Inilah Keistimewaan Burung Cucak Rowo, Harga dan Suaranya

Diposting pada

Siapa yang tidak mengenal burung Cucak Rowo ? Sebagian besar orang mengenalnya karena namanya dinyanyikan dalam salah satu lagu populer nusantara. Jadi tidak heran bila banyak sekali para pecinta burung mengincar keberadaannya. Bukan hanya perkara populer semata, burung ini pula memiliki kemampuan yang patut diperlombakan. Penasaran apa saja keistimewaannya? Simak ulasannya.


Keistimewaan yang Dimiliki Burung Pycnonotus Zeylanicus

Bila dilihat dari fisiknya, burung endemik satu ini memiliki kemiripan dengan burung Kutilang atau Trucukan. Bukan hanya tubuhnya saja, warna bulunya pun nyaris sama. Sehingga tidak heran bila orang awam kerap kali keliru menyebutkan jenis burung satu ini. Meskipun begitu, ada satu hal yang membedakan yakni ukuran tubuhnya yang mana Kutilang lebih kecil dibandingkan jenis ini.

Selain itu, burung Trucukan pula memiliki warna kuning yang terdapat di area kloakanya sementara aves satu ini berwarna putih. Kemudian pada area kepalanya pula dipenuhi warna coklat yang hampir mirip dengan warna merah bata. Sedangkan ekor dan punggung Cucak Rowo dipenuhi warna hitam kehijau hijauan dan sayapnya pula berwarna kuning kehijauan.

Perlu anda ketahui, bila jenis burung satu ini sanggup berkembang biak di berbagai daerah yang dingin layaknya di pegunungan maupun pantai. Dengan kata lain, burung yang memiliki nama latin Pycnonotus Zeylanicus ini mampu dikembangbiakan di seluruh penjuru nusantara. Asalkan tempatnya tersebut merupakan lokasi yang tenang dan nyaman.

Burung kicau satu ini pula sangat menyukai suhu yang stabil, dikala waktu siang maupun malam hari. Namun bila terdapat perubahan suhu lantaran cuaca ekstrem, maka hal ini akan membuat Pycnonotus Zeylanicus alami penurunan produksi. Untuk mengatasi hal semacam ini, alangkah baiknya bila anda memberikannya multivitamin yang baik.

Baca Terus Guys ! . . .  Fakta Burung Merpati Beserta Mitos dan Harganya

Hal hebat yang dimiliki burung Cucak Rowo, yakni ia mampu menerka suara yang berada di sekitarnya. Kepekaan yang sangat tinggi inilah, kerap membuatnya takut maupun panik tanpa alasan. Tidak hanya suara saja, ternyata burung kicau satu ini pula sangat peka terhadap cahaya. Maka dari itu, jika ada cahaya yang belum dikenali sebelumnya maka ia akan merasa ketakutan.

pycnonotus-zeylanicus

Suara yang Dimiliki Burung Pycnonotus Zeylanicus

Menjadi salah satu aves yang paling banyak dipelihara oleh kicau mania, lantaran ia memiliki kemampuan berkicau yang sangat unik. Dimana ia mampu berkicau yang diselingi dengan ngerol yang melengkung. Bahkan daya pikat yang dimilikinya ini berada pada suara yang nyaring, tegas, dan terdapat beragam variasi. Jadi tak heran banyak yang jatuh hati ketika mendengarkan kicauannya.

Bahkan tidak jarang pula para pecinta burung memanfaatkan kemampuan yang dimilikinya ini untuk diadukan di berbagai ajang perlombaan. Pada kenyataannya kelebihan yang dimilikinya ini bukan hanya perkara suara kicauan semata, tetapi ia pula memiliki mental juara yang dibuktikan dengan kemampuannya ketika diadu dalam kontes kicau atau gantangan.

Harga yang Dibanderol Untuk Burung Pycnonotus Zeylanicus

Karena terkenal memiliki suara kicauan yang sangat menarik, sangat pantas sekali bila burung Cucak Rowo dibanderol dengan harga yang beragam. Dimana harga tersebut didasarkan pada kemampuan yang dimiliki beserta prestasi yang telah didapatkan. Bila ditengok dari daftar harganya, Pycnonotus Zeylanicus dibanderol dengan harga yang dimulai dari Rp. 800 ribu hingga Rp. 9 jutaan.

burung-cucak-rowo

Tidak dapat diragukan lagi memang, kemampuan yang dimiliki burung asal nusantara ini sudah diakui hingga mancanegara. Bahkan tidak jarang pula para penghobi burung dari luar negeri datang jauh jauh ke tanah air hanya untuk menyaksikan keahlian yang dimiliki Pycnonotus Zeylanicus. Lantaran menjadi aves endemik, anda bisa menjumpai burung ini sangat mudah terutama di area perhutanan.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Murai Batu Borneo, Makanan, Dan Harga