Mitos Memelihara Burung Perkutut

Diposting pada

Burung perkutut banyak di pelihara namun siapa sangka hewan yang satu ini memiliki Mitos Burung Perkutut yang agak menyeramkan.

Meskipun begitu didaerah jawa banyak yang memeiliharanya karena menurut kebudayaan perkutut memiliki kasta yang tinggi dibanding jenis burung lainnya.

Selain diselimuti mitos yang kental, Perkutut ini juga memiliki suara yang eksotis yang berbeda dengan suara burung kicau lainnya yang biasa dipelihara, selain itu bentuk fisiknya juga menarik.

Ada beberapa mitos memelihara burung perkutut lokal yang diyakini oleh masyarakat jawa mulai dari pembawa keberuntungan, pertanda buruk sampai adanya makhluk gaib yang menunjukan eksistensinya di sekeliling kita.

Yuk kita simak penjelasan selengkapnya yang sudah kami sediakan di artikel ini.

Mitos Seputar Burung Perkutut Berdasarkan Jenis

1. Burung Perkutut Songgo Ratu

Karakteristik berdasarkan namanya dimana dia menempatikan dirinya dengan karakter seperti ratu ditambah lagi pada bagian kepalanya ada bulu yang tumbuh kearah atas yang menyerupai bentuk mahkota.

Meskipun ukuran tubuhnya lebih kecil dari jenis perkutut lainnya tetapi kepopuleran yang dimiliki sangat luar biasa.

Menurut mitos barang siapa yang memeilihara burung ini maka dia akan di lindungi dari hal gaib yang berbahaya.

Seperti santet dan malapetaka gaib lainnya.

2. Burung Perkutut Putih

Seperti halnya burung putih lainnya seperti jalak putih, kuntul putih dan merpati putih, Perkutut putih ini juga memiliki daya tarik yang sangat kharismatik.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Perawatan Kacer Tipe Dingin Agar Gacor Dan Stabil

Burung jenis ini memang langka keberadaannya.

Secara alamiah bisa dijelaskan karena burung ini memiliki sifat albino sama seperti hewan lain yang berwarna putih lain

sehingga jumlahnya tidak banyak memang bisa dihasilkan dari indukan pembawa sifat albino.

mitos perkutut putih ini cukup menarik dimana dengan memeliharanya bisa mendatangkan kekayaan yang sangat melimpah, cukup menarik bukan.

3. Burung Perkutut Hitam

Nah untuk jenis ini yang biasanya banyak di pelihara karena memang populasinya yang banyak sehingga mudah ditemukan selain itu dia biasa disebut juga dengan Kol Buntet yang merupakan rajanya perkutut atau sering dikenal sebagai mitos burung perkutut belah dada.

Sehingga menurut mitos yang beredar dimana saat kita memeliharanya maka dia akan menjadi sumber kekuatan dan aura keberuntungan yang sangat kental akan menyertai pemiliknya, bagaimana apakah kalian berminat memeliharanya ?.

mitos-burung-perkutut-lokal

4. Burung Perkutut Lurah

Perkutut lurah secara fisik sangat berbanding terbaik dengan perkitut hitam yang terkesan gelap. Perkutut jenis ini memiliki bulu-bulu yang cerah dengan corak mptif bunya yang menawan sekali, sehingga tak jarang dicari para pecinta perkutut.

konon katanya barang siapa yang memelihara jenis burung ini maka dia akan sangat dohormati dan disegani oleh orang-orang yang ada disekitarnya.

5. Burung Perkutut Daringan

Secara fisik dia memiliki warna dan corak bulu yang paling indah dari jenis perkutut lainnya dimana dikepalanya terdapat jambul yang melambangkan kemakmuran sehingga dia memiliki mitos yang sangat menarik.

Konon pemiliknya akan dianugerahi rejeki yang melimpah yang tak habis tujuh turunan. sangat menarik bukan kicau lovers.

Selain itu ada juga dimasyarakat dipercayai mitos – mitos lain seputar burung perkutut ini bukan dari jenisnya melainkan kepercayaan yang di generalisasi atau secara umun diyakini oleh sebagian masyarakat.

Baca Terus Guys ! . . .  Daftar Pasaran Harga Anis Merah Terupdate 2021

Mitos Burung Perkutut Yang Diyakini Masyarakat

1. Sebagai Hewan Jelmaan Makhluk Gaib

Untuk mitos burung perkutut bunyi malam hari ini dipercayai sebagian masyarakat jawa dimana dahulu kala perkutut merupakan jelmaan dari dewa-dewa dan juga peliharaan raja kerajaan Majapahit, yang terkenal mitos burung perkutut majapahit. Selain itu burung yang dipelihara oleh

Prabu Brawijawa merupakan jelmaan dari Pangeran Joko Wangu dari Padjajaran.

2. Merupakan Pertanda Terjadinya Malapetaka

mitos burung perkutut putih mata merah yang dimana ketika di alam bebas terdapat sekawanan burung perkutut berkumpul di daerah tersebut, dipercayai akan terjadi malapetaka atau bencana alam. Hal ini karena burung perkutut memiliki corak warna yang tidak jelas.

3. Sebagai Pembawa Keberuntungan

Berlawanan dari mitos sebelumnya, burung perkutut juga dipercayai membawa keberuntungan bagi pelikiknya ketika si perkutut merasa cocok dengan pemiliknya

sehingga keberuntungan pun akan berdatangan.

Nah itulah beberapa mitos memelihara burung perkutut yang dipercayai oleh sebagian masyarakat di Indonesia ini. Kembali lagi segala hal telah diatur oleh Allah SWT. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga selalu diberikan kebaikan kepada kita.

baca juga : cara menjinakkan burung perkutut yang giras