Mengenali Perbedaan Jenis Burung Murai Jantan Dan Betina

Diposting pada

Halo kicau lovers kali ini kami akan memberikan ulasan menarik seputar Perbedaan Murai Jantan dan Betina yang pastinya penting sekali untuk kalian ketahui.

Hobi burung kicau memang semakin menjadi-jadi apalagi dimasa pandemi ini.

Karena saat ini peraturan pemerintah mengharuskan kita untuk membatasi berkegiatan dirumah dan lebih baik di rumah saja jika tidak ada keperluan penting yang mendesak sehingga tingkat kejenuhan semakin meningkat.

Sehingga banyak orang memulai hobi baru mulai dari memelihara ikan hias, merawat tanaman hias sampai ke memelihara burung kicau,

hal ini tercatat dari semakin banyak penjualan burung kicau baik itu secara offline maupun online.

Burung pengicau yang banyak diincar salah satunya ialah Burung Murai. Jenis burung ini memiliki suara merdu yang nyaring dan juga memiliki bentuk tubuh yang cantik serta ekor nya yang panjang semakin menjadi daya tarik bagi murai.

Ada beberapa jenis burung murai ini yang dibedakan karena daerah asalnya seperti Murai batu medan, Murai Nias, Murai Borneo bahkan ada juga yang hasil persilangan seperti Murai Bordan alias borneo medan.

Bagi kalian pada pemula sebelum membeli murai tentu harus teliti dalam memilih salah – salah memilih ada penjual nakal yang membohongi kalian karena tidak mengetahui perbedaan jantan dan betina.

Karena memang yang jantan memiliki harga yang sangat lebih mahal dibanding yang betina karena memang dari kicauan nya juga berbeda tentunya.

tapi kalian jangan khawatir karena kami akan memberikan beberapa tips mudah supaya kalian bisa dengan cepat membedakan mana jenis murai jantan dan yang betina.

perbedaan-murai-jantan-dan-betina-anakan

yuk simak artikel selengkapnya :

Perbedaan Burung Murai Jantan dan Betina

1. Ukuran Tubuhnya

Perbedaan yang mencolok dari murai ini terlihat dari bentuk dan ukuran tubuhnya. Murai jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar dan gagah sedangkan yang betina ukuran nya lebih kecil dan lebih ramping.

tentunya kalian bisa membedakannya dengan melihat ini. selain itu bentuk kepala ceper atau cepak serta memiliki ekor yang panjang kaki yang jenjang serta paruh lebih panjang dan lancip.

Sedangkan si betina bentuk kepalanya agak membulat, ekor tidak terlalu panjang serta kakinya berukuran pendek dan sisiknya lebih halus kalau yang jantang terlihat berdeker karena sisiknya tebal.

gambar-murai-jantan-dan-betina

2. Warna Pada Bulunya

Selain dikenal karena suara kicauannya, murai juga diminati karena warna bulunya yang eksotis dengan kombinasi warna hitam orange dan putih. Tetapi warna pada bulunya juga berbeda seiring perbedaan jenis kelaminnya.

Untuk murai jantan warna bulunya pekat, bersih dan berkilau bila hitam dia pekat dan mengkilap orange nya juga terang dan putih bersih sedangkan pada murai betina warna bulunya lebih kusam.

Sehingga saat kita hendak membeli burung murai lebih teliti lagi dalam memilihnya perhatikan dengan seksama.

3. Karakteristik Burung

Prilaku betina dan jantan memanglah berbeda meskipun di habitat aslinya dimana dia merupakan penghuni hutan indonesia sehinga baik jantan maupun betina kedua nya sama-sama memiliki sifat fighter.

Namun ketika di pelihara keduanya, berbeda dimana si jantan masih terlihat sifat fighternya sedangkan betinanya lebih jinak hal ini dikarenakan di alam bebas pun betina hanya bertugas untuk mengerami telurnya.

Sedangkan si jantan harus membuat sarang sampai mencari makanan, sehingga sifat fighternya sudah terbentuk secara alamiah meskipun di jinakkan bukan berarti hilang sama sekali.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Cepat Menjinakkan Burung Cucak Ijo

4. Jenis Makanan

Untuk jenis makanan sendiri tidak ada perbedaan dari jantan dan murai betina. dia tergolong hewan omnivora termasuk pemakan segalanya, di alam bebasnya dia memakan serangga kecil disekitarnya seperti jangkrik dan kroto.

Sedangkan dalam perawatan biasanya mereka dilatih untuk memakan voer, nah voer yang kita berikan juga harus dipilih yang sesuai dan cocok untuk murai peliharaan kita karena ini sangat penting untuk kesehatan pencernaannya.

Baik murai jantan ataupun betina yang membedakan hanyalah jumlah makanan yang dimakannya saja.

perbedaan-murai-jantan-dan-betina-lampung

5. Volume dan Suara Kicauan

Volume dan suara kicauan betina dan jantan sangatlah berbeda jauh, kalau betina suaranya tidak terlalu nyaring dan bunyinya juga monoton dan sulit untuk diisi materi suara burung lain.

Sedangkan jantannya suaranya lebih nyaring dan merdu, dan juga bervariasi serta mudah untuk dimasteri suara burung lain yang gacor.

nah kicau mania itulah tadi cara mudah dan simpel mengetahui perbedaan murai jantan dan betina, bisa langsung kalian praktekan saat mau beli koleksi murai baru yah. semoga bermanfaat gais.

baca juga : cara mencari setingan murai batu untuk lomba