Mengenal Keistimewaan Jalak Suren, Harga dan Suara

Diposting pada

Setiap jenis burung memiliki karakteristik tersendiri yang menjadi daya tarik bagi para pecintanya. Misalnya saja pada burung Jalak Suren atau Jalak Uren yang terkenal lantaran penampilan serta kemampuan kicauannya yang sangat lantang. Dibalik ketenarannya tersebut ternyata burung dengan nama latin Sturnus Contra ini memiliki keistimewaan yang jarang diketahui. Berikut ulasannya.


Keistimewaan Burung Jalak Uren

Menjadi salah satu jenis burung yang termasuk ke dalam famili atau keluarga Sturnidae, Sturnus Contra memang diklaim memiliki tingkat kecerdasan yang sangat mengagumkan. Dimana burung Jalak satu ini diketahui memiliki keahlian layaknya burung Beo yang mampu menirukan suara dari manusia maupun suara lainnya yang ada di sekitarnya.

Meskipun keahliannya tersebut tidak sehandal burung Beo, akan tetapi kelebihan suara inilah yang dinilai lebih mencolok dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Bahkan tak sedikit orang memanfaatkannya sebagai burung penjaga rumah, yang mana Jalak Suren akan memunculkan suara kicauan yang sangat berisik jika melihat orang asing.

Burung Jalak Uren seringkali dijumpai di beberapa wilayah nusantara, mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, hingga Bali. Sementara tempat tinggalnya sendiri yakni di berbagai pepohonan besar yang berlubang di hutan tropis. Dimana lubang pada pepohonan tersebut kerap dimanfaatkan sebagai tempat berlindung diri serta tempat untuk menetaskan anak anaknya.

Perlu anda ketahui, bila pada umumnya memiliki ukuran sekitar 20 hingga 24 sentimeter. Sebenarnya, ukuran ini menyesuaikan masing masing jenis Jalak Uren yang tersebar di wilayah nusantara. Akan tetapi, untuk Jalak Uren yang berjenis kelamin jantan biasanya memiliki kepala dan paruh berwarna hitam mengkilap dengan ukurannya yang lebih besar dibandingkan betina.

Baca Terus Guys ! . . .  Download Suara Jalak Kebo MP3 Gacor Durasi Panjang

Jalak Suren betina memiliki kepala dan tubuh yang cenderung ramping. Sama halnya dengan pejantan, pada bagian kepala hingga punggungnya berwarna hitam legam yang sangat menawan. Namun bila didengar dari kicauannya, suara Jalak Uren jantan lebih lantang dan bervariasi daripada betina yang terdengar lebih lembut serta variasinya terbatas.

jalak-uren

Harga yang Dibanderol untuk Burung Jalak Uren

Sejatinya, merawat burung Jalak Uren ini tidak jauh beda dengan jenis aves kicau pada umumnya. Akan tetapi pada beberapa hal tertentu, dibutuhkan perhatian khusus agar burung kicau satu ini bisa berkembang dengan baik. Mulai dari cara memandikan hingga pemberian nutrisi yang tepat. Bila kedua hal ini diperhatikan, maka dapat dipastikan ia akan jauh lebih berkembang.

Karena menjadi salah satu burung kicau paling populer, Jalak Uren menjadi bahan pertimbangan bagi para pecinta burung. Hal ini tak lain karena harganya yang lumayan tinggi yang berkisar Rp. 500 ribu hingga Rp. 700 ribuan. Pemberian harga yang tinggi ini lantaran kemampuan hebatnya dalam berkicau serta penampilannya yang sangat menawan nan eksotis.

harga-jalak-suren

Suara yang Dimiliki Burung Jalak Uren

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bila burung yang termasuk ke dalam keluarga Jalak ini memiliki suara kicauan yang sangat unik. Dimana Jalak Suren memiliki kicauan yang sangat lantang serta mampu menirukan suara manusia maupun yang lainnya yang ada di sekelilingnya. Bukan hanya itu saja, diantara jantan dan betina keduanya pula memiliki kicau yang berbeda.

Berkat ketenarannya di kalangan kicau mania, kini keberadaan Jalak Uren selalu menjadi incaran. Hal ini lantaran burung satu ini sangat recomended dijadikan sebagai masteran di beragam kontes atau ajang perlombaan. Untuk itu, anda tak perlu heran lagi bila harga yang ditawarkan untuk satu ekornya nantinya akan mencapai angka yang fantastis.

Baca Terus Guys ! . . .  Daftar harga Lovebird Termurah prediksi 2021