Makanan Burung Perkutut

Diposting pada

Makanan Burung Perkutut – Halo kicau lovers kembali lagi bersama kami pleci id yang selalu memberikan informasi menarik dan pastinya bermanfaat buat kalian para

penghobi burung kicau. Kali ini kita akan membahas makanan apa saja yang bisa diberikan ke burung perkutut kesayangan kalian.

Merawat burung dengan sebaik mungkin tentunya harus kalian lakukan setelah memutuskan untuk memeliharanya, hal ini wajib hukumnya karena kalau tidak kasihan sekali bukan burungnya.

Dengan perawatan yang baik tentunya akan menghasilkan burung kicau yang berkualitas pula membuat dia semakin sehat dan semakin gacor suara kicauannya tentunya hal ini akan menjadikan nilai jualnya bertambah juga bukan.

Nah untuk mmembuatnya sehat dan gacor selain dilakukan perawatan harian mulai dari pengembunan, pemandian hingga pemasteran disini kalian juga harus memperhatikan asupan makanannya juga.

Nah buat kalian para pecinta burung perkutut dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang dimakan perkutut serta manfaatnya bagi tubuh burung itu sendiri. Apa saja yuk baca selengkapnya :

Jenis Makanan Burung Perkutut

1. Millet

Milet merupakan bijian dari tanaman semak yang berasal dari luar Indonesia, biasanya berwarna putih, kekuningan ada juga milet yang berwarna merah. Bijian ini merupakan makanan utama yang digunakan sebagai sumber energi si burung.

Namun pemberian milet juga harus sesuai kebutuhan ya gais, jangan berlebihan karena dikhawatirkan perkutut kesayangan kalian akan kelebihan berat badan sehingga dia sulut bergerak dan enggan berkicau.

Baca Terus Guys ! . . .  Manfaat Mandi Pagi Sore Dan Malam Untuk Kacer

membuat-makanan-burung-perkutut

2. Ketan Hitam

Meskipun harga dipasaran cukup mahal namun ketan hitam memiliki fungsi yang baik sebagai penghangat tubuh burung anda. sehingga pemberiannya juga harus pada musim dingin atau musim hujan.

Supaya menjaga kestabilan suhu tubuhnya, jangan diberikan terlalu banyak karena takutnya suhu tubuhnya panas sehingga dia akan mencabuti bulunya supaya lebih stabil jadi lebih baik ditakar menggunakan sendok supaya pas porsi pemberiannya.

3. Kacang Hijau

Karena kacang hijau memiliki banyak protein yang baik apalagi untuk burung yang masa pertumbuhan buat yang masih anakan ini sangat bermanfaat supaya dia cepat tumbuh besar dan berat badannya juga bertambah.

Karena dia keras dan ukurannya cukup besar sehingga pemberiannya juga biasanya langsung diloloh atau disuapi langsung tidak dimasukan kedalam cepuk makanan.

Sebelum diberikan ke burung kacang hijau terlebih dahulu direndam selama 8 jam supaya lebih lunak dan mudah dicerna.

4. Beras Merah

Bahan makanan ini memiliki kualitas yang sangat baik karena mengandung Vitamin E dan B kompleks yang berguna untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh

supaya tidak mudah terkena penyakit yang disebabkan bakteri dan kotoran di kandangnya.

Selain itu beras merah sangat baik diberikan ketika perkutut memiliki birahi tinggi dan sedang di ternakan karena bisa meningkatkan kesuburan sehingga menghasilkan telur yang banyak.

jenis-makanan-burung-perkutut

5. Gabah

Gabah cukup bagus digunakan untuk makanan utama hariannya, karena meskipun mengandung protein dan karbohidrat seperti pada milet tetapi gabah juga memiliki kandungan serat yang tinggi.

Sehingga apabila perkutut memakannya dalam jumlah banyak kalian tidak perlu khawatir burung kesayangan anda akan mengalami kelebihan berat badan karena gabah tidak akan menyebabkan berat badan yang berlebihan.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Memilih Anis Merah Trotolan Yang Bagus

6. Jewawut

Jika dilihat sekilas jewawut hampir sama bentuknya dengan milet kecil dan bulat hanya saja jewawut berwarna orange dan bentunya juga sedikit berbeda apabila kita perhatikan baik-baik.

Sebagian besar pemilik perkutut menggunakan jewawut sebagai pakan utama karena dipercaya bisa membuat burung perkutut menjadi cepat gacor.

selain itu jewawut ini juga dapat mempercepat proses pertumbuhan burung.

7. Sorgum

Jenis pakan yang satu ini memang kurang dikenal oleh para perkutut lovers karena memang jarang sekali dipergunakan.

namun di penangkaran perkutut sorgum ini diberikan dan berguna untuk mempercepat pertumbuhan burung.

Tetapi kekurangan dari sorgum apabila pemberiannya kebanyakan bisa membuat tubuh perkutut menjadi gemuk dan merusak suara kicauan dari si burung itu sendiri jadi harus hati-hati dalam takaran pemberiannya ya gais.

biji-sorgum

8. Enceng – enceng

Salah satu jenis tumbuhan yang memiliki nama lain orok-orok ini bisa juga dijadikan makanan untuk burung perkutut tetapi yang diberikan hanya bagian bijinya saja.

Tidak selalu digunakan biasanya dalam keadaan tertentu saja apabila saat suaranya serak atau cuaca sedang dingin. Berfungsi sebagai penghangat tubuh dan menghangatkan tenggorokannya.

9. Biji Sawi

Biji sawi memiliki kandungan nutrisi yang baik dan diperlukan untuk burung diantaranya karbohidrat, lemak, protein Vitamin A, Vitamin E dan Vitamin K serta masih ada mineral lain didalamnya.

Manfaat Biji sawi juga bisa menghangatkan tubuh burung dikala suhu menurun seperti saat musim hujan datang. Tetapi biji sawi tidak sering diberikan hanya sesekali pada kondisi tertentu saja.

10. Tulang Sotong

Tulang sotong atau yang disebut asinan ini banyak juga dijual di kios burung, bahan pakan ini mengandung kalsium tinggi, garam magnesium dan juga sodium klorid.

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Burung Sikatan Londo

cara pemberiannya juga cukup mudah gantung saja di dalam kandangnya dan juga awet tidak perlu setiap hari diganti.

Nah kicau lovers itulah tadi beberapa jenis makanan burung perkutut beserta kegunaannya yang bisa kalian jadikan acuan sebelum memberi makan burung perkutut kesayangan kalian.

Semoga informasi ini menginspirasi anda kami ucapkan terimakasih banyak salam sehat dan sukses selalu.