Mengenal Macam Macam Murai Batu Dan Gambarnya

Diposting pada
Rate this post

Halo kicau lovers pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan burung murai batu ternyata jenis burung ini memiliki banyak spesies dan berikut Macam Macam Murai Batu dan Gambarnya yang harus kalian ketahui.

Burung murai hingga kini masih menjadi burung kicau yang paling banyak digemari selain karena bentuk fisiknya yang cantik dengan ekor panjangnya yang melambai ketika berkicau, suara kicauan yang

keras dan merdu menjadi daya tarik sehingga membuat kicau lovers jatuh cinta pada jenis burung ini. Tetapi ternyata tidak semua jenis burung murai memiliki ekor yang panjang

ternyata ada juga yang ekornya sedang atau tidak terlalu panjang. beberapa macam diantaranya ialah Murai Batu Medan, Murai Batu Nias, Murai Batu Borneo dan beberapa jenis lain.

Untuk mengetahui ciri fisiknya dan bagaimana bentuknya berikut kami sajikan informasi selengkapnya hanya untuk kalian.

10 Jenis Burung Murai Beserta Gambarnya

1. Murai Nias

Burung murai ini berasal dari daerah Nias, memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga dia menjadi favorit setelah murai medan. Bahkan ada yang bilang juga kalau murai nias ini memiliki

kemampuan berkicau yang sangat baik, hal ini dibuktikan dengan adanya burung nias yang berhasil meraih juara di gantangan dari persaingan dengan burung murai medan.

Hal ini juga yang menyebabkan burung nias mulai dilirik para pecinta murai. Perbedaan murai medan dan nias terletak pada ukuran tubuhnya dimana murai nias memiliki ukuran tubuh lebih kecil.

murai-batu-nias

2. Murai Malaysia

Jenis murai yang satu ini memang banyak ditemukan wilayah Malaysia namun sebenarnya dia banya tersebar dibeberapa negara di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina dan Malaysia.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenali Perbedaan Jenis Burung Murai Jantan Dan Betina

Jika kita lihat sekilas murai ini memang agak mirip dengan murai medan karena ekornya juga panjang tetapi ada beberapa juga yang memiliki ekor yang sedikit pendek tetapi lebih banyak yang panjang.

Panjang ekor murai malaysia ini mencapai 30 cm tetapi bedanya dengan murai medan, bulu di ekor nya terlihat sangat lentur dan tipis. Ukuran tubuhnya juga lebih besar dari murai medan.

Untuk suara kicauan memang hampir sama merdunya daya ingatnya pun tidak diragukan lagi namun kelemahan murai malaysia ini staminanya cepat menurun karena faktor dari ekornya yang panjang yang cukup menguras tenaga.

burung-murai-malaysia

3. Murai Lampung

Sesuai dengan namanya jenis murai yang satu ini memang berasal dari bagian ujung pulau sumatera yaitu Lampung. Dibandingkan dengan murai lain yang berasar dari pulau yang sama.

Suara kicauannya lebih nyaring dan juga bervariasi tetapi ekornya lebih pendek namun ini cukup menguntungkan baginya terlebih ketika diturunkan ke arena perlombaan staminanya tahan lama.

Namun dengan kelebihan yang ada, dari suara kicauan dan staminanya rupanya dia memiliki mental yang sedikit lemah tentu ini tidak baik kalau dia bersaing dengan lawan yang lebih jago maka mentalnya akan kalah.

burung-murai-lampung

4. Murai Batu Kalimantan

Spesies murai yang satu ini merupakan satu-satunya murai yang berasal dari pulau kalimantan, Dia memiliki ciri khas bulu yang bagus dengan warna hitam pekatnya dan bulu berwarna coklat di dadanya.

Ketika bertarung atau menghadapi lawannya dia akan mengeluarkan kicauannya dengan sikap tenang dan berwibawa meskipun dia gacor tidak seperti murai pada umunya yang ngotot.

Namun yang menjadi alasannya ternyata suara dari murai kalimantan ini tidak senyaring murai sumatera, kicauannya serak sehingga dipasaran juga harga jenis kalimantan ini relatif murah.

Baca Terus Guys ! . . .  Jenis Burung Punai, Mitos, Makanan, Harga Dan Suara

murai-batu-kalimantan

5. Murai Batu Medan

Spesies murai yang berasal dari medan ini merupakan murai yang sangat diminati oleh para pecinta burung kicau, dia terkenal memiliki kicauan yang bervariasi dengan suara yang nyaring namun

alunannya merdu. Meskipun berasal dari medan namun penyebarannya sudah banyak hampir seluruh kawasan pulau sumatera sudah dapat ditemukan murai medan ini dengan mudah.

Salah satunya karena kepopulerannya yang membuat banyak dikirim ke beberapa daerah. Harga jual dipasannya pun cukup tinggi bahkan yang termahal mencapai harga puluhan juta.

murai-batu-medan

6. Murai Aceh

Masih dari sumatera, daerah lainnya yang menjadi asal burung murai ialah Aceh. Jika dilihat secara sekilas bentuk tubuh dan ekor dari murai aceh ini sangat mirip hanya saja dia memiliki

ukuran tubuh yang lebih kecil. Hal ini juga yang menyebabkan murai aceh memiliki stamina yang bagus. dia bisa tahan lama ketika berkicau dengan suara yang bervariasi

tetapi kekuarangannya ialah volumenya yang tidak terlalu nyaring. Selain itu ekor dari murai aceh tidak sepanjang ekor murai medan yang mencapai 35 cm sangat panjang ya gais.

burung-murai-aceh

7. Murai Borneo

Jenis murai borneo memiliki tiga jenis lagi yaitu ras banjar, ras mahkota dan ras palangka. ketiga jenis ras murai borneo ini sebenarnya berbeda-beda dan salah satu diantaranya memiliki kualitas yang bagus.

Ekor dari murai borneo ini cukup pendek hanya sekitar 13 cm saja, dibanding murai lain yang mencapai 30 cm keatas. jenis ini juga sebenarnya tidak banyak diminati para kicau lovers

hal ini menyebabkan dia dipandang sebelah mata dan harganya dipasaran relatif murah bahkan tidak mencapai Rp500.000 per ekornya.

burung-murai-borneo
burung-murai-borneo

8. Murai Bahorok

Spesies murai lain yang berasal dari sumatera ialah murai bahorok. jenis burung murai ini memang kurang familiar ya sebenarnya, dia berasal dari kawasan bahorok di provinsi Sumatera Utara.

Baca Terus Guys ! . . .  6 Jenis Burung Kenari yang Terpopuler di Dunia

Medan juga sebenarnya dari sumatera utara ya gais hanya berbeda kota sebenarnya, meskipun kedua jenis ini memiliki kemiripan tetapi yang membedakan ialah ukuran tubuh yang sedikit lebih kecil

dan panjang ekor yang sedikt lebih pendek. ini membuat keduanya cukup sulit dibedakan bahkan banyak yang mengira murai bahorok ini ditagkap secara liar karena dikira murai batu medan.

burung-murai-bahorok

9. Murai Thailand

Mungkin jenis murai yang satu ini tidak asing lain ditelingan para pecinta burung kicau, tetapi tak banyak juga yang mengetahui bagaimana ciri-cirinya karena yang menjadi maindset

para kicau lovers burung murai ialah ber ekor panjang dengan warna bulu hitan dan dadanya berwarna coklat serta ekornya ada bulu yang berwarna putih. Namun murai thailand sendiri sangat berbeda.

Bulunya tidak seperti murai yang lain di bagian dadanya ada yang berwarna putih, ukuran tubuhnya kecil dan dia tidak suka terbang dia sangat suka berjalan jalan di daratan, unik juga ya gais.

burung-murai-thailand

10. Murai Sabang

Salah satu jenis murai yang memiliki kualitas bagus ialah murai sabang ini dia memiliki bentuk tubuh yang proporsional, dengan suara kicauan yang nyaring serta memiliki alunan kicau yang merdu.

sehingga dia banyak diburu para pecinta burung murai harga per ekornya juga terbilang malah mencapai puluhan juta namunpopulasinya tidak sebanyak jenis murai lain sehingga tak banyak dimiliki orang.

burung-murai-sabang

Nah kicau lovers itulah tadi macam macam murai batu dan gambarnya semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, terimakasih sudah membaca artikel kami. Tetap jaga kesehatan dimanapun kita berada.