Perawatan Burung Cendet Trotol

Silahkan Temen-Temen Share Ya.. Terima Kasih

5/5 - (1 vote)

Halo sobat kicau mania semua, kembali masih bersama kami situs resmi pleci.id yg dimana kali ini kami akan membahas tentang perawatan cendet trotol ya, jadi banyak banget pertanyaan di kolom komentar group kami yang bertanya

bagaimana sih cara merawat burung cendet yg masih trotolan ini agar nanti pas dewasanya itu jadi bagus terus gacor dan isiannya juga banyak. Nah jadi kita langsung saja ke perawatan hariannya dari perawatan hariannya ya temen-temen.

Oke yuk langsung aja kita ke topik bahasannya seputar cara perawatan cendet trotol :

Perawatan Cendet Trotolan Biar Cepat Gacor


Pengembunan Dan Pemasteran

Untuk perawatan harian biasa saya selalu mengembunkan burung cendet ini pagi sekitar jam 6 ya, jadi pas waktu pengembunan itu bagus banget untuk pemasteran teman-teman jika kalian memiliki banyak burung isian seperti tengkek buto, atau rambatan, kenari dan burung – burung kecil seperti kolibri ninja itu akan lebih maksimal lagi ya hasilnya nanti.

Jadi kalian harus se-sering mungkin untuk menempel burung-burung masteran yang kalian punya baik yang sudah gacor ataupun dengan menggunakan mp3 audio masteran secara konsisten ya.

cara-perawatan-cendet-trotol

Membersihkan Sangkar Dan Cara Memandikan

Lanjut jam 7.30 saya bersihkan sangkar temen-temen bersihkan sangkar terus nanti lanjut ke pemandian nya ya. Jadi kalau untuk memandikan cendet itu agar dewasanya nanti nggak gampang salto itu ada triknya jadi untuk memandikan yang masih trotol gini cara semprotnya itu kalau memandikannya itu dari atas ya temen-temen jangan dari bawah,

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Membuat Pleci Ngalas Panjang

nanti biasa nya kebanyakan salto ya, karena faktor kebiasaan dari cara yang salah dalam hal menyemprot saat memandikannya saat masih trotol.

Penjemuran Dan Pemberian EF

Jika sudah kalian mandikan, baru boleh temen-temen langsung jemur saja ya burung cendet trotolannya agar bulu-bulunya yg basah agar cepat kering dan mendapatkan asupan panas matahari yang banyak mengandung vitamin D yg bagus untuk tumbuh dan perkembangan tulang si burung anakan / burung yg masih bahan tersebut ya.

Jemur bentar aja sekitar 15 – 20 menitan ya, dan sampai bulu nya terlihat kering, setelah itu kita langsung kasihkan jangkrik alam dengan takaran cukup 5 ekor setiap pagi dan sore ya teman-teman, jadi total pemberian pakan EF berupa jangkrik dalam sehari (10) ekor.

Biarkan dia makan dulu sambil kita jemur lagi sekitar satu sampai dua jam lah, kalau sudah dijemur, sekitar jam 9 atau jam 10 itu bisa kita langsung lanjut kerodong aja temen-temen

jadi hariannya kalau siang itu kita krodong saja agar dia lebih fokus untuk mendengarkan suara-suara burung ocehan atau masteran yang sudah kalian sediakan ya. Nah dari yang sudah dijelaskan diatas itu perawatan dari pagi menjelang siang ya temen-temen.

gambar-cendet-umur-4-bulan

Rawatan Di Sore Harinya

Kalau sore gini sekitar jam 4 an ini selalu bersihkan kembali kotoran yg ada di dasar sangkarnya lagi temen-temen bersihkan sangkar terus burung boleh kalian madikan lagi, maksimal mandi sehari 2 kali ya.

Akan tetapi kalau cuaca mendung itu nggak usah dimandikan ya, takut nya nanti bulu nya lama keringnya jadi kasihan burungnya nanti kedinginan dan bisa sakit terus kalau udah dibersihkan sangkarnya temen-temen Saya kasihkan jangkrik jangkrik 5 ya, jadi pagi 5 sore 5,

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Favorit Jalak Bali

dan jangan lupa air minum setiap sore wajib diganti dengan yang masih fresh bersih ya temen-temen agar burung selalu sehat mengkonsumsi air mineral yang segar, kemudian tempel lagi dengan suara masteran sampai ke esokan harinya ya. Tempatkan burung di tempat yang bersuhu udara yang stabil ya tidak terlalu dingin dan juga jangan di tempatkan di tempat yang sirkulasi udaranya kurang bagus, jadi usahakan penempatan kandang burung harus di tempat yang senyaman mungkin ya.

Lakukan pola perawatan secara konsisten setiap harinya agar burung dengan cepat mengikuti setingan harian yang standar dan aman tentunya ya. Demikianlah tips perawatan cendet trotol yg bisa kami bagikan untuk temen-temen penghobi burung cendet / pentet khususnya yang masih pemula ya. Semoga dapat bermanfaat.

baca juga : jenis burung cendet madura