Tips Mengenali Perbedaan Pijantung Jantan dan Betina

Diposting pada

Kicau lovers kembali lagi kami akan memberikan ulasan informasi menarik seputar burung kicau dan kali ini adalah Perbedaan Burung Pijantung Jantan dan Betina serta bagaimana cara mudah mengenalinya yuk simak informasi lengkapnya.

Secara umum burung memiliki bentuk fisik yang berneda-beda antara jantan dan betina. Burung yang jantan biasanya lebih indah dari pada yang betina dari segi fisik seperti bentuk tubuh yang ramping dan gagah,

Warna bulunya yang lebih tajam dan berkilau serta suara kicauan yang lebir merdu. hal ini memang alami karena memiliki fungsi untuk menarik perhatian bagi si betina terlebih pada masa breeding.

Tetapi ada juga jenis burung yang disebut monomorfis dimana yang jantan dan yang betina memiliki bentuk fisik yang hampir sama persis sehingga jika dilihat sekilas kita belum bisa membedakannya.

Namun bagi yang sudah ahli dibidang burung kicau tentu tahu ada beberapa bagian fisik yang memiliki perbedaan antara keduanya. nah burung pijantung memiliki sifat monomorfis dan berikut cara membedakannya

suara-burung-pijantung-betina

Perbedaan Pijantung Jantan dan Betina

1. Dilihat dari Bulunya

Pijantung jantan dan betina memiliki warna bulu yang hampir sama namun pada burung jantannya memiliki bulu dada yang tertutup sayap atau pectoral tuft yang berwarna sangat kuning,

sedangkan yang betina tidak memiliki bulu kuning. hal ini diungkapkan oleh para peneliti burung pijantung di desa ramah burung jatimulyo, namun ada juga yang menyebutkan pada pijantung dewasa

mereka memiliki bulu kuning yang banyak dan hampir kejunggaan ialah burung jantan sedangkan pada betina pectoral tuftnya lebih sedikit karena beberapa berbedaan ini sehingga

Baca Terus Guys ! . . .  5 Jenis Burung Lomba Kicau Mania yang Banyak Memiliki Fans

pectoral tuft tidak bisa dijadikan dasar untuk membedakan secara tepat.

makanan-burung-pijantung

2. Dilihat Dari Dahinya

Jika dilihat dari bentuk dahinya maka bisa dibedakan dahi pijantuung jantan bentuknya lebih datar dibanding yang betina dahinya seperti membulat tetapi tidak menonjol.

Karena hanya melihat langsung atau dari gambar saja cukup sulit untuk mengidentifikasinya kecuali untuk orang yang memiliki jam terbang tinggi dibidang hobi burung kicau.

Namun untuk lebih tepatnya supaya informasi yang didapat lebih akurat sehingga ada metode pencincinan yang dilakukan oleh para akli yang berlisensi untuk melakukan metode ini.

mereka tentunya tidak sembarangan menentukan perbedaan jenis kelamin untuk suatu jenis burung, tentunya mereka sudah melakukan observasi dan penelitian untuk melakukan identifikasi sebelum pencincinan.

Perawatan Burung Pijantung

Merawat burung pijantung terbilang cukup sulit, terlebih untuk yang masih anakan atau hasil tangkapan. Karena burung ini mudah dehidrasi sehingga kita perlu memperhatikan asupan makanan dan minumnya dengan baik.

Ketika kita membeli burung hasil tangkapan tentunya kita harus membuatnya jinak terlebih dahulu dan mengajarinya sampai dia mau memakan voer sebagai makanan utama untuk memenuhi nutrisi tubuhnya.

dan pada masa penjinakan itu kita harus benar-benar memperhatikan perawatannya mulai dari makanan misal dia tidak menyentuh voer maka kalian harus memberikan jangkrik atau kroto untuk makanannya.

Menyediakan nektar dan air minum. Hal ini dilakukan supaya dia tetap stabil dan sehat meskipun masa penjinakan karena pada masa ini burung cukup rawan mati karena kekurangan asupan makanan dan minuman.

burung-pijantung-jantan-dan-betina

Berbeda dengan burung penghisap nektar lain yang memiliki perbedaan jelas antara jenis kelamin jantan dan betina, pijantung justru memiliki sifat yang sulit dibedakan antara keduanya.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Pijantung, Makanan, Harga Dan Suara

Nah itulah tadi beberapa perbedaan burung pijantung jantan dan betina semoga dapat menambah wawasan kita bersama. Kami ucapkan terimakasih banyak sudah selalu setia bersama kami.

baca juga : harga pasaran burung pijantung