Cara Membuat Jamu Merpati Kolongan Untuk Lomba

Diposting pada
Rate this post

Jamu Merpati Kolongan Untuk Lomba – Halo kicau lovers, berbicara seputar burung merpati yang merupakan salah satu unggas yang banyak dipelihara dan di budidayakan di Indonesia ini baik itu sebagai hiasan, sebagai ajang olah raga, dan juga untuk diambil dagingnya.

Sebenarnya secara umum pperawatan burung merpati ini tidaklah susah kalian hanya harus memberikannya makanan yang bernutrisi dengan memberikan bijian sebagai pakan utama serta pelet untuk melengkapi

kebutuhan tubuhnya, lalu bersihkan kandangnya setiap hari karena kotoran dari burung ini mengandung banyak virus dan bakteri terlebih apabila kita memeliharanya di lingkungan rumah.

Boleh dimandikan sesekali tetapi untuk yang diambil dagingnya tentu jarang sekali dimandikan. Tetapi untuk yang digunakan ajak olah raga seperti merpati balap tentu membutuhkan perawatan ekstra.

Selain memperhatikan asupan makanan, menjaga kebersihan lingkungan, memandingannya dengan rutin serta menambahkan jamu-jamu sebagai doping untuk menambah staminanya di arena lomba.

Pemberian doping ini bertujuan untuk menambahkan staminanya bukan untuk menambah kecepatannya. Jamu bisa dibuat secara tradisional, ada juga yang sudah dijual dipasaran yang sudah diolah.

Tetapi di artikel ini kita akan membahas racikan jamu tradisional untuk merpati yang bisa kalian buat sendiri dirumah dengan bahan yang mudah ditemukan disekitar kita tentunya.

jamu-merpati-kolongan-lomba-terbaik

Resep Jamu Merpati Lomba

1. Jamu Tradisional 1

Bahan yang digunakan : 1 butir telur bebek, 5 sdm madu murni, 50 gr temulawak, 50 gr kunyit, teki, 100 gr jahe.

Cara membuatnya : tumbuk halus temulawak, kunyit, teki dan jahe jangan menggunakan blender dan jangan ditambahkan air lagi karena kadar airnya akan bertambah banyak.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Cililin

Setelah itu campurkan telur dan madu murni lalu aduk sampai merata, setelah rata jemur dibawah sinar matahari sampai setengah kering, setelah itu bentuk bulatan kecil dan jemur lagi sampai kering.

racikan jamu siap diberikan ke burung berikan dengan dosis 2 samoai 3 butir perhari jangan berlebihan ya.

resep-jamu-merpati-lomba

2. Jamu Tradisional 2

Bahan yang digunakan : temu kunci serbuk 25 gr, kunyit bubuk 25 gr, temulawak bubuk 25 gr, umbi rumput teki 25 gr, pasak bumi 50 gr, gingseng 50 gr, lengkuas merah 50 gr, daun sendokan 25 gr

Tapak liman 25 gr, kopi bubuk asli 1 sdm, 1 jadi kelingking sarang burung walet, madu asli 5 sdm, telur bebek 5 butir.

Cara membuatnya : Jika ditempat kalian banyak dijual bahan-bahan yang serbuk tentunya akan mudah tinggal mencampurkan semua bahan menjadi satu lalu diaduk sampai merata.

Setelah itu jemur sampai setengah kering di bawah sinar matahari dan di pulung menjadi butiran kecil dijemur lagi sampai kering dan jamu siap diberikan.

3. Jamu Tradisional 3

Bahan yang diperlukan : Yosem 50 gr, 1 gr Kolesom, sarang burung walet 3 mangkok, kunyit bubuk 1 ons, temulawak 1/2 ons, temu ireng, temu kunci 1/2 ons, kuda laut kering 3 ekor,

telor bebek 9 butir, tienjik bubuk 1 botol, gingseng royal jelly 3 botol dan madu murni 3 sdm.

Cara membuatnya sama dengan 2 jamu diatas dicampur menjadi satu lalu dikering kan dibawah matahari sampai setengah kering di bulat-bulatkan lalu dijemur sampai kering dan siap diberikan ke merpati anda.

jamu-merpati-alami

Nah kicau lovers semoga informasi tentang resep dan racikan jamu merpati kolongan untuk lomba ini dapat bermanfaat untuk kita semua terutama para pecinta burung merpati.

Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini sampai habis, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keberkahan didalam setiap langkah kita ya gais.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Kenari F1 Dan Harganya