Mengenal Macam Macam Jenis Burung Cendet Di Indonesia

Diposting pada

Kicau lovers kembali lagi kami menyapa kalian dengan memberikan ulasan informasi kali ini mengenai Macam Macam Jenis Burung Cendet Di Indonesia yang beraneka ragam mulai dari cirinya sampai ke kehidupan di habitat aslinya.

Jenis burung cendet sendiri memiliki beberapa nama panggilan seperti burung pentet, betet dan ada yang menyebutnya dengan toet. Burung cendet merupakan burung pemakan serangga.

Serangga yang dimangsanya mulai dari jangkrik, belalang, tonggeret dan beberapa jenis serangga lain yang hidup disekitar sarangnya. Daerah Penyebarannya cukup luas mulai dari Afrika

Benua Eropa hingga ke Benua Asia. Dan di Indonesia sendiri ditemukan beberapa jenis burung betet ini dan berikut beberapa jenis burung pentet di Indonesia beserta ciri-cirinya.

Beberapa Jenis Burung Cendet Di Indonesia

1. Cendet Cokelat

Cendet jenis ini memiliki nama latin Lanius Cristatus. Pentet yang satu ini memiliki habitat asli di wilayah Asia Timur seperti China, dan jeoang juga ditemukan di kawasan Siberia dan Mongolia.

Diindonesia sendiri cendet cokelat ini merupakan burung imigrasi yang hanya datang menjelang musim penghujan ke indonesia misalnya pada bulan Agustus mulai berdatangan dan menetap sampai bulan Desember

Setelah musim hujan usai mereka pun secara berkelompok akan kembali ke daerah asalnya untuk berkembang biak disana dia bertempat tinggal di ranting-ranting kering di lahan yang terbuka.

Ciri – Ciri Cendet Cokelat : Bagian atas tubuhnya berwarna coklat ke abu-abuan, tubuhnya cukup panjang berkisar antara 17 cm sampai 20 cm, pada bagian bawah tubuhnya berwarna coklat muda atau coklat susu.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Tledekan, Makanan, Harga, Suara

dan ada juga yang berwarna kuning tua, dan ada motif sisik yang berwarna coklat terang. Pada bagian dahi dan alisnya berwarna putih dan di bagian mata terdapat strip hitam besar.

Ekornya panjang dan berwarna kecoklatan, dibagian sayapnya berwarna cokelat ke hitaman. Dan pada bagian kaki serta paruhnya berwarna coklat kehitaman yang kokoh serta ada serat berwarna coklat.

burung-cendet-indonesia

2. Cendet Kepala Merah

Sesuai dengan namaanya jenis burung pentet yang satu ini memang memiliki bulu berwarna merah di bagian kepalanya, nama latin dari burung ini adalah Lanius Senator.

Cendet kepala merah ini berhabitat asli di beberapa negara di wilayah Timur Tengah, Asia, Eropa Selatan dan Afrika. Di Indonesia sendiri ditemukan di daerah pulau jawa karena hasil imigrasi.

Ciri-Ciri Pentet Kepala Merah : Bulu atas kepalanya berwarna merah, bagian leher hingga tubuh bagian bawah bulunya berwarna putih. Paruh, kaki dan kulit daerah mata berwarna hitam.

Ekornya tidak terlalu panjang, berwarna coklat kehitaman. Pada bagian sayapnya berwarna kombinasi putih, hitam dan coklat. sebenarnya cukup jarang dipelihara ya burung yang satu ini.

jenis-burung-cendet-madura

3. Cendet Abu Besar

Burung pentet abu – abu ini memiliki ukuran tubuh besar suara kicauannya tekenal merdu, dia memiliki nama latin Lanius Excubitor. Burung Cendet abu abu besar ini wilayah penyebarannya hampir di

sebagian besar Benua Amerika sampai ke Benua Eropa. Burung jenis ini juga banyak ditemukan di wilayah Indonesia mungkin hasil dari imigrasi mereka menjelang musim penghujan sehingga masih ada individu yang tertinggal.

Ciri – Ciri Cendet Abu Besar : Memiliki ukuran tubuh paling besar dibanding jenis pentet yang lainnya, untuk satu ekor cendet abu yang sudah dewasa bahkan mencapai 25 cm.

Baca Terus Guys ! . . .  Inilah Mitos Burung Bubut, Makanan, Harga dan Suara

Bulu pada bagian atas tubuhnya berwarna abu-abu. dan bagian bawahnya berwarna putih ke abu-abuan. Paruh dan kakinya berwarna hitam dibagian ekor dan sayapnya pada bagian ujungnya berwarna hitam.

jenis-jenis-burung-cendet-di-jawa

4. Cendet Hitam Putih

Jenis burung yang satu ini memiliki nama latin Lanius Collaris, merupakan burung penghuni Gurung Sahara di bagian Afrika. Cendet hitam putih memiliki warna hitam dan putih yang merupakan burung pemakan daging.

Kelebihan dari jenis bentet yang satu ini memang memiliki insting sebagai burung pemburu, gerakannya lincah dan bisa memangsa serangga, kadal kecil dan burung lain yang berukuran kecil.

Ciri – ciri Cendet Hitam Putih : Pada bagian atas tubuhnya berwarna hitam, Paruhnya lancip karena memang digunakan untuk memangsa dan paruhnya berwarna hitam pekat.

Bulu bagian bawahnya berwarna putih polos. Ekornya cukup panjang berwarna putih dan hitam dibagian ujungnya.ukuran tubuhn mencapai 21 cm sayapnya berwarna hitam dan kombinasi putih.

macam-macam-cendet

5. Cendet Bertopeng

Burung ini banyak dikembang biakan di daerah benua Eropa dan pada musim dingin mereka akan bermigrasi ke wilayah benua Afrika dan Asia. mereka akan mencari tempat yang beriklim tropis.

Salah satunya di Indonesia sendiri merupakan negara tujuan mereka untuk singgah menghindari musim dingin ekstrem di wilayah asalnya. Dia memiliki ukuran tubuh terkecil di jenis pentet.

Ekornya panjang dengan ukuran tubuhn antara 17 sampai 19 cm saja. Untuk burung yang jantan bulu bagian kepalanya hitam, dan warna putih putih di bagian wajah kebawah hingga leher.

Pada bagian punggung, dada hingga sayapnya berwarna orange dengan kombinasi hitam serta warna putih. di daerah asalnya mereka akan bertelur dan akan meninggalkan telurnya selama 20 hari.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Kenari F1 Dan Harganya

jenis-burung-cendet-dan-harganya

Nah gais itulah tadi macam macam jenis burung cendet di indonesia yang tak kalah menarik dari jenis pentet luar benua yang dapat kalian jadikan tambahan koleksi burung kicau anda.

Tetaplah menjaga kesehatan jasmani dan rohani anda serta biasakan hidup bersih di rumah dan lingkungan kita dan semoga kita selalu terlindungi dari hal – hal buruk yang tak diinginkan.

baca juga : perbedaan cendet madura dan jawa