Tips Perawatan Burung Murai Batu Untuk Lomba

Diposting pada

perawatan burung murai batu, nah berjumpa lagi bersama situs pleci.id yang selalu update info-info menarik, dan berkualitas seputar dunia burung kicau, pada kesempatan kali ini tema yang akan kita bahas tentang bagaimana sih cara memberikan rawatan harian murai batu dari pagi sampai malam agar burung tetap stabil yang nantinya akan kita persiapkan untuk lomba !.

Khususnya bagi para pemula tentu masih kebingungan ya dalam memberikan perawatan yang tepat bagi murai batu kesayangannya, maka dari itu kita akan kita ulas disini agar bisa membantu temen-temen murai batu mania semua agar lebih mudah nantinya dalam merawat burung murai agar bisa tampil maksimal digantangan. Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

cara-merawat-murai-batu-untuk-pemula

Bagaimana Pola Rawatan Harian Burung Murai Batu ?


Jaga Selalu Kebersihan Kandang

Nah cara merawat murai batu untuk pemula, pada waktu pagi hari kalian bisa keluarkan burung, lalu yang pertama-tama kalian bisa bersihkan sangkarnya terlebih dahulu, intinya setiap hari kebersihan kandang murai harus bersih dari kotoran ya, bisa 1 – 2 kali juga boleh kalian bersihkan, semisal pagi dan sore hari ketika burung mau istirahat keadaan kandang dan alas kotorannya harus dalam kondisi bersih.

cara-merawat-murai-batu-untuk-lomba

Pemandian Yang Tepat

Setelah kotorannya dibersihkan, kalian bisa langsung memandikannya dengan cara di semprot ataupun jika sudah biasa mandi sendiri ya bisa dengan menggunakan keramba mandi ya, jadi harus di sesuaikan dengan kebiasaan setiap harinya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Murai Batu Muda Hutan Agar Cepat Gacor

Jika burung sudah beres mandi lalu tunggu beberapa menit hingga si burung didis, menyisir bulu-bulunya yang basah ya, sampai setengah kering baru boleh langsung kalian jemur ya. Nah untuk masalah pemandian ini intinya kalian jangan sekali-kali memaksakan burung untuk mandi ya,

jika terpantau si burung ini gelisah dan sering cuci muka di wadah minumnya lalu langsung menyisir bulunya tentu burung kepanasan dan ingin mandi, jika kondisi seperti itu langsung saja si murai ini dimandikan ya temen-temn.

Tips Penjemurannya

Namun pada tahap penjemuran juga tidak sembarangan, disesuaikan dengan tipe karakternya, namun jika kalian belum mengetahui karakter atau tipe burung murai kalian, ya setidaknya penjemuran dalam hal yang wajar (normal) biasanya kurang lebih cukup 1 jam saja ya,

perhatian ya ?. Kalian jangan terlalu lama-lama juga menjemurnya. Nanti dikhawatirkan burung bisdrasi, bulu-bulu nya bisa rusak, serta suara menjadi serak. Waktu yang baik dan pas untuk menjemur burung ini saat pagi hari antara jam 9 sampai dengan 10 siang.

Pemberian Multivitamin Serta Pakan Yg Bermutu Tinggi

Nah temen-temen hal yang terpenting agar burung murai kalian menjadi bagus, memiliki power maksimal dan FIT Prima tentu sangat mempengaruhi dari faktor asupan pakan yang kalian berikan setiap harinya, baik dari jenis voer, dan pakan tambahannya berupa serangga kecil seperti jangkrik, kroto, ulat dan lain sebagainya.

Selain makanan pokok dan tambahan yang memiliki kualitas baik yg kalian kasihkan, tentu harus kalian imbangi juga dengan pemberian multivitamin, seperti BNR VIT, EBOD VIT atau jenis merk lainnya ya, asalkan sekiranya pas dan aman bagi murai batu kalian, agar kesehatannya juga selalu terjaga, dengan ini merupakan salah satu cara bikin murai batu rajin bunyi.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Memilih Lovebird Ombyokan Prospek

perawatan-harian-burung-murai-batu

Trik Pengkrodongan Dan Pemasteran

Nah untuk perawatan murai batu sore hari biasanya burung murai harus beristirahat ya, dengan cara kalian kerodong lalu dimasteri dengan suara burung isian yang berkualitas, seperti cililin, kapas tembak atau cucak jenggot,

dan bisa juga dengan suara-suara burung kecil seperti konin, ciblek dan lainnya, tentu tahap pemasteran pada sore hari ini biasa dilakukan oleh para kicau mania dengan menggunakan suara audio mp3 mastering ya temen-temen.

Nah jika kalian memiliki burung masteran hidup (asli) itu lebih baik ya, dan itupun biasanya burung masteran juga berkicau pada waktu di pagi sampai siang hari saja, dan untuk malamnya kita masteri dengan menggunakan mp3 ini ya, jadi pemasteran 24 jam baik menggunakan burung hidup ataupun masteran audio.

baca juga : cara merawat burung murai batu trotolan

Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba

Sebenarnya dalam hal perawatan harian dan lomba tidak berbeda jauh, hanya saja pada saat di pengkondisian, dari H-3 sampai hari H tentu kita utak-atik sendiri untuk mencari setelan yang tepat bagi burung murai kita, dan biasanya dilakukan hanya ketika burung ingin di gantangkan saja ya.

Dalam memberikan perawatan murai batu yang baik dan benar tentu bukanlah hal yang mudah dibayangkan, tentu kalian membutuhkan waktu, proses, kesabaran serta ketelatenan dan di tuntun konsisten, dan tidak hanya itu saja,

temen-temen juga harus memahami karakter, mengenali kelebihan dan kekurangan dari burung murai batu milik kita, serta juga perlu menyiapkan modal atau biaya yang relatif ya agar bisa sempurna dalam memberikan kebutuhan asupan pakan dan lain sebagainya.

Dalam melakukan perawatan burung murai batu untuk lomba tentu tidak boleh asal-asalan ya temen-temen dikembalikan lagi dengan karakter si burungnya tersebut, jika tidak disesuaikan nanti yang ada malahan burung akan menjadi macet, tidak tampil maksimal ketika digantangan atau di latberan ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Cendet Yang Macet Bunyi

Demikianlah tips perawatan burung murai batu, yg bisa kalian analisa dan praktekkan dalam sehari-hari agar burung murai temen-temen bisa nampil dilapangan sesuai ekspetasi kalian sebagai perawat / majikannya. Oke itu saja ya informasi dari kami !. Semoga dapat bermanfaat.