Download Suara Burung Siri Siri Durasi Panjang Isian Terbaik

Diposting pada

Keberadaan burung kicau yang sangat beragam di nusantara menjadi hal menyenangkan bagi para pecintanya. Karena mereka bisa mengoleksi atau memelihara burung kesayangan untuk diperlombakan di berbagai kontes. Tak sedikit pula aves dijadikan masteran untuk jenis lainnya, misalnya saja suara Siri Siri. Ingin tahu bagaimana keunikan kicauan dari Burung Siri Siri? Simak ulasannya.


Jenis Burung Siri Siri

Menjadi salah satu jenis burung kicau, aves satu ini kerap disamakan dengan burung Cucak Rawis. Hal ini tak lain karena keduanya memiliki rupa yang sama, namun untuk masalah kicauan sangatlah berbeda. Pasalnya, burung yang berasal dari tanah air ini kerap dijadikan sebagai masteran berkat ia memiliki kicau dengan kualitas yang sangat bagus.

Dikenal dengan sebutan brinji bergaris ini pada umumnya memiliki dua spesies berdasarkan tempat asalnya, yakni Jawa dan Sumatera. Brinji bergaris yang berasal dari Jawa memiliki nama latin Ixos Virescens. Jenis satu ini pula lebih menyukai tempat tinggal yang berada di area perhutanan di Pulau Jawa baik itu daerah Gunung Slamet, Merapi, dan lain sebagainya.

Sementara brinji bergaris dari Sumatera atau dikenal pula sebagai Ixos Virescens Sumatranus, biasanya dijumpai di area perhutanan Sumatera terutama sepanjang hutan Bukit Barisan. Sebetulnya, kedua jenis ini memiliki ciri fisik yang tidak jauh beda. Hanya saja yang membedakan antara keduanya terletak pada warna bulu, jambul, serta suara Siri Siri.

Burung yang berasal dari Jawa memiliki warna yang lebih cerah dan lebih hijau, sedangkan ras Sumatera mempunyai jambul yang sangat kecil sekali. Selain warna dan jambul, terdapat pula perbedaan lainnya yang mana terletak pada kicauan. Dimana kicauan dari Siri Siri Sumatera cenderung lebih merdu dan memiliki besetan yang bervariasi.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Siri Siri Agar Lebih Gacor

burung-siri-siri

Makanan yang Disukai Burung Siri Siri

Agar burung kicau satu ini bisa tumbuh dengan baik, dibutuhkan nutrisi yang cukup pula. Selain untuk kesehatan, pemberian makanan yang tepat pula akan berpengaruh baik bagi perkembangan kicauannya. Salah satu makanan dengan kandungan nutrisi yang melimpah dan disukai oleh brinji bergaris yakni buah buahan seperti apel, pepaya, dan pisang.

Buah apel kerap diberikan ke berbagai jenis burung kicau terutama brinji bergaris, lantaran rasa masamnya yang sangat baik bagi perkembangan dan pertumbuhannya. Rasa masam pula sangat berkhasiat untuk melegakan tenggorokan burung agar bisa berkicau lebih nyaring dan lantang. Untuk cara penyajiannya sendiri sangatlah mudah, yakni dipotong lalu diletakkan di dalam kandang.

Begitu pula untuk pepaya dan pisang, yang mana keduanya diyakini memiliki kandungan vitamin dan mineral berlimpah yang sesuai untuk perkembangan burung. Demi mendapatkan suara Siri Siri yang berkualitas, diperlukan penyajian makanan yang tepat. Dimana buah buahan hanya perlu dipotong menjadi kotak kotak lalu ditaruh di dalam kandangnya.

makanan-sirisiri

Pemotongan buah buahan ini berlaku agar burung kicau tidak kesulitan dikala akan mencernanya. Selain buah, brinji bergaris pula menyukai makanan berupa serangga yakni seperti kupu kupu kecil, jangkrik, ataupun ulat kecil yang ada di dalam hutan. Jangkrik dianggap sebagai asupan terbaik untuk burung satu ini, lantaran kandungan yang didalamnya sangat baik bagi kesehatannya.

Bukan hanya itu saja, jangkrik pula dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan hingga memperbaiki masalah kesehatan burung. Penyajiannya pun sangatlah mudah, anda cukup memberikan jangkrik setiap hari hingga tiga kali dengan cara menaruhnya di kotak pada kandangnya. Akan tetapi sebelum diberikan, hendaknya bagian tangan dan kakinya dibersihkan dulu.

Hal ini perlu dilakukan agar tangan dan kakinya tidak melukai tenggorokan brinji bergaris. Sementara untuk jenis ulat kecil yang biasa dimakannya, dipercaya mengandung cukup nutrisi dan gizi tinggi yang sangat baik bagi kesehatan dan stamina burung. Salah satu jenis ulat paling digemarinya yakni ulat hongkong, yang memiliki kandungan protein hingga 48 persen.

Baca Terus Guys ! . . .  Download Suara Serindit MP 3 Top Speed Full Isian

Berkat kandungan nutrisi yang begitu melimpah tersebut, membuat banyak kicau mania yang lebih sering menggunakannya sebagai pakan andalan untuk burung kesayangannya. Selain protein, ulat hongkong pula mengandung asam lemak omega-3. Beragam kandungan tersebut sangat baik untuk perkembangan suara Siri Siri agar kelak bisa digunakan sebagai masteran.

Pakan lainnya yang bisa membantu perkembangan dari burung satu ini yakni voer. Karena menjadi salah satu pakan burung yang laris di pasaran, voer memiliki beragam nutrisi di dalamnya. Bahkan tak sedikit pula menyebutkan jika makanan satu ini mengandung sejumlah mineral, vitamin, hingga beberapa protein yang dibutuhkan untuk burung kicau.

makanan-cucak-rawis

Cara Perawatan Siri Siri Agar Cepat Gacor

Bila anda termasuk pemula dalam memelihara burung brinji bergaris, maka perlu memperhatikan beberapa hal agar mereka bisa cepat gacor. Pertama yakni usahakan setiap pagi hari kurang lebih sekitar pukul 05:30 hingga 06:30 atau sekitaran satu jam burung dikeluarkan di teras rumah. Hal ini bertujuan agar mereka tidak malas untuk bergerak dan tidur kembali.

Selanjutnya brinji bergaris dimandikan, dan jangan lupa untuk membersihkan sangkarnya juga setiap hari. Usai keduanya dibersihkan, kembalikan burung ke sangkarnya dan biarkan di teras angin agar terkena angin dan paparan sinar matahari. Cara selanjutnya untuk perkembangan suara Siri Siri yakni mengganti atau menambah menu makanannya dengan voer, buah buahan, atau yang lainnya.

Jika perlu, ganti air minum yang sekiranya sudah kotor dan tidak layak untuk dikonsumsi. Selain itu, anda pun bisa memberikan menu pakan tambahan berupa extra fooding. Selama proses penjemuran, waktu yang diperlukan hanya berkisar 3 jam saja yakni mulai dari pukul 07:00 hingga 10:00. Sesudah dijemur, burung diangin anginkan selama 15 menit baru kemudian di kerodong.

Baca Terus Guys ! . . .  Download Suara Anis Kembang MP3 Ngeplong Ngerol Panjang

Untuk sore harinya, sangkar burung perlu dibersihkan kembali dan jangan lupa untuk memberikan menu pakan EF secukupnya. Biarkan burung brinji bergaris berada di luar hunian atau di teras agar terkena hembusan angin di sore hari selama kurang lebih 15 menit saja. Jika sudah diangin anginkan, selanjutnya dikerodong kembali dan diistirahatkan di dalam rumah.

Suara Kicauan dari Burung Siri Siri

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, jikalau burung brinji bergaris ini termasuk ke dalam kategori aves kicau paling populer. Karena brinji bergaris terbagi menjadi dua jenis yakni Jawa dan Sumatera, sehingga keduanya memiliki ciri khas yang begitu menonjol terutama pada bagian kicauan. Jenis yang kerap dijadikan sebagai masteran yakni Sumatera.

Hal ini lantaran ras Sumatera memiliki suara tembakan lebih tajam dan lantang dibandingkan dengan ras Jawa, yang mana kicauannya lebih kecil. Bukan hanya perkara nyaring dan merdu semata, suara Siri Siri pun sangatlah bervariasi. Jadi tidak mengherankan jika banyak sekali kicau mania lebih memilih aves satu ini untuk dijadikan masteran serta gacoan di setiap ajang perlombaan.

Mengingat jika aves yang tidak jauh beda dengan Cucak Rawis ini memiliki kicauan yang sangat merdu. Sehingga harga jualnya di pasaran pun tergolong tinggi, jikalau mereka termasuk ke dalam burung master atau ahli. Meskipun begitu, ketenarannya di kalangan kicau mania tidak pernah luput. Bahkan seiring berjalannya waktu, kontes kicau sering diperlombakan dan burung ini selalu jadi masteran.

Unduh Suara Masteran Mp3 Burung Siri Siri Tembakan Tajam Pedas

Suara Masteran Siri Siri Versi 1 – Link | Download

Suara Masteran Siri Siri Versi 2 – Link | Download

Suara Masteran Siri Siri Versi 3 – Link | Download