Makanan Favorit Burung Nuri

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Halo temen-temen kicau mania di indonesia, kembali masih bersama situs resmi pleci.id yang dimana dikesempatan kali ini kami akan berbagi tips sharing pengalaman seputar makanan burung nuri, nah bagi kalian yang masih awam terutama dari segi rawatan dan pemberian pakan hariannya untuk jenis burung cantik paruh bengkok ini tentu harus menyimak pembahasan artikel ini sampai tuntas ya biar nggak pada gagal paham

Burung nuri ini merupakan tipe burung paruh bengkok yang memiliki tubuh yang lebih besar dari pada jenis burung pada umumnya, serta mempunyai kemampuan yg sangat istimewa, karakter nya yang cerdas dan mudah jinak tentu menjadi dambaan bagi para penghobi atau perawat burung rumahan ya, agar ada yang nemenin dalam hal beraktifitas dan bermain. Oke kita langsung aja ke topik tentang apa saja makanan burung nuri ?.

Makanan Dan Minuman Burung Nuri


Pakan Buah-Buahan

Untuk jenis makanan burung nuri agar cepat bicara dan sangat banyak mengandung vitamin dan sangatlah digemarinya adalah buah-buahan ya temen-temen, kalian bisa memberikan pakan buah seperti pear, apel merah, pisang ataupun pepaya, cara pemberiannya bisa di selang seling ya biar si nuri kesayangan kalian itu tidak mudah jenuh untuk mengkonsumsinya,

misalkan di hari senin kita kasih buah pepaya, kemudian pada hari rabu nya menu buah nya bisa berupa apel merah dan hari sabtunya kita kasih pisang / buah pear juga boleh ya, tapi ingat ya, dalam hal memberikan pakan buah yang memiliki biji, tentu harus kalian bersihkan terlebih dahulu, dikhawatirkan biji-biji an dari buah tersebut dapat mengganggu proses pencernaan burung nuri kalian jika biji nya sampai ter makan.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Ciri Burung Nuri, Makanan dan Harganya

makanan-burung-nuri-agar-cepat-bicara

Pakan Biji-Bijian

Selain buah tentu ada biji-bijian ya, untuk jenis biji yang aman diberikan / dikonsumsi untuk jenis burung nuri adalah seperti biji milet, biji bunga matahari atau istilah kita kenal itu kuaci ya temen-temen, biji buah ketapang, kacang-kacangan serta jagung muda manis dan segar juga bisa kita berikan untuk si nuri tersebut,

sama-sama kita ketahui ya manfaat dari pakan biji ini bisa membuat si burung tentu akan lebih sehat, karena asupan pakan hariannya seperti mineral, zat besi dan anti oksidan nya juga sangat baik untuk meningkatkan dan menjaga kesetabilan daya tahan tubuh nya agar tidak mudah terkena penyakit.

Akan tetapi jeni pakan biji ini bukan untuk pakan harian ya, melainkan sifatnya hanya menjadi makanan tambahan EF saja bagi si burung nuri kalian.

jenis-makanan-burung-nuri

Pakan Sayur-Sayuran

Untuk jenis sayur yang paling disukai oleh burung nuri ini seperti : kentang, brokoli, wortel dan kangkung ya, nah cara memberikannya boleh 2 – 3 kali sehari ya, kita bisa kombinasikan dengan jenis pakan buah ataupun biji-bijian ya,

nah untuk manfaat dari sayur itu sendiri tentu banyak sekali ya, salah satunya memiliki kandungan serat alami yang sangat baik bagi si burung ya. Tujuan pemberian sayur ini agar dapat membantu melancarkan proses pencernaan si burung serta tidak mudah lesu dan kekurangan gizi ya temen-temen.

Selain sayuran burung nuri ini juga sangat menyukai umbi-umbian ya, kalian bisa memberikan jenis ubi jalar ataupun ketela rambat ya, karena kandungan dari ubi jalar itu sendiri banyak mengadung serat, vitamin dan karbohidrat bisa juga digunakan sebagai alternatif penggantin pakan sayur-sayuran tadi ya.

apa-saja-makanan-burung-nuri

Pakan Bubur Susu Sereal

Nah selanjutnya disini ada jenis pakan instan dan praktis ya, yang sering di pakai untuk memberikan pakan bayi, yaitu bubur yang direkomendasikan oleh kami adalah merk SUN ya temen-temen, karena sudah terbukti dan banyak para hobiis pemeliharaa burung nuri ini hampir semua rata-rata sudah pernah mencoba dan memberikan bubur sun ini untuk nuri kesayangannya, tentu yang pastinya aman dan burung menjadi sehat dan gacor ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mencari Setingan Kacer Yang Pas

Selain untuk jenis burung nuri yang masih bahan, anakan atau piyikan tentu bisa dijadikan sebagai referensi untuk pakan lolohan ya, dan bisa juga dikasihkan untuk burung nuri yang sudah dewasa.

makanan-untuk-burung-nuri

Minum Susu

Selain 4 jenis pakan diatas yang telah dijelaskan, sekarang minuman yang bagus untuk burung nuri selain air putih / mineral ini adalah susu ya temen-temen, kalian bisa menggunakan susu bubuk yang banyak dijual di warung ataupun minimarket ya baik yang sasetan, ataupun yang kotakan untuk piranti stok juga boleh ya,

nah contoh disini merk dancow yang berwarna putih ya, ingat susu putih ya jangan susu yang coklat. Burung nuri ini sangat sekali meminum susu putih, dan jika kita memberikan susu yang coklat di khawatirkan burung bisa mencret ya atau terganggu proses pencernaannya jika mengkonsumsi susu rasa coklat ini.

makanan-dan-minuman-burung-nuri

Oke jadi itu saja tips yang bisa kami bagikan seputar makanan burung nuri semoga bisa menambah pengetahuan temen-temen pemula dan pencinta burung nuri ya, agar selalu maksimal dalam hal pemberian rawatan ataupun makanan yang berkualitas. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : daftar harga harga burung nuri