Cara Membuat Pakan Lovebird Racikan Sendiri

Diposting pada
Rate this post

membuat pakan lovebird sendiri – masih bersama situs resmi Pleci.ID yang selalu update memberikan informasi berkualitas seputar dunia burung kicau, nah pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips seputar racikan pakan lovebird biar fighter ngekek panjang ya, baik itu untuk burung yang masih bahan atau balibu, bisa juga untuk pakan hariannya ataupun saat menjelang lomba.

Nah bagi para lovebird mania tentu yang hanya ikut-ikutan dalam memelihara burung lovebird ini, dengan kondisi seperti sekarang ini pasti malas ya, berbeda dengan yang memang sudah penghobi sejati, tidak berpengaruh besar walaupun kala harga burung tersebut sedang naik ataupun turun, yang penting tetep seneng merawat burung cinta ini, ya namanya juga kan hobi.. sekali hobi ya tetep aja hobi selamanya hehehe.

Ada beberapa pertanyaan dari temen-temen lovebird mania, yang menanyakan bagaimana sih cara meracik pakan lovebird konslet untuk harian dan lomba ?. Nah hal yang harus kalian ketahui disini, tips yang akan kami bagikan ini tentu dengan olahan yang aman dan pastinya tidak membuat burung menjadi terlalu over birahi ya, jadi temen-temen tidak perlu khawatir, hanya perlu pembuktian dan praktek pengaplikasiannya saja ya.

Oke tanpa berlama-lama, yuk kita langsung aja kepokok pembahasannya, bisa kalian simak selengkapnya dibawah ini :

racikan-pakan-lovebird-harian

Cara Meracik Pakan Lovebird Konslet


1. Racikan Pakan Olahan Jahe

Karena dibuat dengan bahan alami dan berkhasiat, sehingga tidak menimbulkan efek samping apapun yang berbahaya sebaliknya jika kalian meracik dan memberikan dengan baik dan teratur burung kesayangan anda akan ngekek dengan durasi yang lebih panjang.

Selain itu karena jahe memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh sehingga burung yang memakan racikan jahe ini akan terjaga daya tahan tubuhnya meskipun dalam udara eksterm sekalipun.

Berikut cara meracik dan bahan yang digunakan : Siapkan 1 buah jahe kurang lebih panjangnya 5 cm lalu kupas setelah itu parut atau blender sampai halus.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Trucukan Bakalan Agar Cepat Gacor

Rendam ke air panas kurang lebih 3/4 gelas diamkan beberapa menit. setelah itu saring airnya dan ambil sari endapan jahe nya. Setelah itu campur dengan milet diamkan selama 1 sampai 2 jam.

Selanjutnya buang sisa airnya lalu keringkan milet dibawah sinar matahari atau bisa juga disangrai. buat secukupnya untuk 2 sampai 3 kali makan jangan terlalu banyak.

Penjemuran atau penyangraian harus benar – benar kecing jika untuk disimpan kalau lembab dia akan tumbuh jamur dan berbahaya untuk burung.

racikan-pakan-kenceng-lovebird

2. Racikan Sari Mengkudu

Buah mengkudu yang pahit dan memiliki aroma yang tidak sedap ini banyak manfaatnya untuk manusia sebagai obat penyakit hipertensi dan diabetes. Buah ini juga digunakan untuk racikan makanan kenari. Untuk Lovebird sendiri berkhasiat untuk menambah staminanya sehingga saat dia bisa memiliki tambahan tenaga dan kicauannya bisa semakin panjang.

Cara membuatnya sebagai berikut : Kita menggunakan 1/2 bungkus kemasan milet lovebird, 2 buah mengkudu yang sudah matang tandanya jika ditekan buahnya bertekstur lembek.

Tahap selanjutnya blender buah mengkudu dengan sedikit air, lalu tambahkan air panas mendidih. setelah itu saring dan buang ambas buahnya. Gunakan airnya untuk merendam milet.

Sortir milet caranya dengan rendam di dalam air buang yang mengapung yang bijinya kosong. lalu rendam milet di air mengkudu selama 2 sampai 5 jam. Buang air sisanya jemur sampai kering dan siap disimpan didalam toples rapat.

makanan-burung-lovebird

3. Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal berbeda dengan bawang putih biasa atau garlic yang biasa digunakan untuk masak ya kicau lovers. Bawang putih ini hanya memiliki satu siung setiap bonggolannya.

Dia memiliki khasian untuk menyembuhnya berbagai penyakit dan menambah daya tahan tubuh. Cara racikan pakan lovebird single fighter sama dengan bahan – bahan lain seperti jahe dan mengkudu.

Bagaimana bos cukup mudah bukan mendapatkan bahan dan membuat pakan lovebird sendiri ? semoga berhasil membuat jagoan anda memiliki durasi ekek yang panjang.

membuat-racikan-makanan-lovebird

Membuat Pakan Lovebird Konslet Sendiri

Burung lovebird menjadi salah satu burung kicau yang mudah dalam perawatannya. Dia tidak mudah stres dan tidak perlu diberikan bahan makanan hidup seperti Jangkrik, Ulat Hongkong maupun Kroto. Jenis makanan Lovebird dikategorikan dalam 2 jenis yakni makanan utama dan ekstra fooding. Untuk membuat burung peliharaan anda menjadi gacor dengan durasi ekek yang panjang.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Kelebihan Pleci Buxtoni, Harga, Gambar, Suara

Tentunya milet saja tidak cukup, harus diberikan makanan tambahan sebagai tambahan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya baik sebagai energi maupun kesehatan fisiknya.

Milet putih yang biasanya diberikan untuk makanan utama sudah banyak dijual dipasaran ada yang curah tanpa kemasan atau dijual kiloan, ada juga yang sudah diproduksi dengan formulasi khusus dengan berbagai merek. Ef untuk lovebird ternyata bisa kita racik sendiri dengan cara yang sudah di uji coba sebelumnya, berikut kami sajikan resep dan cara membuat pakan lovebird konslet sendiri.

Dan sama-sama kita ketahui ya, ada banyak banget ya pakan racikan yang menjanjikan kualitas bagus yang dijual di pasarannya, baik itu di tokopedia, lazada ataupun shoopie dan lainnya, namun apakah sudah terbukti dan cocok untuk burung lovebird kesayangan anda ?.

Harga yang ditawarkannya juga tidak murah ya, bisa mencapai 50 ribu bahkan ada yang ratusan ribu, tapi ingat mahal itu belum tentu menjamin bagus ya temen-temen.

Bahan Bahan Yg Diperlukan

Untuk bahan racikan pakan kenceng lovebird yang dibutuhkan bahannya kalian harus siapin pakan / biji milet putih 1 kilo ya teman-teman, biasanya itu harganya Rp20.000 karena ini udah udah bersih, walaupun milet ini kiloan tinggal siap pakai dan sudah biji terpilih lah ya,

nah untuk tambahan perbandingannya kalian bisa berikan juga 1 bungkus Phoenix perkutut, banyak kandungan vitamin yang bermanfaat pakan pakan Phoenix perkutut itu atau gold coin perkutut biasanya ada kandungan jahe ginseng, dan selain itu kalian juga harus siapkan vitamix kenari atau canaryseed pilihan terbaik ini ya.

Dari kemarin juga di kolom komentar banyak yang nanya kalau misalkan nggak ada vitamix pakai apa ya ?. Nah kalian juga bisa pakai jenis canaryseed seperti ebod canary pokoknya makan pakan untuk kenari ya, namun jika kalian cari vitamix ini di kios-kios pakan burung terdekat tidak ada jualannya ataupun stoknya habis, kan kalian bisa beli di toko online yang pasti banyak menawarkan segala macam jenis pakan burung disana.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Tengkek Buto Supaya Gacor Dor

dan jika kita liat sih ada beberapa perbedaan dari pakan canaryseed vitamix ini jenis merek lainnya ya, namun yang direkendasikan kalian menggunakan vitamix ini ya, biar hasilnya nanti ke burung agar lebih maksimal.

Selain itu tambahkan juga biji haver 1 kilo ya, karena manfaat dari biji haver ini sangat baik untuk melengkapi asupan nutrisi, mineral karena banyak mengandung asinan yang baik untuk burung lovebird kalian.

Cara Pembuatan Pakan Racikannya

Jika bahan-bahan sudah siap semua, kalian siapkan wadah / ember yang berkukuran sedang ya untuk mencapur satu persatu dari biji-bijian, yg pertama-tama masukan biji milet putih terlebih dahulu. baru kita masukan biji jewawut atau voer phoenix perkutut ataupun goldcoin nya,

Dan masukan juga biji canaryseed vitamix bersamaan dengan biji havernya, jika bahan-bahan sudah tercampur semua, lalu kalian aduk-aduk menggunakan tangan ataupun alat pengaduk seperti sendok atau yang lainnya, aduk biji racikan pakan tersebut hingga merata ya.

Nah racikan pakan ini aman pastinya jika kalian berikan untuk pakan hariannya, ya jadi tidak perlu takut burung akan over birahi, karena saya juga sudah pengalaman dan membuktikannya sendiri. Memang tidak langsung bereaksi ya, biasanya jika pemberian konsisten pakan racikan ini terlihat hasilnya selama 2 sampai 3 mingguan, nah burung balibu ataupun burung lapangan juga sangat di anjurkan untuk mengkonsumsinya ya, agar asupan sempurna yang dibutkan si burung lovebird tersebut tercukupi setiap harinya.

Oke itu saja tips singkat seputar membuat pakan lovebird sendiri yg bisa kalia coba praktekan dirumah untuk burung lovebird kesayangan kalian ya, semoga sukses dan kiranya dapat bermanfaat bagi para lovebird mania semua. Terima kasih.

baca juga : tips merawat lovebird agar ngekek panjang