16 Jenis Burung Kecil Memiliki Suara Merdu

Diposting pada

Penggemar burung di Indonesia memang sudah banyak sejak dahulu. Banyak khalayak yang memelihara banyak jenis burung, tidak terkecuali jenis burung kecil yang mempunyai suara kicau yang cukup merdu. Berikut penjabaran mengenai spesies burung berukuran kecil dengan kicau yang merdu. Simak ulasannya.

Daftar Jenis Burung Berukuran Kecil Yang Berkicau Dengan Merdu

1. Love Bird

Burung Love Bird atau yang biasa disebut dengan Labed ini memiliki suara kicau yang cukup merdu. Jenis burung ini sangat dicari oleh banyak orang karena suaranya yang indah, juga harganya tidak tergolong mahal. Selain suara merdu, burung jenis ini memiliki warna yang cukup mempesona.

Dengan perpaduan warna merah atau oranye pada wajah dan hijau pada seluruh tubuh burung ini, membuatnya tampak sangat menggemaskan dan lucu. Ditambah lagi, suara kicau mereka yang akan menemani hari-hari pemilik yang memelihara burung merdu satu ini. Burung ini juga disebut dengan istilah ngekek.

burung-lovebird

2. Cucak Hijau

Diberi nama Cucak Hijau karena burung ini memiliki warna bulu hijau yang cukup terang dan cerah. Sehingga, cukup eye-catching bagi siapapun yang melihatnya. Pada bagian tubuhnya, terdapat pula warna hitam tepat pada bagian kepala juga paruh burung tersebut. Burung bersuara merdu ini dapat ditemukan di kawasan Banyuwangi, Sumatra, Kalimantan, hingga Bali.

cucak-hijau

3. Cendet

Dengan kicauan cukup keras yang dimiliki oleh burung satu ini membuatnya menjadi salah satu jenis burung kecil yang banyak dicari oleh orang. Kicauannya yang cukup keras membuat suasana terkesan lebih ramai dan menyenangkan. Selain kicauan burung Cendet juga memiliki corak yang cantik, dengan perpaduan warna yang elegan.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Memilih Cucak Ijo Yang Bagus Buat Lomba

burung-cendet

4. Tledekan

Kategori burung kecil dengan suara merdu berikutnya yaitu Tledekan. Burung satu ini sering disebut dengan nama burung sikatan atau burung sulingan. Burung Tledekan sangat pandai dalam menirukan suara burung lain, yang membuatnya cukup unik bagi mereka yang menjadi pecinta burung.

Persebaran habitat dari burung Tledekan cukup luas. Yang mana juga tersebar di berbagai belahan dunia, seperti Kamboja, Nepal, Thailand, Cina dan masih banyak lagi. Besar burung ini dapat mencapai 14 hingga 15 cm dengan berat tubuh burung sekitar 12 sampai 18 gram. Corak burung Tledekan juga cukup unik yakni perpaduan warna biru tua dan oranye gelap.

burung-tledekan

5. Kenari

Tidak sebanding dengan tubuhnya yang kecil, burung Kenari memiliki kicau yang cukup keras dan juga khas. Menurut para pecinta burung, jenis burung ini disebut dengan sebutan ngeriwik atau dalam bahasa Indonesia cerewet. Meskipun demikian, tidak menyurutkan para pecinta burung untuk memelihara burung satu ini.

burung-kenari

6. Pleci

Jenis burung kecil berikut yang mempunyai kicau yang cukup merdu yaitu burung Pleci. Selain dikenal dengan burung yang memiliki kicau merdu, burung ini juga memiliki bentuk mata yang cukup unik. Bentuk mata yang seperti kacamata menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta burung untuk memilikinya.

burung-pleci

7. Prenjak

Bagian dari jenis burung yang berasal dari keluarga Sylviidae. Burung Prenjak memiliki postur tubuh yang cukup kecil dan juga ramping. Dengan panjang tubuh kurang lebih 10 hingga 15 cm saja. Meskipun memiliki tubuh kecil, kicau burung ini tidak bisa diremehkan. Karena suara kicau yang dikeluarkan cukup ribut dan membuat ramai sekitar.

burung-prenjak

8. Kemade

Burung berikut ini masih tergolong burung yang sering ditemukan karena habitat tinggalnya di perkotaan, pantai, pekarangan hingga hutan mangrove.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Jenis Burung Populer yang Lagi Ngetren di Indonesia

Burung ini juga disebut dengan burung cabai. Yang biasanya memakan biji-bijian, buah benalu hingga serangga. Dengan memiliki tubuh dengan panjang 8 cm tidak menyurutkan suara kicaunya yang keras.

burung-kemade

9. Kolibri

Dengan memiliki corak yang cukup gelap, membuat burung satu ini terlihat sangat elegan dan cantik. Burung Kolibri memiliki panjang tubuh sekitar 6,4 cm saja. Maka tidak heran, jika burung ini termasuk dalam jenis burung kecil. Meskipun memiliki tubuh yang kecil, Kolibri sendiri mempunyai suara yang cukup merdu.

burung-kolibri

10. Panca Warna

Identik dengan 5 warna yang berbeda dalam satu burung membuat burung ini disebut dengan Panca Warna. Dengan warna kombinasi yakni kuning, coklat, biru, orange hingga hitam membuatnya terlihat sangat unik. Selain kombinasi warna, burung ini juga memiliki suara kicau yang cukup merdu dibanding burung lainnya.

burung-panca-warna

11. Kacer

Burung Kacer merupakan jenis burung yang berasal dari Bogor dan Jawa Timur. Burung ini memiliki ciri-ciri fisik yang cukup unik yakni perpaduan warna hitam dibagian kepala dan putih pada bagian sayap dan dadanya. Dengan memiliki suara kicau yang cukup keras, membuat burung ini dicari oleh banyak pecinta burung berkicau.

burung-kacer

12. Anis Kembang

Selain memiliki suara kicau yang merdu dan nyaring, jenis burung kecil satu ini juga sangat memukau saat sedang mengepakkan sayapnya. Burung ini dikategorikan sebagai burung pemalu, sehingga untuk dapat mengetahui kicaunya harus dalam keadaan sepi atau saat sedang hujan.

anis-kembang

 

 

13. Cucak Rowo

Harga mahal yang diberikan untuk dapat memiliki burung ini sebanding dengan suara kicau merdu yang dimilikinya. Persebaran burung merdu ini cukup luas, yakni dari Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa Barat hingga Kalimantan. Burung Cucak Rowo mempunyai berbagai istilah yang cukup unik seperti engkel, isian, semi ropel, ropek dan masih banyak lagi.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Perawatan Kacer Tipe Dingin Agar Gacor Dan Stabil

cucak-rowo

14. Murai Batu

Burung satu ini juga cukup terkenal karena kecerdasan yang dimiliki. Karena mempunyai kebiasaan yang cukup unik yakni dapat menirukan suara burung lainnya yang ada disekitarnya. Burung Murai Batu yang dikenal oleh dunia sebagai burung yang memiliki suara kicau terbaik adalah jenis Murai Batu Medan.

murai-batu

15. Jalak

Burung Jalak juga termasuk dari jenis burung kecil yang memiliki suara merdu. Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis burung jalak diantaranya Jalak Bali, Jalak Nias, Jalak Suren, Jalak Hitam hingga Jalak Putih. Dari berbagai jenis burung Jalak yang ada tersebut, berdasarkan dari asal habitat yang dijadikan tempat tinggal oleh burung ini.

Memiliki banyak jenis dan juga suara kicau yang cukup enak didengar. Membuat banyak orang yang mengincar burung Jalak sebagai hewan yang harus dipelihara di rumah. Ditambah pula, harga jual hewan ini juga sangat tinggi. Tidak heran, banyak orang yang membudidayakannya untuk dapat dijual kembali.

burung-jalak

16. Trucukan

Burung berikut memiliki nama yang cukup unik, yakni Trucukan atau Trocok. Bukan hanya itu, burung memiliki suara merdu satu ini juga mempunyai harga jual yang cukup murah. Harga yang murah tersebut pula yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta burung kicau untuk memilikinya. Ciri-ciri fisik yang dimiliki burung ini juga unik yakni perpaduan antara kuning, putih dan hitam.

burung-trucukan

 

Itulah beberapa jenis burung berukuran kecil yang mempunyai suara kicau yang merdu dan enak untuk didengar. Dari berbagai macam jenis burung yang ada, Anda bisa memilih salah satu yang sekiranya sesuai dengan keperluan dan selera masing-masing. setiap burung memiliki corak, habitat, dan suara yang masing-masing sangat khas.