Makanan Utama Burung Cucak Ranting

Silahkan Temen-Temen Share Ya.. Terima Kasih

4.5/5 - (2 votes)

Halo sobat kicau mania nusantara, kembali lagi masih bersama situs resmi pleci yg dimana di kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar makanan burung cucak ranting, nah bagi temen-temen yg masih pemula dan baru saja membeli dan ingin merawat cucak ranting / cucak rante kesayangan nya agar selalu sehat dan gacor, tentu harus tahu bagaimana memberikan makanan yang baik untuk burung tersebut ya.

Banyak dari temen-temen pemula yg menyepelekan masalah pemberian pakan hariannya, sangking terlalu apa istilah nya itu, menggampangkan ya, memberikan pakan asal-asalan atau serampangan tentu akan membuat kondisi burung cucak ranting ini sangat rentan sekali dengan drop dan mudah sakit dan yg lebih parahnya lagi bisa mati ya temen-temen,

nah maka dari itu kita harus perhatikan asupan pakan hariannya baik itu voer, buah dan serangga atau EF (ekstra puding) yang bisa mencukupi asupan gizi, vitamin, mineral yang dibutuhkan si cucak ranting kalian ya.

voer-cucak-rante

Apa Saja Makanan Yang Baik Untuk Cucak Ranting ?


Pakan Harian Burung Cucak Ranting

Untuk pemberian pakan voer cucak rante tentu sangatlah bagus ya, biasa para senior cucak ranting ini memberikan voer kasar yang memiliki kandungan protein dan nutrisi yang seimbang / standar antara 17 – 18 % saja ya, dan asupan lainnya di dukung dengan pemberian EF seperti buah-buahan dan serangga.

Untuk makanan setiap harinya kalian wajib memberikannya jangkrik ya, nah alangkah lebih bagus nya jangkrik yang baru kalian beli dari kios burung jangan langsung dikasihkan ke burung cucak ranting kalian, sebaiknya jangkrik ini kalian kasih pakan terlebih dahulu boleh memberikannya voer halus ataupun dedaunan seperti daun singkong, daun pepaya, dan jenis daun yang banyak memiliki asupan gizi yang baik ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Cepat Merawat Lovebird Mabung

Jika jangkrik ini mengkonsumsi pakan yang berkualitas, dan si jangkrik tersebut kita berikan kepada burung tentu secara tidak langsung burung yang mengkonsumsinya akan menerima asupan gizi yang baik juga ya.

Selain jangkrik kalian bisa memberikannya keroto segar, ulat kandang atau ulat hongkong juga boleh ya, buah pisang dan pepaya. Nah dari jenis makanan ini tentu menjadi sumber tenaga yang sangat bagus untuk burung kalian ya agar selalu VIT dan cepat gacor dor.

Setingan Pakan Harian Dan Multi Vitamin

Nah jika kalian sudah tahu apa saja sih jenis pakan harian untuk burung cucak ranting, maka langkah selanjutnya disini akan kita jelaskan juga porsi atau takaran yang tepat untuk burung cucak ranting temen-temen agar menjadi rajin bunyi ya.

Untuk EF jangkrik kalian kasihkan 10 ekor di waktu pagi hari sekitar jam 5 sebelum burung di keluarkan dari rumah untuk di embunkan ya, dan setelah selesai memandikan dan menjemur burung, bulu sudah nampak kering, cucak ranting kalian angin-anginkan, kasihkan kembali EF ulat kandang sebanyak 1 sendok makan beserta buah pisang kepok putih yang sudah matang ya.

Dan sore harinya kasihkan kembali jangkrik sebanyak 5 – 7 ekor saja ya, oh ya untuk ukuran jangkrik yang kalian kasihkan jangan yg terlalu besar ya, cukup jangkrik yg kecil-kecil saja, dan kaki jangkrik kalian buang terlebih dahulu.

Untuk keroto nya cukup 1 sendok makan saja seminggu sekali kasihkan saat burung sedang dijemur ya, pemberian ulat hongkong ini hanya ketika saat musim hujan saja ya, jika kondisi cuaca dingin ekstrem hujan terus, baru boleh kalian menggunakan pakan tambahan ulat hongkong ini, berikan pagi 3 ekor dan sorenya 2 ekor saja.

Baca Terus Guys ! . . .  Keistimewaan Burung Kapas Tembak, Harga, Suara, Besetan

Untuk buah pepaya juga boleh di selang seling setiap harinya dengan buah pisang ya, agar bertujuan si cucak ranting kalian tidak mudah bosan, dengan jenis pakan buah nya.

Lalu setelah porsi takaran pakan hariannya kalian sudah paham, maka kalian juga wajib memberikan multivitamin khusus ya, kalian bisa membelinya di toko kios pakan burung terdekat, dan pasti banyak yg menjual vitamin untuk setiap jenis burung, contoh seperti : EbodVit, Biojanna, BNRVIT dan lain-lain ya. Kalian bisa gunakan sesuai dengan anjuran kemasan dan sesuai aturan ya agar tidak beresiko nantinya.

kelebihan-cucak-ranting

baca juga : cucak ranting jantan dan betina

Tips Melatih Cucak Ranting Agar Cepat Ngepur

Nah disini kami juga akan memberikan tips bagaimana cara mengajari burung cucak ranting kalian agar mau makan pur ya, jika temen-temen baru saja membeli burung cucak ranting dari ombyokan atau kios burung tentu kondisi burung biasanya masih belum pada ngepur ya,

ya itu tidak masalah ya, jadi kita sebagai perawatnya harus bisa melatihnya agar burung mau makan pur, jika burung sudah ngepur maka akan lebih mudah juga untuk perawatan hariannya ya, lalu seperti apa sih cara mengajari dan melatihnya.

Ada 2 metode untuk kalian coba ya, yang pertama dengan menggunakan media keroto dan yang kedua bisa juga dengan buah-buahan seperti pisang dan pepaya, caranya sangat mudah ya, jika kalian menggunakan keroto cukup kalian campurkan saja keroto tersebut dengan voer halus terlebih dahulu ya, antara 1 : 1

lalu kalian kasihkan setiap harinya selama 1 minggu, setelah itu kalian kurangi jumlah takaran keroto nya setiap hari secara bertahap, sampai di minggu ke 2 coba kalian kasihkan pur halus total tanpa keroto ya, dijamin burung cucak ranting kalian sudah terbiasa dengan rasa pur tersebut dan akhirnya mau ngepur total ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Melatih Nafas Kenari Agar Ngerol Panjang

Dan jika kalian menggunakan media buah tentu sama saja ya, teknisnya kalian sediakan di wadah cepuk pakan yang berukuran agak besar, agar buah nya nanti kalian masukan dan tempatkan di posisi tengah yang di lumuri pur, bisa merata menutupi buah nya ya.

Demikianlah tips seputar makanan burung cucak ranting, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat bagi temen-temen kicau mania indonesia, terima kasih.

baca juga : daftar harga burung cucak ranting