Keistimewaan Burung Kapas Tembak, Harga, Suara, Besetan

Diposting pada

Salah satu jenis burung kicau yang kini sedang naik daun di kalangan pencintanya yakni Kapas Tembak. Masih tergolong jenis burung Kapasan, aves ini memang masih berkerabat dengan Cucak Jenggot. Bahkan bila dilihat sekilas, keduanya memiliki penampilan yang hampir sama. Namun, burung ini memiliki keistimewaan sendiri yang membuatnya beda dengan lainnya. Berikut ulasannya.


Keistimewaan Burung Pycnonotus Plumosus

Karena memiliki penampilan yang tak jauh berbeda dengan Cucak Jenggot, sehingga terdapat beberapa orang yang bingung membedakannya. Sebetulnya, bila dilihat dengan teliti, antara keduanya memiliki perbedaan yang sangat menonjol. Bukan hanya mengenai fisik semata, suara kicauan yang dikeluarkan antara Pycnonotus Plumosus dan Cucak Jenggot pun berbeda.

Dimana suara dari burung kicau satu ini jauh lebih rapat dengan besetan kasarnya yang mengkristal bila didengarkan di dalam ruangan tertutup. Kemudian bentuk janggut putih yang berada di bawah paruhnya juga tidak begitu lebat layaknya Cucak Jenggot pada umumnya. Burung satu ini pula memiliki postur badan yang lebih panjang dan lincah ketika beraktivitas.

Sementara warna bulu Kapas Tembak sendiri bisa dibilang cukup standar dan tidak mencolok, namun tetap cantik. Tubuhnya dipenuhi dengan bulu berwarna coklat muda dan terdapat warna hijau yang sedikit memudar pada bagian dadanya. Pada ujung sayapnya terdapat warna hijau zaitun, dan di bagian kepalanya terdapat jambul berwarna kecoklatan yang jauh lebih pendek.

keistimewaan-kapas-tembak

Suara Burung Pycnonotus Plumosus

Pycnonotus Plumosus merupakan salah satu jenis burung kicau yang terkenal karena memiliki suara yang sangat nyaring serta alunan yang cepat dan rapat. Durasi waktu yang sangat rapat tersebutlah yang membuat burung satu ini sangat disukai oleh para pecinta burung. Bila aktif berkicau, suara yang dikeluarkan akan sangat merdu dan mampu memikat hati siapa saja yang mendengarkannya.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Beberapa Jenis Burung Langka yang Ada di Dunia

Jadi anda tak perlu heran lagi, jika burung bernama Kapas Tembak ini sangat populer dan banyak diincar oleh para peminatnya. Meski tak tersohor layaknya Cucak Hijau, Lovebird, ataupun Murai Batu, burung kicau satu ini masih seringkali dicari untuk diikutkan di beragam ajang perlombaan. Bahkan tak jarang mereka mampu menyabet berbagai kemenangan.

Suara Kapas Tembak Gacor – Link | Download

suara-kapas-tembak

Harga Burung Pycnonotus Plumosus

Berkat kemampuan yang dimilikinya, burung kicau satu ini dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi. Dimana untuk bisa mendapatkannya, anda harus merogoh kocek minimal Rp. 400 ribu hingga Rp. 500 ribuan. Burung yang dipatok dengan harga tersebut, termasuk ke dalam jenis yang telah dewasa dan kemampuan berkicaunya sangat handal.

Berbeda lagi bila Pycnonotus Plumosus masih mudah dan belum memiliki kemampuan yang mumpuni, lantaran harga yang dibanderol berkisar Rp. 250 ribu hingga Rp. 300 ribuan. Meski terbilang cukup tinggi, tidak menyurutkan para pecintanya untuk bisa mendapatkannya. Pasalnya, burung ini sangat recomended untuk dijadikan sebagai masteran di beragam perlombaan.

Tatkala memilih burung yang masih muda, pastikan bahwa kondisinya masih sehat, lincah dalam beraktivitas, dan tidak terlihat lesu. Bukan hanya itu saja, lihat pula bagaimana keadaan Kapas Tembak secara fisiknya. Usahakan agar anda tidak memilih burung dengan kondisi tubuh yang cacar. Bila perlu, anda pula bisa mengetes kemampuan berkicaunya dengan cara memancingnya.

pycnonotus-plumosus

Mungkin masih terdapat beberapa orang yang belum mengetahui mengenai burung satu ini, lantaran aves populer lainnya. Padahal sebenarnya, burung dengan nama latin Pycnonotus Plumosus ini sangat layak dijadikan sebagai masteran di berbagai kontes. Untuk itu, alangkah baiknya bila anda memperhatikan dengan baik penjelasan di atas agar bisa memahaminya sebaik mungkin.

Baca Terus Guys ! . . .  Inilah Fakta Menarik Burung Merak, Beserta Makanan Dan Harga