10 Jenis Makanan Burung Cendet Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Halo kicau lovers kembali lagi kami akan memberikan ulasan informasi kali ini tentang Jenis Makanan Burung Cendet yang bisa membuatnya lebih rajin berkicau, tentu itukan yang kita inginkan.

Memelihara burung kicau dan membuatnya menjadi gacor tentu harapan bagi para kicau mania semua, tentu itu tidak semudah membalikan telapak tangan diperlukan proses perawatan yang baik dan rutin.

Tetapi perawatan harian yang baik tidak cukup diperlukan juga asupan makanan yang bernutrisi lengkap seperti karbohidrat, vitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya.

Burung cendet banyak dipelihara para pecinta burung kicau ada yang untuk sekedar menyalurkan hobi burung, ada yang untuk menambah koleksi bahkan ada juga yang untuk dijadikan materi masteran burung.

Karena burung cendet dikenal memiliki daya ingat yang baik sehingga dia mampu menirukan cukup banyak suara burung lain. Nah untuk meningkatkan kemampuan daya ingatnya berikut 10 makanan cendet yang direkomendasikan.

makanan-burung-cendet-di-alam-liar

Makanan Cendet Supaya Gacor

1. Voer

Dalam perawatan voer menjadi pakan utama untuk burung karena didalamnya sudah banyak mengandung zat yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat,protein serta vitamin dan mineral.

Di pasaran baik itu di kios burung terdekat maupun di toko online sudah banyak dijual berbagai merek voer untuk burung cendet dengan komposisi dan manfaat yang beragam serta harga yang beragam.

Pilihlah voer yang cocok untuk burung kita yang biasa dipakai yang memiliki kadar protein sedang 18 persen, pilihlah harga yang sesuai kantong kita namuan memiliki khasiat yang bagus.

Baca Terus Guys ! . . .  Inilah Mitos Burung Trucukan Pembawa Keberuntungan

2. Pisang

Buah yang satu ini banyak jenisnya mulai dari Pisang Ambon, Pisang Jantan, Pisang Kepok, Pisang Tanduk, Raja dan banyak yang lainnya. Tetapi yang biasa digunakan untuk pakan burung ialah Pisang Kepok.

Karena tekstur dari pisang kepok ini sangat disukai burung, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras serta rasanya juga manis. Pisang kepok yang digunakan juga kepok putih.

Bukan kepok kuning yang rasanya agak sedikit asam. Didalam buah pisang terkandung Potasium yang berguna untuk kesehatan tulang dan menjaga stamina burung cendet anda.

3. Pepaya

Buah yang satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi, yang baik untuk kesehatan pencernaan dan memiliki kandungan air yang cukup sehingga burung merasa segar tidak lemas.

Pemberian pepaya boleh setiap hari atau di selingi dengan pemberian pisang, pepaya yang diberikan harus memiliki kematangan yang pas tidak mengkal dan tidak lembek.

Potong sebagian kecil sekitar 10 cm buah pepaya lalu gantung di kandangnya, pepaya tidak bisa tahan lama karena akan mengundang rengi atau hewan kecil yang mengganggu burung. Ganti pada pagi dan sore hari untuk menghindari rengi dan kebusukan.

4. Apel

Buah ini menjadi salah satu kesukaan dari si cendet, didalamnya mengandung cukup banyak air dan juga kaya akan vitamin c serta anti oksidan yang menjaga metabolisme tubuh burung.

Berikan apel washington atau apel merah karena teksturnya tidak terlalu keras dan rasanya manis, Boleh saja apel Fuji yang merah asalkan tidak untuk apel malang, karena rasanya asam.

Dikhawatirkan akan mengganggu organ pencernaan burung selain itu tekstur apel malang juga sedikit keras.

5. Ulat Bambu

Pemberian ulat bambu sangat baik untuk meningkatkan birahinya dan juga untuk merangsang dia berkicau. Karena ukuran yang cukup besar pemberian ulat bambu tidak perlu terlalu banyak cukup 1 atau 2 ekor saja.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Kerak Basi Bahan Supaya Cepat Gacor

Karena dia banyak mengandung protein dan bersifat panas tidak perlu diberikan setiap hari cukup 1 minggu sekali saja karena kalau kebanyakan dikhawatirkan bulu burung akan rontok.

6. Kroto

Bahan pakan ini tentunya sudah tidak asing lagi tentang bentuk dan kegunaannya serta bagaimana cara pemberiannya karena hampir semua jenis burung kicau pemakan serangga wajib diberikan kroto.

Larva semut ini mulai banyak di budidayakan saat ini sehingga stok dipasaran pun tidak mengalami kelangkaan namun harga jualnya masih cukup mahal mengingat proses ternaknya pun tidaklah mudah.

Pemberiannya untuk burung cendet cukup 1 sendok teh setiap harinya di masukan kedalam cepuk terpisah atau boleh juga dicampur dengan voer.

makanan-burung-cendet-anakan

7. Ulat Hongkong

Jenis ulat yang satu ini mengandung cukup banyak protein, dia juga berguna untuk menghangatkan tubuh burung disaat cuaca sedang dingin serta bisa merangsang burung mengeluarkan kicauannya

hal ini karena birahinya juga turut meningkat ya gais. Pemberian ulat hongkong cukup 8 ekor sehari dibagi menjadi 2 kali pemberian misalnya 4 pagi dan 4 lagi sore hari.

Dalam penyimpanan ulat hongkong berikan makanan yang bergizi ya supaya bermanfaat juga untuk burung kalian kalau ulatnya kurang gizi tentu manfaatnya juga menjadi berkurang bukan.

8. Jangkrik

Serangga kecil yang satu ini juga menjadi EF yang wajib diberikan ke burung kicau, bahkan bisa menjadi pengganti kroto, seperti burung yang saya pelihara tidak memakan kroto

tetapi pemberian jangkrik mencapai 10 ekor sehari dibagi menjadi 3 kali makan misal pagi, sore dam malam hari menjelang burung istirahat. Sebelum memberikan ke burung buang dulu bagian tubuh jangkrik yang keras.

9. Racikan 1

Selain dari makanan diatas kita juga bisa meracik pakan cendet sendiri dengan bahan-bahan yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan kandungan nutrisi nya juga baik.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mudah Ternak Burung Perkutut Agar Cepat Bertelur

Bahan – bahannya : Tepung jangung 1 kg, Tahu Putih 1/2 Kg, Telur Ayam 1 Butir, Ikan 1/2 Kg, dan tomat 2 buah yang ukurannya besar.

Cara membuatnya : Bersihkan ikan ambil bagian dagingnya saja lalu di blender, tahu putih dan tomat dipotong kecil seperti dadu. Lalu campur semua bahan menjadi 1 untuk telur

cangkangnya juga digunakan tapi sebelumnya di tumbuk halus dulu ya, setelah itu panggang di dalam oven sampai matang awas gosong kurang lebih 20 menit.

setelah itu dijemur sampai kering setelah kering di hancurkan jangan terlalu halus lalu berikan keburung cendet kalian dan rasakan khasiatnya.

makanan-burung-pentet

10. Racikan 2

Dan yang terakhir ialah racikan dari bahan sayuran seperti wortel dan toman bahan bahan yang digunakan :

3 Buah Wortel, Tomat besar 2 buah, Buah Gojiberry 1/4 kg, Voer ayam 1/2 Kg, Ikan giling 1/4 Kg, Jangkrik 1/4 Kg.

Cara membuatnya : Bahan buah-buahan diblender sampai halus, jangkrik di blender dan campurkan dengan ikan giling setelah itu campur semua bahan sampai rata setelah itu jemur sampai kering dibawah sinar matahari.

Maka racikan makanan burung cendet siap diberikan.

Nah gais itulah tadi macam-macam jenis makanan burung cendet yang kami rekomendasikan semoga artikel ini banyak memberikan manfaat dan menambah pengetahuan para kicau lovers semua.