Mengenal Jenis Murai Batu Borneo, Makanan, Dan Harga

Diposting pada

murai borneo – Burung murai batu memang menjadi primadona kicau hingga saat ini, hal ini disebabkan oleh kicauannya yang lantang tapi merdu, dan memiliki bermacam- macam variasi lagu. Murai batu juga memiliki banyak jenis yang salah satunya murai batu borneo, yang berasal dari Kalimantan. Aves yang dikenal juga dengan Murai Kalimantan ini juga memiliki tiga jenis yakni burung murai borneo palangka dan borneo banjar, dan borneo mahkota untuk mengenal lebih jauh lagi berikut kami sajikan ulasan selengkapnya.

Memahami Tipe Burung Murai Borneo Yang Berkualitas Bagus


Karakteristik Murai Batu Borneo

Salah satu jenis burung yang memiliki nama lain Murai Kalimantan ini memiliki penampilan yang menawan saat bertarung, jadi tidak heran jika harga pasarannya pun terbilang cukup tinggi.Ada tida jenis yakni murai batu borneo Palangka yang berasal dari Kalimantan Tengan sedangkan borneo banjar berasal dari Kalimantan Selatan dan Borneo Mahkota yang tersebar hampir di seluruh bagian pulau Kalimantan.

ciri murai borneo ukuran ekornya lebih pendek dibandingkan burung murai jenis lainnya berkisar antara 8 hingga 13 cm saja. dengan bulu dada yang berwarna coklat kekuningan bahkkan ada beberapa yang warnanya lebih cerah.Bulu pada ekornya berwarna putih hitam yang berukuran sama panjangnya.

kelebihan murai borneo yang paling menarik perhatian para kicau mania yakni penampilannya saat berkicau dengan membusungkan dada menandakan bahwa dirinya merupakan burung fighter, akan tetapi kekurangannya terletak pada suaranya yang kurang jernih atau tidak mengkristal.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mudah Memilih Burung Merpati Yang Bagus Untuk Lomba

burung-murai

Tiga Jenis Murai Kalimantan

Murai Batu Palangka : jenis ini tersebar di daerah palangka Kalimantan Tengah. Bentuk tubuhnya yang sedang dan relatif panjang, memiliki panjang ekor kurang lebih sekitar 15 sampai 18 cm, warna yang dominan di bulu dadanya adalah kuning kecoklatan. warna pada kalinya kombinasi dari coklat kehitaman, bahkan ada beberapa yang coklat kemerahan.

Murai Batu Banjar : memiliki habitat asli di daerah Kalimantan bagian selatan, jenis yang satu ini lebih di kenal dan sering ditemukan di arena kontes burung kicau. Dengan ukuran tubuh yang relatif kecil dan panjang ekor hanya mencapai 10 sampai 15 cm saja. Warna yang mendominasi bagian dadanya ialah warna coklat muda dan warna kaki yang bervariasi antara coklat kehitaman dan coklat kekuningan. Dengan gaya tarung mengembangkan bulu- bulunya sehingga menarik perhatian para kicau mania.

Murai Batu Mahkota : Tidak berbeda jauh dengan jenis murai kalimantan lainnya, Murai batu mahkota memiliki bulu dada berwarna coklat tetapi warna kaki yang lebih pekat bisa coklat dan hitam. Gaya fighternya membulatkan badan seperti bola dengan ukuran tubuh sedang dan panjang ekor berkisar antara 13 atau 15 cm saja, untuk jenis ini merupakan salah satu murai borneo tarung.

Makanan Murai Batu Borneo

Dialam liarnya murai biasa memakan serangga kecil tetapi murai rawatan dilatih memakan voer sebagai asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh burung. Voer yang digunakan harus lah sesuai takaran proteinnya tidak boleh berlebihan, hal ini akan membuat burung anda over birahi dan naik suhu tubuhnya.

Kroto : Makanan yang pas untuk borneo ini, kroto yang di gunakan harus lah yang segar atau dalam kondisi baik. Apabila sudah busuk masih di berikan akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuhnya. Tak hanya kroto Murai borneo juga sangat menyukai jangkrik.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Ciblek, Harga dan Suara Ngebren

Jangkrik : Murai Borneo diberi jangkrik sesuai rawatan hariannya, ada yang 20 ekor setiap pagi atau sore bahkan ada yang lebih dari ini. Jangkrik yang diberikan juga sebaiknta dibuang bagian kaki dan sayap nya karena akan sulit tercerna.

makanan-murai-borneo

Pasaran Harga Murai Kalimantan

harga murai borneo jantan per ekornya yang masih anakan berkisar antara 250.000 hingga 300.000, sedangkan yang sudah dewasa bisa mencapai 900.000 bahkan lebih tergantung kondisi burungnya.

Murai kalimantan betina memiliki harga lebih murah dikarenakan murai borneo betina hanya digunakan sebagai indukan dan tidak digunakan dalam kontes burung kicau berkisar 150.000 buat yang anakan dan mulai dari 500.000 buat yang dewasa, berbeda dengan murai borneo gacor bisa mencapai jutaan rupiah ya. Baca artikel yang lainnya harga murai batu terupdate disini

Nah, sampai disini dulu penjelasan dari kami seputar burung murai borneo, semoga bisa memberikan informasi yang cukup untuk anda, terimakasih sudah setia membaca, semoga bermanfaat.