Makanan Burung Poksay

Diposting pada

Halo sobat kicau, kembali lagi masih tetap bersama blog resmi Pleci.ID, nah pada kesempatan pagi hari ini kami akan memberikan info tips seputar jenis makanan burung poksay, kira-kira apa saja ya pakan harian yang menjadi favorit burung yg satu ini agar selalu sehat, (fit) dan rajin berkicau setiap harinya.

Ada sekitar tujuh jenis atau lebih ya untuk burung poksay yang ada di indonesia, walaupun awalnya burung ini semua adalah hasil import atau kiriman dari negara luar, namun saat ini juga sudah banyak di budidaya di negara lokal nusantara kita, jadi tidak perlu khawatir, temen-temen masih bisa mendapatkannya di kios-kios penjual pasara burung atau langsung dari penangkarnya ya.

Nah untuk pemula dan baru saja ingin mencoba memelihara burung poksay tentu masih kebingungan ya cara memberikan makanan yang aman dan disukai oleh burung ini !. Maka dari itu kita akan ulas kembali secara detail ya di artikel ini :

Mengenal Jenis Makanan Asli Burung Poksay


Voer

Nah untuk makanan yang bagus untuk burung poksay adalah serangga kecil ataupun bisa kalian kasih juga pakan instan berupa voer (pur) ya temen-temen, nah merk voer untuk poksay yang sering saya gunakan biasanya adalah fancy gold ataupun topsong ya,

kalian bisa juga untuk mengikuti cara kami, atau jika ingin menggunakan jenis merk voer yang lainnya juga tidak masalah, asalkan burung doyan dan aman bagi kesehatan si burung tersebut ya.

Nah jika temen-temen baru saja mendapatkan atau membeli burung poksay ini dari ombyokan tentu sangat sulit dan butuh proses waktu untuk mengajari burung poksay kalian agar mau ngepur total ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Manfaat Mandi Pagi Sore Dan Malam Untuk Kacer

Kondisi burung yang sudah mau makan voer tentu berbeda ya, dengan jenis burung yang hanya full EF pakan serangga, menurut riset analisa para paksu, burung yang sudah mengkonsumsi voer tentu lebih mudah untuk mendapatkan asupan sumber protein ataupun nutrisi yg dibutuhkan dapat di serap dengan sangat baik ya, ketimbang burung yang belum mau ngepur ini.

makanan-alami-burung-poksay-mandarin

Serangga Kecil

Untuk jenis pakan serangga burung poksay menyukai jangkrik, keroto dan ulat hongkong ya temen-temen, namun dalam pemberian ulat hongkong harus perlu diperhatikan ya, cukup seminggu 1 – 2 kali saja dan itupun hanya 5 ekor saja dan tidak boleh setiap hari juga, dikhawatirkan bisa menyebabkan burung bisa katarak, gangguan pencernaan ataupun rontok bulu.

Namun untuk pakan tambahan berupa jangkrik wajib diberikan setiap hari, dan untuk kroto juga seminggu boleh 1 – 2 kali saja. Selain serangga para kicau mania juga sering memberikannya buah boni ya berbentuk bulat berwarna hitam, seperti buah beri ya, pemberian pakan buah EF ini setidaknya cukup 1 minggu sekali.

Tips Melatih Burung Poksay Agar Cepat Ngepur

Nah bagi temen-temen poksay mania yang kiranya burung poksay kesayangannya masih belum mau ngepur, kemungkinan baru beli dari ombyokan adalah hal yg wajar ya, karena si burung ini juga belum terbiasa memakan makanan instan,

Namun bagaimana cara melatihnya, ada banyak metode yang bisa kalian terapkan ya, dengan cara mencampurkan voer halus seperti leopard kuning ini dicampur dengan buah boni ataupun kroto ya, lakukan setiap harinya selama kurang lebih seminggu. Dan untuk porsi voer selalu ditambah dan ef kerotonya dikurangi setiap harinya untuk takaran perbandingannya ya.

Catatan :

Nah jika kalian sudah memberikan pakan yang berkualitas setiap harinya dengan teratur, konsisten tentu diyakini bakalan burung poksay kalian akan menjadi sehat, dan mudah sekali untuk gacornya ya.

Ya itu saja informasi yg bisa kami sampaikan tentang makanan burung poksay yg kiranya bisa berguna dan menambah wawasan para kicau mania semua, sukses selalu. Terima kasih.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merubah Setingan Kacer Lomba

baca juga info seputar : harga burung poksay