, belalang, capung dan serangga kecil lainnya untuk tambahan asupan protein bagi tubuhnya. Tugas yang agak berat bagi kalian sebagai pemilik, temen-temen juga harus bagaimana cara melatih burung beo makan voer, agar aman dan mudah dalam perawatan hariannya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Menjinakkan Burung Kutilang Hasil Tangkapan

makanan-beo

Cara Memandikan Burung Beo

Demi menjaga kesehatan Beo kesayangan anda harus dimandikan secara rutin setiap hari, hal ini tentunya akan membuat beo menjadi lebih nyaman dan terhindar dari berbagai macam penyakit tentunya. Mandi juga dapat memancing bunyi beo sehingga akan lebih pintar menirukan bunyi-bunyi disekitarnya terlebih suara manusia.

Mandikan burung beo anda di kandang mandi khusus yang berbeda dengan kandang hariannya. dan jangan di semprot karena akan mengakibatkan bulu-bulunya menjadi rusak. waktu memandikan harus sama setiap harinya untuk melatih kedisiplinan burung beo kesayangan anda.

Tips Melatih Kepintaran Burung Beo

Untuk melatih suara beo anda harus sering diajak bermain dan berbicara, kegiatan ini akan menstimulasi kecerdasan otaknya untuk meniru suara dan hal-hal lain yang di ajarkan oleh pemiliknya.

Agar tidak bosan berikan beberapa macam mainan, karena jikan beo merasa bosan dan stress dia akan mencabuti bulunya dan akan berisik. Mainan untuk burung beo bisa kalian beli di kios burung atau di marketplace online.

Pantangan Dalam Memelihara Burung Beo

Ada beberapa pantangan memelihara burung beo, saat merawat burung beo sangat baik bila kita mengetahui pantangan-pantangan apa yang tidak boleh dilakukan karena akan berakibat buruk bagi si beo. Tidak boleh melihat darah karena mitosnya jika melihat darah, burung beo akan mati. Selanjutnya tidak boleh melihat orang meninggal, karena beo sangat takut akan kematian. tetapi semua itu masih menjadi mitos di masyarakat tergantung kita menyikapinya. Sekian informasi dari kami seputar tips merawat beo, semoga bermanfaat bagi anda terimakasih.