Mengenali Ciri Murai Kota Agung, Makanan Dan Harganya

Diposting pada

Murai Kota Agung – Halo Kicau lover magpie atau murai memang sangat populer dikalangan pecinta unggas pengicau, unggas jenis ini memiliki banyak penggemar dan paling tinggi di kelas perlombaan kicau mania.Ada bebrapa jenis murai mulai dari Aceh, Borneo, Batu Medan hingga ke Kota Agung Lampung.Dari mereka yang bisa dibedakan dari bentuk fisik dan beberapa ciri lainnya. Jika kalian belum paham bagaimana cara membedakannya,Kali ini kami akan mengulas informasi mengenai murai kota agung. Simak baik-baik sebelum kalian membelinya boss.

cara-merawat-murai-kota-agung

Ciri – Ciri Magpie Kota Agung

Bentuk Fisik Murai Lampung

Memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dibandingkan jenis aves magpie jenis kota agung ini memiliki ekor ada yang panjang dan pendek, warna bulu-bulu di bagian dada ialah orange tetapi agak pudar serupa dengan magpie yang habitat aslinya di sepanjang bukit barisan sebelah selatan dari Aceh hingga ke Provinsi Lampung. Murai batu lampung super merupakan sebutan untuk burung dari kota agung yang memiliki ekor berukuran panjang.

ciri-fisik-murai-kota-agung

Suara Khas

Pada kicauannya murai kota agung sebenarnya memiliki kicauan yang monoton, sehingga kita harus merawatnya dengan ekstra dan memasteran dengan banyak isian materi sehingga dia bisa menirukan dan mengeluarkan variasi suara nyanyian. Suaranya nyaring dan merdu dengan gaya ngototnya sehingga dia memiliki kinerja dan mental yang baik di lapangan.

Habitat Asli

Tempat tinggal aslinya di daerah pegunungan dan banyak ditemukan di daerah bukit barisan bagian selatan sumatera mulai dari daerah Aceh hingga ke Lampung Kota Agung. Sedangkan murai yang berasal dari Lampung lainnya yakni murai Way Kambas dia berada di dataran rendah dan bentuknya kecil juga ekornya cukup panjang. Dia memakan serangga kecil di alam dan tidak memakan buah-buahan.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Memilih Murai Batu Medan Yang Berkualitas Baik

Makanan dan Minuman

Saat dipelihara biasanya para kicau mania memberikan makanan utama berupa voer yang memiliki kadar protein 12 persen yang banyak dijual di pasaran salah satunya merek top song yang banyak digunakan. Piloih voer yang cocok dan njangan diganti lagi dikhawatirkan akan mempengaruhi kesehatan pencernaannya.

Untuk tambahan makanan kalian bisa memberikannya kroto setiap hari pagi dan sore hari dengan di tambahkan jangkrik secukupnya atau biasanya 5 ekor pagi dan sore, untuk ekstra fooding jangan terlalu banyak hal ini akan mempengaruhi birahinya takutnya dia akan mencabuti bulunya karena suhu tubuh yang meningkat.

Air minum harus diganti 2 kali sehari bisa menggunakan air mineral atau air minum biasa yang sudah matang, karena kebersihan air juga berpengaruh bagi kesehatan serta performa kicauan murai anda.

Harga Pasaran Murai Lampung Terbaru 2021

Murai lampung dari kota agung ini termasuk memiliki harga yang mahal berada dibawah kisaran murai batu medan yang berada pada kisaran 900.000 sampai dengan ke 1.500.000 rupiah buat masih anakan atau masih bahan. untuk yang sudah mapan harganya mencapai 2,5 sampai 3,5 juta tergantung dari kualitas kicauan burung serta kualitas burungnya.

Nah itulah tadi beberapa ciri Murai Kota Agung yang sangat menarik sekali untuk kamu miliki untuk menambah koleksi jenis murai lainnya, sebelum membeli pastikan burung yang kalian beli asli ya boss. salam sehat selalu dimasa pandemi covid 19 seperti saat ini jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M dimanapun kalian berada, dan hindari kerumunan semoga sehat selalu salam pleci mania.