10 Jenis Burung Indonesia yang Menarik Perhatian

Diposting pada

Terkenal sebagai salah satu negara dengan melimpahnya sumber daya alamnya, tak ayal jika Indonesia memiliki sejuta jenis burung endemik. Tak hanya memiliki bentuk nan unik, burung endemik Indonesia dibekali pula dengan kemampuan yang sangat menakjubkan. Lalu apa saja jenis burung Indonesia yang mampu menarik perhatian pecinta burung? Simak ulasannya.


Keberagaman Burung Endemik yang Menarik Perhatian

1. Burung Cendrawasih Merah

Jenis burung pertama yang mampu menarik perhatian yakni burung Cendrawasih Merah. Sesuai dengan namanya, unggas terbang satu ini memang memiliki bulu berwarna merah dengan gradasi kuning yang menawan. Memiliki ukuran panjang sekitar 33 sentimeter, burung satu ini seringkali disebut sebagai “bird of paradise” oleh masyarakat setempat.

Hal ini tidak lain karena bentuk tubuh serta bulunya yang sangat menakjubkan. Tak ayal jika Cendrawasih Merah termasuk ke dalam salah satu hewan langka sebab seringkali diburu oleh orang tak bertanggung jawab. Burung endemik ini hanya bisa dijumpai di hutan dataran rendah pada Pulau Waigeo dan Batanta yang ada di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

burung-cendrawasih-merah

2. Burung Nuri Sayap Hitam

Memiliki nama lain yakni Eos cyanogenia, burung Nuri Sayap Hitam memang telah tersohor hingga mancanegara. Pasalnya, berkat kecantikan bulunya serta suara kicauan nan merdunya mampu memikat hati para pecinta burung. Jenis burung Indonesia ini memiliki ukuran panjang sekitar 30 sentimeter dengan bulunya yang berwarna merah cerah yang dipadukan dengan gradasi hitam.

Sementara di area matanya, terdapat bercak berwarna ungu nan menawan dan dilengkapi pula dengan iris mata berwarna merah. Karena termasuk ke dalam burung endemik, anda bisa menemukan hewan satu ini di pesisir Pulau Biak di Teluk Cenderawasih, Papua. Spesies Nuri satu ini kerap kali ditemukan dan bersarang di perkebunan kelapa.

Baca Terus Guys ! . . .  Manfaat Terapi Sauna Untuk Burung Kacer

burung-nuri-sayap-hitam

3. Burung Jalak Bali

Tak kalah indahnya dengan sebelumnya, burung Jalak Bali pula memiliki bulu putih nan menawan dengan bercak biru yang terletak di area matanya.

Menjadi salah satu jenis burung kicauan, Jalak Bali memang telah terkenal hingga mancanegara. Tak heran bila keberadaannya kini semakin berkurang di habitatnya, karena seringnya perburuan yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab.

Dikenal dengan istilah Curik Ketimbang Jalak, burung satu ini hanya bisa dijumpai di hutan bagian barat Pulau Bali. Hewan satu ini pula telah dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali pada tahun 1991 dan menjadi satu satunya spesies endemik Bali. Karena keberadaannya yang semakin menipis di alam, burung Jalak Bali kini dilindungi oleh undang undang.

burung-jalak-bali

4. Burung Kakatua Raja

Siapa yang tidak kenal dengan burung Kakatua? Tersohor karena kemampuannya menirukan suara manusia, jenis burung Indonesia ini memang seringkali menarik perhatian para pecinta burung. Misalnya saja pada spesies burung Kakatua Raja, yang memiliki tubuh dipenuhi dengan bulu berwarna hitam dan berukuran lebih besar dengan ukuran panjangnya sekitar 60 sentimeter.

Hal unik yang perlu anda ketahui pada burung Kakatua Raja ini ialah jambul warna hitamnya yang berdiri sangat menawan di atas kepala. Tatkala sedang bertarung dengan sesamanya, jambul tersebut akan bisa tegak dengan sendirinya sehingga membuat penampilannya sangat eksotis. Burung endemik satu ini berasal dari Pulau Papua dan Australia bagian utara.

burung-kakatua-raja

5. Burung Cendrawasih Biru

Tak hanya burung Cendrawasih Merah semata, burung Cendrawasih Biru pula mampu memikat hati para penghobi burung. Hal ini tidak lain karena keindahan bulunya tatkala dikepakkan. Bulu tipisnya tersebut berwarna biru muda menawan. Kemudian pada bagian kepalanya berwarna hitam berkilauan. Hewan satu ini memiliki nama lain yakni Paradisaea rudolphi.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Jenis Burung Kecil Yang Memiliki Suara Bagus

Termasuk ke dalam salah satu burung tercantik di Indonesia, Cendrawasih Biru memiliki ukuran panjang mencapai 30 sentimeter. Jenis burung Indonesia ini biasanya dijumpai di beberapa hutan hujan tropis yang berada di pegunungan Papua bagian timur dan tenggara. Perlu anda ketahui, jika burung ini pertama kali ditemukan oleh Carl Hunstein dalam salah satu ekspedisinya di tahun 1884.

burung-cendrawasih-biru

6. Burung Murai Batu

Burung dengan nama lain Kucica hutan atau Copsychus malabaricus ini terkenal dengan suara kicauan nan merdunya. Tak hanya suara yang lantang, burung Murai Batu pula memiliki bulu yang sangat indah. Dimana bulunya berwarna biru di bagian atas dan berwarna oranye di bagian bawah. Ekornya pun sangat panjang dan menawan dengan bulu berwarna biru mengkilap.

Karena termasuk ke dalam salah satu burung endemik tersohor, burung Murai Batu bisa ditemukan di beberapa wilayah seperti Pulau Sumatera dan sebagian Pulau Jawa. Bahkan terdapat beberapa pakar mengatakan, jika burung Murai Batu dari Kalimantan Utara bernama Kucica Alis-putih sebagai spesies tersendiri yang sangat cantik.

burung-murai-batu

7. Burung Ekek Geling Jawa

Sesuai dengan namanya, burung satu ini memang bisa dijumpai di Pulau Jawa lebih tepatnya di Jawa Barat. Namun sebelumnya, burung Ekek Geling Jawa dianggap sebagai sub jenis dari Ekek Geling yang mendiami Pulau Jawa dan Kalimantan. Karena termasuk ke dalam burung tercantik di Indonesia, keberadaannya kini semakin terancam karena diburu oleh orang tak bertanggung jawab.

Hewan endemik Indonesia ini termasuk ke dalam keluarga Corvidae dengan ukuran tubuh yang berkisar 32 sentimeter. Jika dilihat dari penampilannya, jenis burung Indonesia ini dipenuhi dengan bulu berwarna hijau muda yang dipadukan dengan gradasi merah tua dan biru muda menjadikannya sangat menawan. Tak ayal jika burung satu ini sering kali memikat hati para pecinta burung.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Jenis Burung Populer yang Lagi Ngetren di Indonesia

burung-ekek-geling-jawa

8. Burung Paok Pancawarna

Menjadi salah satu spesies dari keluarga Pittidae, burung bernama Paok Pancawarna ini memang memiliki penampilan yang sangat menakjubkan. Dimana bulunya dipenuhi warna warni yang sangat kontras dan apik. Pada bulu kepalanya dipenuhi dengan perpaduan warna hitam dan kuning, sementara punggung dan sayapnya berwarna coklat dengan garis sayap putih.

Memiliki tubuh berukuran sedang yakni 22 sentimeter, burung Paok Pancawarna ini bertubuh gemuk nan menggemaskan. Burung endemik Indonesia ini pula dibekali dengan suara kicauan yang lantang dan sangat nyaring. Apalagi untuk jenis jantan, yang seringkali digunakan untuk memikat lawan jenisnya. Berkat keindahannya inilah, burung ini mampu menarik perhatian banyak orang.

burung-paok-pancawarna

9. Burung Cekakak Hutan-Melayu

Burung berpenampilan unik selanjutnya yang wajib anda ketahui yakni burung Cekakak Hutan-Melayu. Keunikan yang terdapat pada burung ini terdapat di area paruhnya yang sangat panjang dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Tak hanya itu saja, tubuhnya nan mungil membuatnya semakin menggemaskan. Hebatnya lagi, burung ini memiliki siulan yang sangat lantang.

burung-cekakak-hutan-melayu

10. Burung Kasumba Kalimantan

Seringkali disebut Luntur Kalimantan, jenis burung Indonesia ini termasuk kedalam keluarga trogonidae. Sesuai dengan namanya, unggas terbang ini bisa dijumpai dengan mudah di Pulau Kalimantan. Habitat alaminya yakni berada di pegunungan yang memiliki hutan lembab subtropis atau tropis.  Berkat keindahannya, tak ayal jika banyak yang menaruh perhatian padanya.

burung-kasumba-kalimantan

Melimpahnya sumber daya alam yang dimiliki negara Indonesia, sehingga terdapat jenis burung yang beragam. Keberadaan burung endemik di Indonesia ini dipercaya memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh burung luar negeri. Namun sayangnya, kini banyak sekali orang tidak bertanggung jawab yang seringkali memburu burung endemik untuk kepentingannya sendiri.