Harga Burung Pijantung

Diposting pada

Halo kicau lovers kembali lagi bersama Pleci Id dimana kali ini kami akan mengulas informasi Harga Burung Pijantung ter update di tahun ini. Jenis burung yang satu ini mulai banyak diminati para pecinta burung kicau terlebih dimasa pandemi seperti sekarang ini.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana ciri, karakteristik hingga suara dari burung pijantung itu. Kisaran harga pasaran yang berubah-ubah setiap tahunnya hal ini dikarenakan peminat yang juga naik turun.

Semakin tinggi peminat dipasaran maka nilai harganya semakin bertambah begitu juga bila popularitasnya meredup maka harganya juga semakin turun. Seperti contoh burung Lovebird dimana pada tahun 2015 hingga 2019 harganya masih tinggi.

Dimana harga per ekor untuk yang masih anakan paling murah di banderol dengan Rp250.000 itu juga yang berwarna hijau. Untuk yang batman paling mahal harganya mencapai 1 juta rupiah per ekornya untuk yang sudah mapan.

Namun seiring gantangan yang tutup harganya makin anjlok bahkan dijual Rp50.000 per ekor yang sudah mapan karena peminatnya semakin sedikit ditambah dimasa pandemi ini pendapatan juga menurun sehingga banyak kicau mania memutuskan untuk menjual burung kesayangannya.

makanan-burung-pijantung

Tetapi siapa sangka jenis burung pijantung dimana dia dijual harga murah bahkan ada yang ombyokan dengan harga Rp50.000 saja kini harga per ekornya tembus mencapai Rp350.000 per ekor yang sudah mapan.

Ini luar biasa sekali pastinya, nah dibawah ini kami akan berikan rician harga burung pijantung berbagai jenis di pasaran semoga bermanfaat untuk kalian para kicau lovers se nusantara.

Daftar Isi

Jenis dan Harga Burung Pijantung

Ada sekitar lebih dari sepuluh jenis burung pijantung yang tersebar di beberapa negara di Asia, tetapi di artikel ini kita bahas 7 jenis dulu ya gais. memang burung ini bukan burung lokal indonesia namun sudah banyak ditemukan disini baik dari penangkaran maupun perpindahan alami.

1. Pijantung Besar

Jenis burung yang satu ini memang memiliki ukuran tubuh paling besar dari yang lain dia juga disebut dengan long billed spiderhunter karena memang dia juga memangsa laba-laba dialam liarnya.

Dia memiliki panjang tubuh sekitar 20 sampai 22 cm, meskipun demikian tubuhnya terlihat ramping karena meskipun besar dia panjang. Burung ini memang cukup agresif terlebih saat mengejar lawannya.

Tersebar diwilayah Thailand, Malaysia dan di Indonesia di pulau jawa hingga kalimantan. Harga per ekor untuk burung ini mulai dari Rp75.000 yang ombyokan atau bahan dan yang sudah mapan paling mahal dijual dengan Rp150.000 per ekornya.

burung-pijantung-jantan-dan-betina

2. Pijantung Kecil

Sesuai dengan namanya jenis pijantung yang satu ini memang panjang tubuhnya terbilang kecil, biasanya berukuran 15 cm saja untuk yang sudah mapan. Namun suara kicauannya tidak boleh diremehkan karena memang nyaring dan merdu.

Karakternya merupakan burung pemalu sehingga sulit ditemukan biasanya dia bersembunyi di balik pepohonan pisang dan jahe-jahean sambil menghisap nektarnya.

Jenis ini juga banyak ditemukan diwilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa hingga ke Kalimantan bahkan ada juga yang ditemukan di pulau bali. Jenis ini memiliki harga Jual Rp100.000 sampai Rp150.000 per ekornya.

3. Pijantung Kampung

Jenis unggas pengicau yang satu ini tersebar di negara Malaysia hingga ke Sumatera dan Kalimantan. dia memiliki ukuran tuubuh yang hampir sama dengan pijantung kecil berkisar antara 15 sampai 17 cm saja.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Pijantung, Makanan, Harga Dan Suara

Bentuk paruhnya tebal dan lebih pendek warna bulu pada tenggorokannya putih ke abu-abuan dan memiliki lingkar mata yang menyerupai alis dan Jenis ini di hargai mulai Rp75.000 sampai Rp100.000 per ekornya.

4. Pijantung Tasmak

Burung ini juga biasanya disebut pijantung kacamata karena pada bagian matanya yang berukuran bulat besar ada lingkaran kuning penyerupai kacamata di sekitar matanya yang seperti burung pleci.

Ukuran tubuhnya mencapai 20 cm cukup besar untuk tubuh burung penghisap nektar, kelebihan dari yang satu ini ialah suara kicauannya yang nyaring namun monoton tetapi bila kita rawat tentu akan bagus dimasteri dengan suara burung lain.

Harga pasaran per ekornya ialah Rp50.000 sampai Rp100.000 per ekornya tergantung dari kualitas kicauan dan kesehatan dari si burung.

5. Pijantung Telinga Kuning

Jenis yang satu ini sebenarnya memiliki kemiripan dengan jenis pijantung tasmak namun, dia ada bulu kuning halus di bagian pilinya sehingga disebut telinga kuning atau yellow eared.

Panjang tubuhnya rata-rata mencapai 18 cm, bentuk tubuhnya juga ramping serta paruh panjang yang tidak terlalu lebar. Diwilayah indonesia sendiri dia tersebar Kalimantan, Jawa hingga Bali.

Harga jual per ekor nya dibanderol mencapai Rp150.000 rupiah karena terbilang cukup sulit ditemukan.

6. Pijantung Gunung

Warna bulu dominan pada pijantung gunung ini ialah hijau zaitun dan abu-abu. dan ada motif corak garis berwarna hitam pada bagian tenggorokan hingga ke dada. Jenis ini juga banyak ditemukan di wilayah indonesia.

Dia juga sering mengunjungi rumput liar dan tumbuhan lain yang sedang berbunga untuk menghisap nektarnya. Nah jenis ini termasuk yang paling mudah beradaptasi dengan manusia sehingga banyak dipelihara orang.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Blackthroat, Harga Dan Suara

Untuk harga sendiri dia dijual dengan harga Rp75.000 yang ombyokan dan mencapai Rp250.000 per ekornya untuk yang sudah mapan dan memiliki suara kicauan bervariasi.

burung-pijantung

7. Pijantung Kalimantan

Meskipun namanya Pijantung Kalimantan tetapi jenis ini banyak ditemukan di daerah Malaysia dan juga Brunei Darussalam karena memang negara itu berbatasan atau dekat dengan pulau kalimantan wilayah utara ya kicau lovers.

Sama seperti jenis pijantung pada umumnya yang memiliki paruh lancip, panjang dan melengkung sesuai dengan makanannya yang menghisap nektar dan memangsa laba-laba.

Jenis ini memang tidak banyak ditemukan di kios atau pasar burung, tetapi bukan tidak ada yang memilikinya. Kalau kalianhendak mengkoleksi peliharaan jenis-jenis pijantung bisa memesan terlebih dahulu.

Biasanya burung ini dihargai dengan maksimal mencapai Rp300.000 per ekornya yang jantan dan sudah mapan baik suara kicauan yang nyaring dan gacor juga isian yang beragam.

Jenis Burung PijantungHarga Burung Pijantung
Burung Pijantung BetinaRp 100.000 - Rp 150.000
Burung Pijantung Pisang Mudah HutanRp 120.000 – Rp 180.000
Burung Pijantung Gunung Bahan JantanRp 150.000 - 200.000
Jenis Pijantung Pisang Gacoran (Mapan)Rp 250.000 - 300.000
Jenis Pijantung Gunung GacorRp 300.000 - Rp 450.000

Nah gais itulah beberapa jenis dan Harga Burung Pijantung yang berhasil kami rangkum secara menarik untuk kalian para pecinta burung kicau. Semoga bermanfaat dan kami ucapkan terimakasih banyak sudah setia membaca artikel kami.

baca juga : makanan favorit burung pijantung