Makanan Favorit Jalak Bali

Diposting pada
Rate this post

Makanan Jalak Bali – Burung langka satu ini memang sangat menarik sehingga membuat para kicau lovers ingin sekali memilikinya. Namun sayangnya harganya memang sangat mahal karena jual belinya tidak sembarangan.

Tidak seperti jual beli burung kicau lain, untuk jalak bali dan beberapa jenis burung langka lainnya kalian harus memiliki sertifikat resmi saat memilikinya

karena kalau tidak itu ilegal dan melanggar hukum.

Untuk membudidayakannya juga harus mendapatkan sertifikasi dulu gais tidak sembarangan, jadi kalau kamu mau beternak jalak bali pastikan kamu memenuhi persyaratan yang berlaku ya.

Biasanya di kaki burung ada ring nya, kalau tidak memakai ring patut kalian curigai sebelum membeli bisa jadi itu hasil tangkapan liar.

Harga sepasang Jalak Bali mencapai 10 juta.

Selain langka yang menjadi daya tariknya ialah warna bulunya yang putih bersih dan pada bagian matanya berwarna biru terlihat sangat menawan.

Selain itu suara kicauannya juga sangat merdu.

Perawatannya hariannya hampir sama dengan merawat murai batu yang memerlukan ketelitian dan aturan waktu yang tepat mulai dari pengembunan sampai pemberian makanan yang baik dan yang disukainya.

Bagi kalian yang sudah memilikinya dan bingung apa saja yang bisa kalian berikan untuk makanannya, di artikel ini kita akan membasah makanan apa saja yang disukai burung jalak bali.

harga-jalak-bali

Beberapa Jenis Makanan Favorit Jalak Bali

Burung langka yang satu ini merupakan hewan omnivora yaitu bisa memakan hewan dan tumbuhan. Dialam liarnya dia memakan jangkrik, cacing, bahkan kecebong pun dia makan saat dia berada di tepian sungai.

Baca Terus Guys ! . . .  Inilah Keistimewaan Jalak Bali, Habitat, Makanan, Harga

Sedangkan untuk yang tumbuhan dia menyukai buah-buahan dan bijian juga seperti jambu biji, jagung, pisang dan pepaya. Selain itu dalam merawatnya sehari – hari kamu bisa menambahkan beberapa jenis makanan yang digemarinya.

1. Voer

Meskipun di habitat aslinya dia tidak memakan voer, tetapi tidak ada salahnya saat dipelihara kita ajari dia untuk mengkonsumsi makanan instan ini. Karena di dalamnya juga banyak terkandung zat-zat yang diperlukan tubuhnya.

Seperti Karbohidrat, protein dan mineral yang sudah disesuaikan komposisinya. Dalam memilih voer yang cocok atau tidak kita bisa melihat dari kotorannya.

kalau bagus dan tidak bermasalah tandanya cocok kalau kotorannya keras atau berair maka kamu harus mengganti dengan merek atau jenis voer yang lain yang banyak dijual di pasaran.

2. Jangkrik

Pastikan jangrik yang akan kalian berikan harus dalam keadaan sehat. Sebelumnya jangkrik harus diberi makan supaya dia berisi tidak kempet. Makanan untuk jangkrik bisa jagung, singkong atau sayuran lain.

Kepala dan kaki jangkrik juga harus dibuang dahulu yang gais supaya tidak merusak tenggorokan burung jalak kesayangan anda.

karena kalau kepalanya tidak di buang tentu jangkrik diberikan hidup-hidup.

Dikhawatirkan dia akan menggigit dan merusak tenggorokan burung jalan anda. Berikan kurang lebih 10 sampai 15 ekor per hari

dibagi beberapa waktu misal sehari 3 kali masing-masing 5 ekor begitu.

3. Kroto

Karena kroto juga memiliki kandungan protein yang baik, kami juga menyarankan untuk diberikan tidak perlu setiap hari mungkin satu minggu 2 sampai 3 kali saja karena kita sudah memberikan jangkrik.

Cara pemberiannya bersihkan dahulu kroto dari sisa-sisa semut besar yang mati atau hidup. Pilih yang masih segar tidak bau.

Baca Terus Guys ! . . .  Harga Pasaran Burung Jalak Putih

bisa langsung kamu taruh di cepuk pakan atau di campur dengan buah-buahan segar.

4. Buah-buahan

Karena dia juga sangat menyukai buahan jadi pastikan setiap hari kamu memberikannya buah dengan jenis yang diganti-ganti supaya dia tidak bosan.

Selain dia suka vitamin yang terkandung didalamnya juga sangat penting bagi kelangsungan hidupnya.

Jenis buah yang diberikan misalnya pepaya dengan dikupas dan dipotong kecil-kecil, boleh juga dicampur dengan kroto saat memberikannya, Pisang kepok atau ambon saat memberikan dikupas setengah

lalu disayat-sayat secara diagonal supaya dia mudah saat memakannya. selain itu jambu biji dan apel juga menjadi jenis buah kegemarannya.

makanan-jalak-bali-biar-gacor

Nah kicau lovers itulah tadi beberapa jenis makanan jalak bali yang baik dan menjadi favoritnya.

Semoga berhasil memeliharanya dengan baik ya selain makanan perawatan yang baik juga sangat penting.

Terimakasih sudah membaca artike ini semoga bermanfaat samal Pleci Mania.

baca juga : pasaran harga burung jalak bali