Makanan Anak Pentet Biar Rajin Bunyi

Diposting pada

Halo kicau lovers membahas tentang burung kicau tentu tidak ada habisnya dan di artikel ini kita akan mengulas informasi tentang Makanan Pentet Biar Rajin Bunyi. Mau tahu informasi selengkapnya baca sampai habis ya gais.

Nama lain dari burung pentet ialah burung cendet. Burung jenis ini digemari dan dipelihara sebagai bahan materi isian untuk burung yang diturunkan ke arena perlombaan. Meskipun begitu ada juga yang memang hobi memeliharanya.

Perawatan burung cendet ini terbilang mudah, karena dia sudah memiliki kemampuan alami untuk gacor jadi tidak perlu terapi perawatan khusus supaya dia menjadi lebih rajin bunyi.

Hanya saja kita harus memperhatikan perawatan hariannya secara rutin dan baik serta asupan makanan dan minuman yang bernutrisi sehingga burung – burung ini bisa tumbah dengan baik dan mengeluarkan kicauannya.

Nah kalau kalian masih bingung apa saja makanan yang bagus supaya burung pentet rajin bunyi, terlebih bagi kalian yang masih pemula memelihara burung kicau. Dibawah ini ada beberapa jenis bahan pakannya.

burung-pentet

Jenis Makanan Supaya Burung Pentet Tambah Gacor

1. Voer

Karena dipelihara maka voer menjadi makanan pokoknya yang harus dikonsumsi setiap hari. bukan itu saja voer ini banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh seekor burung untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhannya.

Didalam voer terkandung protein yang baik, ada juga vitamin dan mineral. dan biasanya yang digunakan para kicau lovers untuk burung cendet ialah merek topsong karena kualitasnya baik dan harganya tidak terlalu mahal.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Cendet Yang Macet Bunyi

cara-merawat-cendet-harian

2. Jangkrik

Serangga kecil ini diberikan sebagai EF setiap harinya. Burung pentet sendiri memang sangat menyukai jangkrik sehingga wajib diberikan setiap hari. Pemberiannya 6 ekor per hari.

sebanyak 3 ekor waktu pagi setelah dimandikan dan 3 ekor lagi pada waktu sore menjelang dia istirahat. Jangkrik yang kita berikan untuk burung juga harus diberi makan ya gais supaya berisi sehingga sehat.

Kalau jangkriknya tidak diberi pakan sehingga tubuhnya kempet tentunya nutrisinya akan berkurang untuk burung. Bersihkan bagian yang keras seperti kaki dan sayapnya terlebih dahulu sebelum diberikan.

3. Kroto

Berbeda dengan Murai batu yang harus mengkonsumsi kroto setiap harinya. Pentet sebenarnya tidak terlalu suka dengan kroto tetapi karena di dalam kroto juga terkandung nutrisi yang baik.

Yang juga bisa membuat si burung lebih gacor maka kamu boleh memberikannya cukup 2 kali seminggu. Kalau terlalu banyak maka suhu tubuh burung akan turun sehingga dia akan ngebalon tubuhnya karena dingin.

4. Ulat Hongkong

EF yang satu ini bersifat panas atau akan mudah menaikan suhu tubuh sehingga tidak perlu diberikan setiap hari hanya pada beberapa saat tertentu saja saat musim dingin dan musing penghujan.

Atau disaat kalian ingin menaikan birahinya. Tetapi jangan terlalu banyak karena dikhawatirkan burung kesayangan kalian akan over birahi. Cukup berikan beberapa ekor saja maksimal 5 ekor sekali pemberian.

5. Ulat Kandang

Jenis ulat kandang ini memang jarang dijumpai di sebagian kios burung, sekalipun ada harganya akan lebih mahal dibandingkan ulat hongkong. EF ini bersifat panas bahkan lebih dari ulat hongkong.

Sebenarnya tidak direkomendasikan untuk pemberian rutin, hanya saja berguna ketika burung cendet kesayangan kalian dalam keadaan drop mental atau pentet yang masih bahan.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Jenis Burung Populer yang Lagi Ngetren di Indonesia

ulat-kandang

6. Cacing Tanah

Berbeda dengan Ulat hongkong dan ulat kandang yang bersifat panas, cacing tanah ini bersifat dingin dan juga baik di konsumsi karena mengandung protein dengan kadar yang tinggi.

Namun tidak boleh diberikan setiap hari untuk burung kicau, karena akan menurunkan birahinya. Terlebih untuk burung yang dalam perawatan tentu kita harus tahu akan memberikan pakan untuk menaik turunkan birahinya.

7. Belalang

Dialam bebasnya belalang menjadi salah satu jenis makanan kesukaannya, bahkan pentet juga cukup ahli dalam menangkap belalang yang ada ditempatnya instingnya cukup bagus.

Belalang juga mengandung kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan jangkrik. sehingga baik untuk memberikannya ke burung setiap hari tapi jangan terlalu banyak cukup 1 ekor perhari.

8. Daging Sapi Mentah

Karena pentet termasuk burung pemakan segalanya di alam liar dia juga memakan daging hewan lain dan juga anakan burung juga terkadang dimangsanya. tetapi karena proteinnya tinggi dan harganya cukup mahal

kalian cukup memberikannya 1 bulan sekali dipotong kecil-kecil karena kalau terlalu sering maka burung cendet kesayangan anda akan giras.

Gimana gais semoga informasi makanan pentet biar rajin bunyi ini dapat menambah wawasan kalian. semoga bermanfaat dan terimakasih sudah selalu setia membaca dan mengikuti artikel dari kami salam sukses selalu.