Makanan Burung Jalak

Diposting pada

Halo kicau lovers kembali kita akan mengulas informasi seputar burung kicau, kali ini tentang Makanan Burung Jalak. Ada beberapa jenis burung jalak mulai dari Jalak bali, jalak suren dan jalak kebo.

Meskipun berbeda secara fisik baik itu ukuran tubuh dan warna bulunya namun secara umum makanan yang mereka konsumsi sama jenisnya. Karena mereka termasuk burung pemakan Serangga.

Tetapi mengapa kita pernah menemukan jalak suren yang memakan pisang kepok ? Jadi harus kalian ketahui ada beberapa jenis bahan makanan yang bisa dimakan oleh burung jalak.

Jenis Makanan Burung Jalak Dan Manfaatnya

Meskipun memakan serangga ternyata jalak-jalan an ini juga memakan buah-buahan segar kadang juga memakan bijian di alam liarnya, tentunya ini untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya.

Inilah beberapa buah dan serangga yang dikonsumsi dan apa saja manfaatnya :

1. Buah Apel

Apel mengandung banyak vitamin yang diperlukan tubuh, didalamnya terkandung Kalori, air, vitamin c, kalsium, fosfor, natrium, Vitamin A, vitamin b2 nutrisi lain yang bermanfaat.

Buah yang biasanya diberikan ke burung apel washington berwarna merah atau apel fuji yang merah tidak apel malang hijau. Bukan tidak baik karena apel malang teksturnya lebih keras dan asam sehingga kurang disukai burung.

Selain itu apel juga mengandung antioksidan bagus untuk tubuh burung terlebih yang sering terpapar debu karena digantung di depan rumah atau diturunkan ke arena perlombaan.

makanan-burung-jalak-suren

2. Pisang Kepok

Jenis pisang ini memang banyak diberikan untuk makanan burung, bukan karena jenis pisang lain tidak bisa diberikan hanya saja pisang kepok memiliki rasa manis dan teksturnya juga lebih padat.

Baca Terus Guys ! . . .  Berapa Lama Konin Ijoan Jadi Metalik

Kalau pisang lain teksturnya lebih lunak sehingga kurang disukai burung kicau. Didalam sebuah pisang kepok mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, magnesium, kaliaum, zat besi dan vitamin a dan c.

Manfaatnya untuk burung ialah membuat tulang – tulangnya menjadi kuat sehingga ketika berdiri di tangkringan posturnya menjadi tegap karena kakinya kuat dan cengkramannya kuat.

Selain itu membuat burung menjadi sehat terlihat dari sorot mata dan pencernaannya baik.

3. Pepaya

Buah pepaya juga banyak diberikan ke burung jalak, karena didalamnya ada serat yang baik untuk pencernaannya selain itu terkandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuhnya.

Berikan pepaya yang siap makan, jangan terlalu keras dan tidak terlalu lunak. Pemberian dengan digantung di kandangnya dan waktunya maksimal 10 jam langsung diganti yang baru karena akan dihinggapi rengi.

tentunya akan membuat burung di kandang menjadi tidak nyaman.

4. Voer

Voer merupakan asupan makanan utama bagi burung jalak dalam perawatan, didalam voer terkandung protein, vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan tubuhnya.

Pemberian voer juga harus yang sesuai dengan kebutuhan burung jalak peliharaanmu, karena dipasaran sudah banyak diproduksi bermacam-macam voer yang berbeda tekstur dan kandungan di dalamnya.

Jadi kita harus pintar memilih voer mana yang cocok karena kalau tidak cocok dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan pencernaannya. Untuk mengetahuinya kamu bisa memperhatikan kotorannya.

makanan-burung-jalak-kebo

5. Jangkrik

Serangga kecil ini mengandung banyak protein sehingga baik untuk dikonsumsi setiap hari. Pemberiannya tidak perlu terlalu banyak cukup 3 sampai 5 ekor perhari atau sesuai kebutuhan burung.

Karena ada burung kicau yang bisa mengkonsumsi 10 ekor jangkrik perharinya tanpa efek over birahi. Sebelum diberikan keburung bersihkan bagian yang keras supaya tidak merusak tenggorokan dan pencernaannya.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Jalak yang Ada di Indonesia

6. Kroto

Larva semut ini menjadi Ef yang wajib dikonsumsi oleh burung kicau pemakan serangga karena memang diyakini bisa membuat burung kicau anda menjadi semakin gacor saja.

Ternyata saat ini kroto tidak hanya di cari secara alami di hutan atau di pepohonan tetapi saat ini sudah banyak peternak kroto karena permintaan setiap harinya semakin bertambah saja.

Pemberiannya juga harus sesuai takaran apabila dia memakan voer dan jangkrik, kroto yang diberikan cukup 1 sendok makan perhari.

Nah kicau lovers itulah tadi beberapa jenis makanan burung jalak yang bisa kita berikan ke burung kesayangan kita, semoga menambah pengetahuan kita dibidang hobi burung kicau ini.

Terimakasih sudah selalu setia membaca artikel-artikel pleci id semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan kesuksesan serta dilindungi dan wabah penyakit yang menimpa negeri kita ini.