Makanan Burung Pelatuk

Diposting pada

Makanan Burung Pelatuk – Halo kicau lovers kembali lagi bersama kami yang akan memberikan informasi penting buat kalian pecinta burung pelatuk. Pelatuk merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keunikan sehingga menjadi incaran saat ini.

Burung ini termasuk tipe burung pemanjat seperti burung jalak, dia memiliki paruh yang lurus kuat dan tajam yang berfungsi untuk mematuk-matuk kayu untuk mencari serangga untuk makanannya di dalam pohon.

Ada beberapa jenis burung pelatuk seperti pelatuk seperti pelatuk hijau, sayap merah, pelatuk padi, muka kelabu dan beberapa jenis lainnya yang tersebar di beberapa negara di dunia ini.

Meskipun berbeda jenis tetapi makanan mereka tetaplah sama yaitu serangga kecil di sekitarnya. Si woodpecker ini memiliki suara kicauan yang unik suaranya nyaring dan karakternya kuat.

Bahkan pelatuk yang saya pelihara terkadang kicauannya mengagetkan orang yang berkunjung ke rumah karena hampir mirip dengan suara tertawanya mba kunti hehehe.

Harga seekor burung pelatuk cukuplah mahal untuk yang masih bahan bisa dijual dengan harga Rp350.000 sampai Rp500.000 apa lagi yang sudah gacor pastilah lebih mahal.

Untuk membuatnya gacor kita harus melakukan perawatan harian sebaik mungkin dan didukung dengan asupan nutrisi makanan yang diperlukan tubuhnya supaya dia berkembang dengan baik.

harga-burung-pelatuk

Nah di artikel ini kita akan membahas makanan apa yang bisa kita berikan keburung pelatuk peliharaan kita dan takarannya yuk baca informasi selengkapnya :

Beberapa Jenis Makanan Burung Pelatuk

1. Kroto

Seperti yang kita ketahui kroto ini merupakan sumber protein yang baik untuk burung kicau. Tak hanya pelatuk, banyak burung kicau pemakan serangga lain yang memakannya sehingga tidak asing lagi bagi kalian tentunya.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor

Disebagian daerah ada yang menyebutnya juga sebagai telur semut, karena memang dia merupakan larva dari semut rang-rang sehingga para pemburu kroto harus mencarinya setiap hari kedalam hutan untuk dipasok ke kios atau pasar burung.

Tak heran harganya cukup mahal. Pemberian kroto untuk makanan harus dalam kondisi yang fres tidak basi, karena dalam jangka waktu tertentu dia akan bau itu tandanya larva semut sudah membusuk dan tidak layak dijadikan pakan burung.

Supaya hasilnya lebih baik sebelum diberikan ke burung kalian harus membersihkannya terlebih dahulu atau memisahkan dari semut-semut yang sudah mati sehingga tidak membuat burung terganggu kesehatan tenggorokannya.

Berikan kroto setiap hari cukup 1 sendok makan perharinya jangan terlalu banyak kecuali jika burung kalian hanya mengkonsumsi full kroto tanpa voer tentu porsinya lebih banyak.

2. Ulat Hongkong

Ekstra fooding lainnya ialah ulat hongkong. Kalian tidak perlu panik karena mendapatkan ulat ini tidak perlu jauh-jauh ke hongkong karena sudah banyak dijual di kios-kios dan pasar burung tentunya.

Ulat hongkong ini juga sebagai sumber protein namun efek sampingnya bisa membuat suhu tubuh burung naik sehingga pemberiannya tidak boleh terlalu banyak cukup 2 sampai 3 kali seminggu.

Jumlah pemberian sebenarnya sesuai dengan kebutuhan burung. Tetapi saya sarankan maksimal 5 ekor untuk setiap pemberian karena kalau burung anda naik suhunya dia akan mogok berkicau atau naik birahinya.

anakan-pelatuk-beras

3. Jangkrik

Jenis serangga kecil ini memang dipercaya bagus untuk dikonsumsi burung kicau bahkan diyakini bisa membuat burung peliharaan kalian semakin gacor. Tentu saja ini benar karena kandungan proteinnya juga tinggi.

Sama halnya dengan EF alinnya seperti kroto dan ulat hongkong, pemberiannya juga tidak boleh berlebihan. Jika kamu memberikan kroto setiap hari maka jangkrik yang kamu berikan ke burung cukup 3 sampai 4 ekor saja.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Perawatan Kacer Giras Untuk Lomba Agar Stabil Dan Juara

Tetapi jikalau tidak diberikan kroto hanya jangkrik saja sebagai EF tentu bisa ditambah lagi jumlahnya bahkan mencapai 15 ekor jangkrik perharinya di bagi menjadi 3 waktu memakannya misalnya pagi, siang dan sore.

4. Voer

merupakan makanan utama untuk burung yang dipelihara, karena dia lebih praktis diberikan. Voer dibuat dengan komposisi yang juga dari jangkrik,kroto dan ulat hongkong.

Dengan ditambah dengan beberapa bahan lain yang melengkapi kandungan nutrisinya. Sehingga voer tidak hanya mengandung protein juga mengandung karbohidrat vitamin serta mineral.

Dikarenakan banyaknya merek dan jenis voer dipasaran kamu harus pintar memilih voer yang cocok untuk burung pelatuk peliharaanmu. Ada beberapa merek yang biasa digunakan seperti Topsong Goldcoin dan lain lain.

Itulah gais semoga informasi seputar makanan burung pelatuk ini bermanfaat ya buat kita semua pecinta burung kicau, semoga berhasil menjadikan pelatuk kesayanganmu menjadi gacor salam kicau lovers.