Cara Merawat Murai Batu Nias Untuk Lomba

Diposting pada
Rate this post

Kembali berjumpa di website pleci.id nah di kesempatan kali ini kami akan memberikan tips dan rawatan tentang murai batu nias ekor hitam yang Fighter full atau yang memiliki emosi tingkat tinggi ya Nah sebelum lanjut ke tips perawatan yang berikutnya, alangkah lebih baiknya jika kalian baca-baca artikel seputar murai batu lainnya yang bisa menambahkan wawasan agar dapat dengan mudah memahami karakter burung murai batu.

Kita lanjut aja ke pembahasan tentang perawatan murai batu nias ekor hitam ini untuk khusus murai batu ekor hitam yang Fighter full atau Katakanlah tinggi tipe panas ya ini saya Berdasarkan pengalaman saya akan ceritakan dan saya akan ungkap pada intinya saya memberikan semua ini berdasarkan pengamatan dan pengalaman ya, dan allhamdulilah sudah saya lakukan dan sukses berhasil dan maksimal,

Oke langsung aja kita simak pembahasan lengkapnya ya seputar pola rawatan harian murai batu nias agar gacor biar siap untuk dilombakan.

Tips Perawatan Harian Burung Murai Batu Nias Gantangan


Pengembunan Dan Umbaran

Menu hariannya untuk tipe panas atau fighter full itu wajib yang pertama itu wajib di embun ya temen-temen, dan ingat murai batu tipikal panas harus rutin setiap hari kalian berikan terapi embun, nah jika kalian memiliki / mempunyai kandang umbaran standar untuk murai batu,

dengan lahan yang luas nyaman aman dari maling itu kita yang lebih bagusnya pada pagi itu langsung kita embun di dengan cara langsung dimasukan saja di dalam kandang umbaran ya, dan posisi kandang umbaran harus di tepat yang setengah terbuka dengan udara misalkan di pekarangan belakang rumah ya biar kalian bisa lebih leluasa memantau dan tenang. Sekitar jam 5 sehabis sholat subuhlah boleh kalian mulai terapi ini ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Harga Burung Cucak Jenggot

Dan lanjut pada saat penjemurannya pun sama di kandang umbaran ya, untuk murai batu tipikal cepet panas atau full fighter itu jangan terlalu lama durasi jemur nya ya cukup sampai 08.30 WIB.

cara-merawat-murai-batu-nias-untuk-lomba

Pemberian Pakan Harian Dan EF

Selanjutnya untuk jenis pakan EF tambahannya Kalau saya sendiri untuk perawatan murai batu ekor hitam itu tidak pakai kroto kalau pun pakai itupun hanya sekedar / sedikit saja ya, jangan terlalu banyak untuk pemberian keroto ini.

Dan untuk jenis pakan serangga jangkrik ini porsinya disesuaikan dengan karakter murai batu kalian masing-masing ya, misalkan pagi 3 – dan di sore harinya dikasih cukup 2 saja ya, jangan terlalu banyak, intinya usahakan rawatan murai batu seperti ini kalian harus konsisten dari segi pemberian EF nya ya.

Baca juga : ciri ciri murai batu medan jantan dan betina trotolan

Pengkrodongan Dan Pemasteran

Nah untuk tipe murai nias ini tentu sangat baik jika kalian terapkan full kerodong ya, jadi biar energi dan stamina burung murai batu nias kalian itu power dan staminanya agar selalu terjaga, dan lebih cenderung kepada pemasteran yang fokus,

nah disinilah kelebihan murai batu nias untuk sangat mudah dan paling pintar menirukan suara masteran / isian yang kita berikan, ke istimewaannya yang mewah inilah harus kalian manfaatkan untuk mencetak lagu materinya ya,

dan untuk waktu pemasteran cukup kalian lakukan rutin setiap malam hari ya setiap burung beristirahat dalam kondisi di kerodong baik itu menggunakan suara hp, mp3 box masteran ya, untuk volume suara masterannya cukup sedang saja ya jangan terlalu ke kencengan suaranya, yang ada nanti burung tidak nyaman dan nggak bisa istirahat.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Kolibri Wulung Biar Gacor

Catatan :

Waktu saat pengembunan maupun pengumbaran itu jangan berubah-rubah harus tepat waktunya kalau menurut saya ini berdasarkan pengalaman saya pribadi yang udah saya jalanin selama ini mungkin khususnya bagi kalian yg masih pemula ataupun yang belum tahu merawat murai batu nias ekor hitam ini sering dikatakan agresif lah dan tergolong susah ya intinya dikembalikan lagi kepada kesiapan dan konsistenitas temen-temen semua.

Oke jadi itu saja tips seputar perawatan murai batu nias, yang bisa kalian coba ya, semoga dapat memberikan pengetahuan dan manfaat bagi temen-temen murai batu mania indonesia. Salam Kicau Mania.