Download Suara Trucukan Ropel Mp3, Isian, Pikat, Betina

Diposting pada

Trucukan atau yang kerap dipanggil dengan Merbah Cerukcuk termasuk ke dalam burung kicau paling populer di Indonesia. Banyak yang beranggapan jika suara Trucukan tidak jauh beda dengan burung Cucak Kutilang. Meskipun penampilannya terlihat biasa saja, namun kehebatannya dalam berkicau tidak dapat diragukan lagi. Berikut ulasannya.


Karakteristik Burung Trucukan

Keberadaan dari burung Merbah Cerukcuk terbilang hanya sekitar kawasan Asia Tenggara saja, yakni Malaysia, Myanmar, Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos, Indonesia, dan Thailand. Sementara jika di Indonesia sendiri, burung kicau satu ini umumnya bisa dijumpai di beberapa pulau saja yakni Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Pulau Kalimantan.

Burung ini pun kerap dijumpai di beberapa area terbuka, semak belukar, tepi jalan, kebun, hutan sekunder, hutan kota, hingga perkarangan rumah. Biasanya mereka lebih menyukai berkerumun, baik itu ketika mencari makanan maupun bertengger. Bila berkumpul bersama jenisnya, suara Trucukan akan terdengar seperti paduan suara yang sangat merdu nan lantang.

burung-trucukan

Merbah Cerukcuk pula termasuk ke dalam burung yang sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Tak heran jika ia mudah sekali untuk dijinakkan dibandingkan jenis aves lainnya. Kemampuan beradaptasi semacam ini pun berdampak baik bagi Merbah Cerukcuk, lantaran ia tidak akan mudah stres untuk dipindahkan dari lingkungan atau sangkar yang berbeda.

Selain bersama lingkungan, burung satu ini pula bisa beradaptasi dengan manusia. Hal ini lantaran habitatnya sendiri berada di sekitar manusia, jadi mereka sudah merasa nyaman dan tidak asing jika bertemu dengan manusia. Bahkan ada kalanya, mereka menghampiri manusia tanpa rasa takut sama sekali. Kebiasaan inilah, yang membuat anda mudah menjinakkannya.

Baca Terus Guys ! . . .  Download Suara Poksay Gacor Mp3, Jambul, Hongkong, Mandarin

Bagi kicau mania nusantara, pastinya sudah sangat familiar mendengarkan suara Trucukan. Pasalnya, banyak yang beranggapan jikalau kicau Merbah Cerukcuk tidak jauh beda dengan suara burung Cucak Rowo yang sangat indah dan khas. Meski tergolong burung kampung, namun kicauannya sangatlah berkelas. Jadi jangan heran jika banyak yang mencarinya untuk digunakan masteran.

merbah-cerukcuk

Perbedaan Antara Trucukan Jantan dan Betina

Merbah Cerukcuk yang berjenis kelamin jantan memiliki ciri ciri diantaranya postur tubuh terlihat lebih besar dan gagah, di area matanya terdapat lingkar hitam, mata lebih tegas, bentuk kepala lebih datar atau ceper, kicauannya lebih menembak dan ngerol, area leher berwarna kuning dan lebih besar, warna bulu di dada cenderung lebih gelap, serta bulu ekornya tidak menyebar.

Sementara pada jenis betina terdapat beberapa ciri yang sangat berbeda yakni postur tubuh terlihat lebih kecil dan ramping, lingkar hitam pada mata bersih, area lehernya berwarna putih dan lebih ramping, bulu di area dada lebih terang atau cerah, bulu ekornya tidak ngumpul atau lebih nyebar, serta kicauannya kurang bervariasi dan volume cenderung lebih rendah.

kelamin-trucukan

Makanan Burung Trucukan

Perlu anda ketahui, jika burung Merbah Cerukcuk sangat menyukai buah buahan seperti pisang, pepaya, apel, dan masih banyak lainnya. Bila ingin meningkatkan tenaganya, anda bisa mengoleskan madu di atas buah buahan tersebut secara tipis tipis. Madu pula sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan dari burung kicau satu ini.

Selain buah, anda pun bisa memberikannya pakan berupa beragam jenis serangga diantaranya, kroto, jangkrik, belalang, dan ulat hongkong. Pemberian serangga bagi tambahan pakannya sangat perlu dilakukan demi meningkatkan suara Trucukan agar lebih nyaring. Upayakan untuk memberikannya setiap hari baik itu di pagi ataupun sore hari.

Baca Terus Guys ! . . .  Download Kumpulan Suara Burung Mp3 Gak Pake Ribet

makanan-trucukan

Keberadaan Merbah Cerukcuk memang terbilang sangat merakyat, karena bisa dijumpai di beberapa dekat di sekitar manusia. Meski begitu, kualitas kicauannya tidak bisa diragukan lagi. Bahkan tidak sedikit pula menganggap kicauannya hampir sama dengan suara burung kicau lainnya, sehingga mereka memanfaatkannya sebagai masteran ataupun gacoan.

Unduh Masteran Burung Trucukan Gratis

  • Masteran Trucukan 1 – Link | Download
  • Masteran Trucukan 2 – Link | Download
  • Masteran Trucukan 3 – Link | Download
  • Masteran Trucukan 4 – Link | Download
  • Masteran Trucukan 5 – Link | Download
  • Masteran Trucukan Hutan – Link | Download
  • Masteran Trucukan Ropel Gacor Panjang – Link | Download
  • Pancingan Suara Trucukan Betina Ampuh – Link | Download