Tips Memilih Murai Batu Medan Yang Berkualitas Baik

Diposting pada

Murai Batu Medan yang sudah masteran memang banyak menjadi incaran saat ini. Namun, memilih burung berkualitas bagus nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Anda bahkan harus memiliki kejelian dan keahlian yang khusus untuk memilih binatang yang satu ini. Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa tips memilih murai batu yang harus diketahui oleh para pemula.

Cara Memilih Burung Murai Batu Berkualitas


1. Perhatikan Umur Burung

Burung kicau yang berkualitas baik seringkali dihadirkan oleh burung jantan yang masih muda. Jenis binatang ini biasanya akan lebih aktif dan hobi berkicau. Begitu pula, kondisi ini juga dapat menentukan kicauan yang sehat sehingga menjadi idaman para pecinta burung. Dalam mengetahui umur ini, anda dapat melihat warna yang dihadirkan dari rongga mulut.

Binatang yang satu ini akan memiliki warna rongga mulut yang semakin pekat seiring dengan pertambahan usia. Warna putih atau cerah pada bagian rongga mulut seringkali dapat menjadi indikator bahwa burung ini masih muda. Begitu pula, burung murai batu medan akan memiliki warna rongga mulut yang cenderung gelap atau hitam ketika memiliki umur yang lebih tua.

ciri-ciri-murai-batu-medan

2. Perhatikan Warna Bulu

Bulu dapat menjadi salah satu pertimbangan khusus dalam memilih burung kicauan. Bulu badan hitam pekat dapat menunjukkan fisik yang cantik dan menambah pesona bagi binatang yang satu ini. Namun, burung ini juga memiliki ciri – ciri murai batu medan khas yang ditunjukkan oleh warna bulu yang terdapat pada bagian dada.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Racikan Makanan Lovebird Biar Gacor Ngekek Panjang

Jika anda melihat murai batu di pasaran, para penjual seringkali menghadirkan bulu berwarna coklat di bagian dada untuk dijual. Terdapat warna bulu kekuningan di dada dengan harga yang lebih mahal. Pasalnya, warna kekuningan ini menunjukkan bahwa burung yang satu ini memiliki suara yang merdu. Anda juga tidak perlu meluangkan waktu dan tenaga yang berat jika memilih burung ini.

murai-batu-istimewa-100jt

3. Melihat Bagian Mata

Murai batu medan berkualitas baik juga dapat ditunjukkan pada bagian matanya. Pasalnya, binatang yang satu ini seringkali menderita penyakit katarak yang dapat mengganggu penglihatan. Oleh karena itu, anda harus waspada dalam memilih untuk mendapatkan anakan terbaik yang terbebas dari penyakit katarak tersebut.

Mata burung yang sehat dapat ditunjukkan dengan bentuk mata bulat dan berkilau. Tentunya, anda harus menghindari burung dengan warna putih pada bagian mata. Warna putih tersebut adalah tanda penyakit katarak dengan risiko kebutaan yang sangat tinggi. Memiliki burung dengan kondisi tersebut tentu hanya akan mendapatkan kerugian.

murai-batu-katarak

4. Memperhatikan Bagian Fisik Yang Lain

Begitu pula, anda bisa mengamati bentuk fisik yang lain seperti ekor dan kaki. Pasalnya, pesona burung yang satu ini dapat dilihat dari kondisi ekor yang panjang. Murai batu medan bahkan terbiasa memainkan ekornya ketika bertemu lawan. Oleh karena itu, anda dapat memilih ekor yang rapat dan tidak terlalu tebal karena menunjukkan mental yang tangguh.

Warna kaki burung ini juga menjadi penentu kualitas yang dimilikinya. Anda bahkan bisa memilih warna kaki yang hitam sebagai pertanda mental pemberani. Selain itu, anda juga bisa memperhatikan warna kuku pada kaki burung ini. lazimnya, warna kuku pada kaki yang berbeda dapat menunjukkan mental yang tidak stabil.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Burung Murai Batu Aceh Yang Kini Laris Di Pasaran

jual-burung-murai-batu-murah-jakarta

5. Mendengarkan Suara Yang Dihasilkan

Tentunya, suara menjadi hal yang penting dalam memilih burung kicau. Anda bahkan bisa memancing burung ini dengan bersiul maupun memutarkan mp3 berupa suara betina. Suara burung yang keras dan saling menyambung dengan jeda yang sama dapat menjadi pilihan sebagai burung berkualitas baik. Kualitas burung yang baik akan menghasilkan burung termahal murai batu medan dengan harga yang fantastis mencapai 100 juta lebih.

Memiliki burung kicau dengan perawakan dan kicauan bagus memang menjadi impian para pecinta burung. Anda bahkan bisa memilih Murai Batu Medan dengan mencari beberapa kriteria sebagaimana ulasan di atas. Tentunya, burung berkualitas dapat membuat anda senang sekaligus mendapatkan keuntungan.