Ciri Perbedaan Cendet Jantan Dan Betina Beserta Gambarnya

Diposting pada
Rate this post

Halo kicau lovers di artikel kali ini kita akan mengulas seputar burung cendet tentang Perbedaan Cendet Jantan dan Betina yang harus kalian ketahui sebagai peminat burung cendet mau tahu apa saja, baca informasinya sampai habis.

Burung yang memiliki nama lain pentet dan bentet ini sebenarnya mulai digemari, karena suara kicauannya yang menarik dan banyak digunakan sebagai materi masteran burung lomba.

Ada sekitar 8 spesies pentet ini di Indonesia mulai dari cendet coklat, cendet abu-abu, cendet pungggung merah, cendet kepala blangkon, cendet macan dan cendet kembang.

Diantara jenis tersebut pastinya memiliki kesamaan dan beberapa perbedaan sedikit baik dari segi fisik sampai ke kebiasaan hidupnya. Untuk cendet jantan dan betina juga memiliki perbedaan

yang paling mencolok ialah suara kicauannya yang betina lebih monoton dibanding pentet jantan yang memiliki volume suara lebih nyaring dan keanekaragaman kicauannya.

perbedaan-cendet-jantan-dan-betina-anakan

Hal ini secara alami karena si jantan akan menarik perhatian burung betina dengan kicauannya. dan ada beberapa perbedaan lain seperti dibawah ini :

Ciri-ciri Cendet Jantan dan Betina

Untuk membedaan cendet jantan dan betina kalian bisa melihat dari supit urangnya, untuk yang jantan memiliki supit urang lebih rapat sedangkan yang betina jaraknya lebih jarang.

bahkan ada juga yang menggunakan cincin emas, mengejutkan memang tetapi ada beberapa kicau lover yang sudah membuktikan dengan menggantung cincin dengan tali lalu mendekatkan dengan kepala burung

dengan jarak 3 sampai 5 cm, jika cincin bergerak maju mundur maka si burung berkelamin jantan sedangkan kalau gerakannya melingkar berarti burung cendet tersebut betina

Baca Terus Guys ! . . .  6 Jenis Burung Kenari yang Terpopuler di Dunia

tetapi setelah dicoba ini tidak akurat karena pergerakan sedikit yang kita lakukan maka akan mempengaruhi pergerakan si cincin tentunya ini tidak akurat ya nah untuk lebih akurat berikut ciri-ciri pentet jantan dan betina.

cendet-jantan-atau-betina-yang-gacor

Cendet Jantan

1. Dilihat dari bentuk kepalanya, cendet jantan lebih datar atau cepak dibagian atas kepalanya.

2. Warna hitam pekat terdapat pada bagian dahi sampai ke tengkuknya sehingga ini yang disebut dengan blangkon oleh para kicau mania.

3. Pada bagian pipinya juga berwarna hitam pekat. Bentuk Paruh cendet jantan lebih tebal terlebih di bagian ujungnya.

4. Jika kalian perhatikan mimik wajahnya, pada pentet jantan memiliki mimik wajah yang cukup menyeramkan.

5. Sorotan matanya sangat tajam, tingkah lakunya juga lebih lincah dan agresif, supit urangnya sempit dan motif bulu pada bagian supit tidak beraturan.

Cendet Betina

1. Bentuk kepala untuj cendet betina lebih bulat atau menggembung tidak seperti cendet jantan.

2. Bulu pada bagian dahi hingga tengkuk juga hitam tetapi lebih pudar tidak sepekat si pejantan.

3. Ujung paruhnya lebih tipis tetapi ada beberapa burung cendet betina yang ukurannya besar juga memiliki paruh yang tebal.

4. Raut wajah san sorot matanya juga terlihat biasa saja tidak setajam burung jantan.

5. Perilakunya tidak seagresif burung jantan dan gerakannya juga kurang lincah, supit urangnya renggang dan juga memiliki motif seperti bunga.

Sebelum kalian memutuskan untuk membeli burung pentet ini selain membedakan untuk memilih mana yang jantan dan mana yang betina kalian juga harus memilih yang memiliki kualitas bagus.

Dilihat dari bentuk fisiknya yang lengkap dan tidak memiliki cacat fisik maupun mentalnya. bulunya bagus dan sehat tidak rontok dan tidak memiliki gangguan penyakit lainnya sehingga kalian bisa melatihnya menjadi gacor.

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Burung Sikatan Londo

gambar-cendet-jantan

Nah kicau lovers itulah tadi beberapa perbedaan cendet jantan dan betina semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua dan menambah wawasan kita bersama , terimakasih banyak sudah membaca sampai habis.