Obat Untuk Burung Kenari Serak

Diposting pada
Rate this post

Obat Kenari Serak – Burung Kenari dikenal memiliki suara kicauan yang merdu sehingga banyak orang yang memeliharanya. Sehingga jika para pecinta kenari mendapati burung peliharaannya suaranya serak pasti mereka akan gelisah dan mencari solusinya.

Sebelum kalian mencari solusinya, tentu ada sebagian orang yang belum mengetahui bagaimana kenari serak itu dan apa saja faktor yang menjadi penyebab terjadinya suara kenari serak.

Secara umum gejala awal yang ditunjukan kenari yang serak ketika bunyi kicauannya tidak terdengar tidak terlalu jelas, karena biasanya suaranya jernih gitu tetapi yang serak tidak jernih kedengarannya.

Nah jika seraknya ini sudah semakin kronis akan menyebabkan dia kehilangan suaranya, dia akan membuka paruhnya untuk berkicau namun tidak ada suara yang keluar. Ini sudah harus mendapatkan perhatian khusus.

Berikut kami sajikan apa saja penyebab, cara mengatasinya dan beberapa referensi merek obat yang kami saran kan untuk di gunakan.

obat-kenari-serak-pilek

Faktor Penyebab, Cara Mengatasi dan Obat Kenari Serak

Penyebab Kenari Serak

1. Udara Yang Kotor

Udara yang tidak bersih yang banyak polusi dan debu menjadi faktor yang sering menyebabkan kenari mengalami gangguan pada suaranya, terlebih bagi kenari yang sering diturunkan dilapangan sehingga jangan di anggap enteng.

Sebaiknya jika sudah muncul gejala ringan harus di beri obat dan suplemen tambahan baik itu dibuat secara tradisional maupun yang dijual di kios burung maupun di marketplace online.

2. Terjadinya Peradangan

Penyebab terjadinya peradangan ketika pada tenggorokan kenari terdapat banyak bakteri dan virus yang penyerang tubuhnya. Sehingga penting bagi kita untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dan kandang burung.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Menjinakkan Burung Jalak Suren Malaysia

Terlebih kenari yang terkenal sering mengeluarkan suara ngeroll panjang membuat tenggorokannya terinfeksi peradangan akibat virus dan kuman penyebab penyakit.

nama-obat-kenari-serak

3. Makanan dan Minuman

Kita harus memperhatikan asupan yang kita berikan ke burung kenari peliharaan, mulai dari komposisinya dan tingkat kebersihannya. Kalau kotor tentunya terdapat banyak kuman yang akan merusak kesehatan tenggorokannya.

Selain itu bila ada bahan tambahan yang tidak cocok pada makanan yang kita berikan baik itu vitamin maupun suplemen tambahan sehingga harus kita ketahui dulu apa saja komposisi dan kegunaannya.

4. Faktor Birahi

Untuk pembudidaya kenari tentunya sangat mengerti mengapa birahi juga bisa menjadi penyebab yang alamiah membuat burung kenari serak. Karena jika birahinya sudah memuncak alias mau segera kawin

maka kalian harus segera mengawinkannya, biasanya yang seperti ini terjadi pada kenari jantan yang mana setelah dia dikawinkan dan birahinya tersalurkan maka suaranya akan kembali jernih seperti biasanya.

Hal ini terjadi secara alamiah pada kehidupan hewan termasuk burung kicau.

5. Gangguan Pada Pernafasan

Gangguan ini biasanya di tandai adanya bunyi ngorok pada suara kenari. faktor yang menyebabkan hal ini terjadi karena udara yang tidak bersih serta adanya paparan asap rokok yang juga mengganggu nya.

serta pembakaran sampah atau asap lain yang menyebabkan udara sekitar kotor.

Hal Yang Dilakukan Untuk Mengatasi Kenari Serak

1. Sementara tambahkan suplemen atau ramuan yang bisa mengurangi peradangan di tenggorokannya.
2. Apabila kalian memberikan air putih berikan yang sudah matang atau dimasak mendidih sebelumnya lalu di dinginkan.
3. Mandikan burung setiap hari dan tambahkan sedikit shampo burung supaya debu-debu pada bulunya hilang dan membuat penyembuhan semakin cepat.
4. Kurangi durasi penjemuran burung, supaya tenggorokannya tidak terlalu kering. Jika terlalu kering akan memperparah peradangan.
5. Berikan Racikan buah mengkudu muda untuk mengobati peradangannya.
6. Bersihkan kandang kenari secara teratur krodong nya juga harus bersih ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Pasaran Harga Burung Jalak Suren Terbaru 2021

larutan-untuk-kenari-serak

Rekomendasi Merek Obat Anti Serak

1. Spektra : berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit kenari seperti tidak mau makan, lesu, dan gangguan pada pencernaan. di jual dipasaran dengan harga mulai dari Rp15.000 sampai Rp20.000 per botolnya.

2. Metabolisme : memiliki khasiat untuk mengatasi kenari macet bunyi, menaikkan birahi pada kenari betina, dan mempercepat burung kenari supaya lebih gacor. Harga jualnya sekitar Rp20.000 per botol kecil

Cara memakainya dengan mengoleskannya pada jangkrik atau ekstra fooding lain dan meneteskan langsung ke paruhnya.

3. Anti Serak : Berbeda dengan obat yang lain, anti serak ini merupakan obat luar jadi hanya dengan mengoleskannya saja ke daerah tenggorokan burung kenari anda. biasa digunakan untuk kenari yang serak.

Atau yang tidak mengeluarkan suara sama sekali tetapi lehernya sudah mengembang dan buka paruh. berikan sesuai aturan harga kisarannya Rp20.000 per botolnya

obat-tetes-untuk-kenari-serak

4. Fixond : ini merupakan obat gurah kenari supaya tenggorokannya bersih. untuk mengeluarkan lendir pada organ pernafasannya. sehingga suaranya kembali plong dan meringankan infeksi atau peradangan.

Obat ini bisa ditemukan di kios burung atau di toko online dan marketplace online dengan harga berkisar Rp35.000 per botolnya.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi obat kenari serak serta apa-apa saja yang menjadi faktor penyebabnya. Sehingga burung kesayangan kalian bisa tetap memiliki kondisi terbaiknya.

Semoga bermanfaat dan kami ucapkan terimakasih banyak sudah setia membaca artikel pada Pleci Id.

baca juga artikel lainnya : ciri ciri kenari prospek gantangan