Tips Perawatan Burung Kapas Tembak Yang Macet Bunyi

Diposting pada

Salam kicau lovers kembali kami yang akan memberikan informasi seputar Perawatan Kapas Tembak. Sebenarnya aves yang satu ini cukup mudah perawatannya tetapi jika tidak benar alih-alih mendapatkan suara yang gacor malahan akan membuatnya enggan berkicau atau macet bunyi. Bagi kalian yang mempunyai masalah seperti ini atau yang akan menambah koleksi kapas tembak atau cucak jenggot, jangan khawatir yuk simak beberapa cara perawatan supaya kapas tembak kesayangan kamu kembali gacor.

Cara Merawat Burung Kapas Tembak

Jika unggas peliharaan kamu yang tadinya sangat gacor, tiba-tiba saja menjadi macet bunyi kemungkinan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab dia tidak mau berkicau diantaranya saat dia memasuki masa mabung atau pergantian bulu, kondisi tubuh yang tidak fit, ada yang membuatnya stress dan merasa ketakitan atau juga dia sedang over birahi. cara mengatasi keadaan tersebut dengan merawatnya sebaik mungkin.

cara-menaikkan-emosi-kapas-tembak

1. Diembun Secara Rutin Pada Waktu Fajar

Untuk memancingnya berinteraksi dengan burung liar lainnya,proses pengembunan dilakukan secara rutin setiap hari karena burung sangat menyukai udara segar dipagi hari dengan cara digantung di teras atau lebih bagus dibawah ranting pohon. Selain itu ini bisa menjadi terapi untuk mengatasi stress nya.

Pada saat diembun kamu bisa sambil memberikan makanan tambahan seperti jangkrik sebanyak 2 sampai 4 ekor atau kroto di cepuk kecil. waktu mengembunkan burung dimulai dari pukul 4.00 sampai pagi sebelum di mandikan.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Memilih Murai Batu Medan Yang Berkualitas Baik

2. Lakukan Terapi Mandi Malam

Mengapa mandi malam? dalam keadaan seperti ini burung tidak usah dimandikan pada pagi hari cukup dibersihkan kandangnya dan digantyi pakan dan minumnya.Dalam keadaan stress diperlukan mandi malam untuk menurunkan birahinya, lakukan setiap hari maksimal selama seminggu atau tergantung dengan keadaan burung jika sudah mulai membaik tidak perlu lagi terapi mandi malam.

Caranya hampir sama dengan mandi pagi bisa dengan di masukkan ke keramba atau di semprot sprayer sampai basah lalu digantung di angin-anginkan agar bulunya kering setelah itu diberi EF lag. Jika bulu sudah kering kandang langsung dikerodong.

cara-merawat-kapas-tembak-stress

3. Menjaga Kebersihan Kandang dan Ukuran Kandang

Kandang yang terlalu sempit memungkinkan juga menjadi faktor dia macet berkicau, jadi hendaknya pindahkan burung ke sangkar yang ukurannya lebih besar untuk mengurangi rasa stressnya. Selain itu kandang yang bersih membuatnya nyaman untuk berkicau kembali jadi kamu harus rutin membersihkan kotorannya dan seminggu sekali kamu membersihkan kandang secara keseluruhan dengan cairan desinfektan agar lebih steril.

4. Asupan makanan dan Minuman

Di alam bebas kapastembak dan cucak jenggot memakan serangga kecil disekitarnya seperti semut jangkrik dan cacing. tetapi dalam peliharaan kita bisa memberikannya voer yang sesuai dengan kebutuhan nya. ditambah dengan buah-buahan segar serta ekstra fooding lainnya. Air minum yang diberikan juga harus bersih boleh air mineral atau air biasa yang sudah dimasak terlebih dahulu.

5. Kedodong Burung

Agar dia lebih nyaman dalam beristirahat, kerodong kandangnya pada sore hingga pagi hari agar lebih tenang. Saat istirahat perdengarkan masteran dengan suara-suara kicauan yang ber speed rapat bisa suara gereja tarung bahkan suara cililin.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Jenis Burung Mahal Yang Bisa Buat Kantong Jebol

Itulah tadi beberapa tips Perawatan Kapas Tembak yang macet bunyi lakukan perawatan dengan seksama dan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang baik. Salam kicau mania tetap jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan dimanapun kami berada. terlebih pada saat pandemi covid 19 seperti saat ini.