Karakter Dan Perawatan Harian Burung Tengkek Udang

Diposting pada

Haii kicau lovers edisi kali kita akan mengulik burung eksotis lainnya yaitu Tengkek Udang, yap burung ini memiliki bentuk yang unik dan cantik dengan warna hijau toska nya dan paruhnya menyerupai burung pelikan. Ini karena dia juga salah satu pemakan ikan-ikan kecil ya. Perawatan jenis unggas ini dibilang susah susah gampang karena dia cukup sulit beradaptasi dan mudah stress. Jika kalian mau menambah koleksi burung anda baca dulu yuk sedikit tips perawaat dari kita.

Mengenal Karakter Serta Tips Perawatan Harian

Tengkek udang termasuk burung yang berukuran tubuh kecil namun memiliki bentuk kepala dan paruh yang besar dan runcing meskipun terlihat tidak singkron dengan bentuk lehernya yang pendek dan memiliki warna yang cerah dengan kombinasi warna putih, biru dan hijau toska yang mencolok. Untuk mengenal lebih jauh dibawah ini penjelasan dari kami.

harga-tengkek-udang

Susah Beradaptasi

Raja Udang merupakan jenis yang cukup sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, ini juga yang menyebabkan jarang orang merawatnya. Dialam liarnya dia sangat lincah dengan tampilan suara yang merdu dan besetan yang nyaring. Ini sangat memikat hati para kicau mania yang mendengarnya.

Ketika kita mendapatkan dari alam liar kita harus menjinakan terlebih dahulu, jika tidak dia akan stress dan tidak mau makan tentunya ini akan mengganggu kesehatannya bahkan terparah mati karena kelaparan. Waktu penjinakan juga cukup lama tidak seperti beberapa jenis burung lainnya.

Durasi yang diperlukan kurang lebih 2 minggu atau 14 hari kita harus tetalen melihat perkembangan dan memberikan makanan kesukaannya seperti ikan kecil dan udang.jika sudah beradaptasi kita sudah bisa melakukan perawatan harian agar dia semakin rajin bernyanyi.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Tipe Burung Yang Tidak Mudah Mati Untuk Piaraan

Mengajari Makan Voer

Bagaimanapun juga burung ini harus dilatih untuk memakan voer untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya karena ikan dan udang kecil cukup sulit di dapat dan harganya lebih mahal. kita bisa melatihnya dengan mencampur cepuk makanan dengan voer yang segar harus di ganti setiap har, tahap awal jangan memberinya terlalu banyak cukup untuk selingan saja dan tetap memberi makanan utama kesukaannya. Terus lakukan sampai jumlah makan voernya bertambah dan kalian bisa mengurangi jatah makanan utamanya.

mengenal-tengkek-udang

Memandikan Burung

Tengkek raja udang sangat suka sekali mandi karena memang habitat aslinya dekat dengan perairan, juga untuk penjinakan kalian bisa memandikannya sehari 2 kali pagi dan sore hari jika cuaca tidak dingin namun saat musim dingin mandikan sekali saja takut dia sakit. Mandikan dengan memasukan ke keramba dan di pancing dengan sprayer. jika bulu sudah basah semua langsung di jemur atau di angin anginkan untuk mengeringkan bulunya.

Membersihkan Kandang

Untuk menjaga kesehatan serta kenyamanannya bersihkan kandangnya secara rutin 1 atau 2 kali sehari tergantung banyaknya kotoran yang dia keluarkan setiap harinya, karena ini juga akan membuatnya nyaman untuk berkicau dengan senang.semprot kandang dengan shampo burung atau desinfektan yang rendah dosisnya untuk menjaga kesterilan kandangnya.

Menyuapinya Makanan

Unggas ini termasuk susah makan apalagi jika hasil memikat meskipun di suguhi makanan kesukaannya dia tidak akan memakannya. Tetapi kalian tidak perlu khawatir bahkan sedih kita bisa mencekokinya atau menyuapinya langsung dengan membuka paruhnya dan menaruh makanannya di pangkal paruhnya sehingga bisa olangsung dia telan.

Nah itulah beberapa tips dan karakter dari burung tengkek udang yang bisa kalian coba apabila kalian mau memeliharanya , lakukan setiap step dengan teliti dan sabar semoga bermanfaat. tetaplah patuhi protokol kesehatan dimanapun kalian berada semoga sehat selalu, salam kicau mania.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Tledekan, Makanan, Harga, Suara