Tips Makanan Burung Kenari Agar Selalu Sehat dan Gacor

Diposting pada

Bagi para pemula, pastinya merasa kebingungan bagaimana caranya agar burung Kenari bisa gacor dan selalu berada dalam kondisi yang sehat. Salah satu hal yang paling krusial untuk diperhatikan yakni makanannya. Layaknya aves kicau pada umumnya, makanan burung Kenari pun sangatlah beragam dan memiliki fungsi tertentu guna memenuhi nutrisinya. Simak ulasannya.


Jenis Pakan Untuk Burung Kenari Agar Selalu Sehat dan Gacor

1. Telur Puyuh

Selain bermanfaat bagi kesehatan manusia, ternyata telur puyuh pun memiliki beragam manfaat untuk burung kicau satu ini. Hal ini tak lain karena telur puyuh mengandung nutrisi yang cukup lengkap dan sangat baik untuk perkembangan otak burung Kenari. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah menangkap beragam suara masteran burung lainnya sebagai bahan pelatihan.

Telur puyuh pun dipercaya memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sebagai sumber tenaga guna membuat Kenari tampil lebih maksimal di setiap kontes kicau. Jadi tak heran jika banyak sekali jenis aves satu ini yang memenangkan perlombaan perkara telur puyuh. Meski memiliki manfaat yang banyak, burung cantik satu ini pun tetap harus diberikan sayuran agar nutrisinya seimbang.

telur-puyuh

2. Buah Apel

Mungkin buah apel menjadi salah satu makanan yang tidak asing lagi bagi para kicau mania. Hal ini lantaran buah berwarna merah ini kerap kali menjadi pakan bagi burung kicau termasuk Kenari. Kabarnya, jika buah apel mampu meningkatkan kemampuan gacor serta keaktifan dari burung yang memiliki nama latin Serinus Canaria ini di setiap ajang perlombaan.

Tak ayal bila banyak sekali kicau mania, memanfaatkan makanan burung Kenari ini sebagai EF menjelang lomba lantaran memiliki efek yang cukup cepat dan terbilang stabil. Agar bisa merangsang suara kicaunya, buah apel pun diperlakukan layaknya makanan burung pada umumnya yang mana harus diberikan sesuai karakter dari masing masing jenis Kenari.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mudah Mengatasi Burung Stres Dijamin Ampuh

Karena buah satu ini memiliki rasa masam yang tinggi, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan serta perkembangan burung kicau satu ini. Bukan hanya itu saja, rasa masam tersebut pun sangat berkhasiat untuk melegakan tenggorokannya agar bisa berkicau dengan lantang. Cara penyajiannya pun terbilang mudah yakni potong apel dan letakkan di dalam kandang.

buah-apel

3. Kroto

Sebagaimana yang telah diketahui, jika kroto kerap kali disajikan sebagai pakan untuk beragam jenis burung. Namun apakah anda tahu, ternyata makanan satu ini sebetulnya hanya diperuntukkan pada jenis burung tertentu saja termasuk burung Kenari. Karena kroto pun, banyak sekali kicau mania yang berhasil mengorbitkan Kenari ke kontes nasional.

Dimana tidak sedikit para kicau mania yang rutin memberikan kroto seminggu sekali dan diselingi dengan pemberian buah apel dan sayuran agar seimbang. Sejatinya kroto memiliki beragam manfaat yang tak jauh berbeda dengan burung kicau lainnya, yakni membuat Kenari lebih aktif untuk berkicau, kondisinya selalu sehat, dan fisiknya menjadi lebih kuat.

Makanan burung Kenari satu ini sangat perlu diberikan sedari kecil. Pasalnya, terdapat beberapa jenis dari aves sau ini yang tidak menyukai kroto lantaran kurang terbiasa mengonsumsinya. Sebelum disajikan, alangkah baiknya untuk memastikan jika kroto masih segar. Kemudian letakkan kroto pada wadah kecil atau langsung taburkan di dalam sangkarnya.

kroto

4. Niger Seed dan Fumayin

Niger seed dan fumayin menjadi salah satu pakan terbaik yang bisa diberikan untuk burung kicau populer ini. Dimana makanan satu ini merupakan biji bijian yang mengandung beragam nutrisi seperti protein, mineral, lemak, hingga karbohidrat. Menjadi salah satu makanan favorit burung Kenari, niger seed memang memiliki khasiat guna menambah birahi agar bisa berkicau dengan lantang.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Mewawat Kenari Agar Gacor Serta Ngerol Panjang

Selain membuat Kenari lebih gacor, makanan satu ini pun dipercaya mampu memberikan stamina tambahan, percepat pertumbuhan bulu, tingkatkan performanya di lapangan, serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hebatnya lagi, niger seed juga bisa menghangatkan tubuh dikala musim penghujan tiba dan untuk menstabilkan metabolismenya.

Untuk itu, anda bisa memberikan niger seed dan fumayin ini sebagai menu setiap hari mulai dari pagi, siang, maupun malam hari. Namun harus diperhatikan pula porsi yang diberikan serta diiringi dengan makanan burung Kenari yang bergizi lainnya. Semakin sering pemberian niger seed, bisa dipastikan kondisi aves cantik ini akan selalu sehat dan kemampuan gacornya meningkat.

niger-seed

5. Campuran Biji Bijian

Mungkin sebagian besar orang telah mengetahui jika makanan burung kicau mayoritas biji bijian. Hal ini tidak lain lantaran paruhnya yang kecil sehingga ia menyukai biji bijian. Bahkan makanan satu ini pun diklaim mampu meningkatkan kemampuan berkicau serta kesehatannya. Dimana makanan satu ini hanya perlu disajikan dengan mengkombinasikan beragam biji bijian.

Mulai dari biji kenari, milet merah, milet putih, egg food, atau bijian lainnya. Perlu anda ketahui, jika campuran biji bijian pun dipercaya memiliki beragam khasiat pada burung kicau nan cantik ini yakni diantaranya, menjaga vitalitas kicauan agar tidak cepat lelah, memperbaiki sistem pencernaan, dan meningkatkan volume suara agar terdengar lebih lantang dan nyaring.

Agar bisa mengetahui kualitas dari biji bijian, anda perlu memeriksanya dengan cara merendamnya di air bersih selama beberapa saat. Jikalau biji tersebut tenggelam dengan kulit yang terkelupas dan warnanya berubah menjadi keabu abuan, maka bisa bisa dipastikan bila biji tersebut memiliki kualitas yang bagus untuk diberikan kepada aves dengan suara kicau lantang satu ini.

bijian-makanan-kenari

6. Daun Mengkudu Muda

Salah satu tumbuhan yang kerap menjadi pakan paling digemari oleh burung kicau satu ini yakni daun mengkudu muda. Makanan burung Kenari ini diklaim memiliki kandungan senyawa yang mampu untuk mengatasi serak tenggorokan pada berbagai jenis burung kicau termasuk Kenari. Dengan mengkonsumsinya, bisa dipastikan suara kicauannya akan terdengar lebih jernih dan lantang.

Baca Terus Guys ! . . .  Ciri Ciri Burung Kacer Siap Lomba

Untuk penyajian daun mengkudu muda ini tidak terlalu sulit, dimana anda hanya perlu memetik beberapa helai daun yang dibutuhkan. Selanjutnya mencucinya dengan air hingga kotoran yang menempel padanya hilang. Usai itu, taruh daun mengkudu muda di dalam kandangnya. Sewaktu memetik daunnya, usahakan untuk memilih daun yang masih bagus agar bisa dicerna dengan baik.

daun-mengkudu

7. Ulat Hongkong

Ulat hongkong menjadi makanan terakhir yang kerap dikonsumsi oleh aves kicau primadona ini, yang mana dipercaya memiliki kandungan protein hingga 48 persen. Karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi inilah, tak heran jika banyak kicau mania lebih memilih gunakan ulat hongkong sebagai pakan andalan untuk burung peliharaannya terutama Kenari.

Akan tetapi, pemberian ulat hongkong yang berlebihan pun akan membuat burung kicau satu ini menjadi terlalu gemuk sehingga tidak bisa lincah bergerak. Untuk itu, diperlukan penyajian yang tepat dan tidak sembarangan. Makanan burung Kenari ini pun harus disajikan dalam kondisi mati dengan cara merendamnya di dalam air hangat terlebih dahulu selama beberapa menit.

ulat-hongkong

Terkenal sebagai salah satu burung kicau yang paling tersohor di kalangan pencintanya, Kenari memang memiliki penampilan yang sangat memukau. Selain itu, suara kicauannya yang sangat khas dan bervariasi pun mampu membuat siapa saja yang mendengarnya menjadi jatuh hati kepadanya. Sebetulnya, perawatan burung ini tak terlalu sulit namun diperlukan pula perhatian khusus masalah makanannya.