Mengenal Jenis Burung Cucak Ijo Beserta Harganya

Diposting pada

Sesuai dengan namanya, burung satu ini memang terkenal karena memiliki bulu berwarna hijau layaknya daun. Tak ayal bila banyak yang menyebutnya sebagai burung daun. Burung Cucak Ijo memang menjadi salah satu aves endemik nusantara yang sangat unik dan tersebar di seluruh penjuru nusantara. Maka dari itu, burung ini memiliki beragam spesies yang akan diulas berikut ini.

Beragam Jenis Burung Cica Daun di Indonesia


1. Burung Cica Daun Banyuwangi

Bisa dibilang, jika burung cucak ijo banyuwangi termasuk ke dalam golongan terbaik. Jadi tak heran bila di pasaran, ia diberikan tarif yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya. Burung yang berasal dari daerah Banyuwangi ini memiliki ciri kepala yang relatif besar dengan bagian tubuhnya yang lebih tajam dan berwarna hijau. Bila dilihat sekilas, bentuk tubuhnya sedikit melengkung.

Bukan hanya tubuh saja, ekornya pun terlihat lebih melengkung ke atas dan sangat lentur. Dibandingkan dengan jenis Cucak Ijo lainnya, burung satu ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih panjang dan terlihat besar. Hebatnya lagi, ketika sedang berkicau mereka akan lebih atraktif dan jambulnya pun akan berdiri dengan sendirinya sehingga membuat penampilannya menjadi lebih menawan.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bila jenis Cica Daun satu ini dibanderol dengan tarif yang jauh lebih tinggi. Dimana satu ekor harga burung cucak ijo banyuwangi Bakalan berkisar Rp. 800 ribu hingga Rp. 1 jutaan, lalu Cica Daun Banyuwangi Dewasa sekitar Rp. 1 juta hingga Rp. 2 jutaan, dan yang terakhir Cica Daun Banyuwangi Berprestasi dipatok harga Rp. 1 juta hingga Rp. 5 jutaan. Untuk jenis burung cucak ijo betina antara 350 sampai dengan 500 ribu per ekornya.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Rambatan, Makanan, Harga, Suara

cica-daun-banyuwangi

2. Burung Cica Daun Kalimantan

Cica Daun yang satu ini berasal dari pulau Kalimantan, yang mana jenis burung cucak ijo ini sangat terkenal akan mentalnya yang baik dan tegas alias tangguh. Tidak hanya dipenuhi oleh warna hijau, burung satu ini pula memiliki bulu berwarna kuning di kepalanya dan bercak biru muda di sayapnya. Karena warna bulu inilah, tak ayal bila banyak pecinta burung yang jatuh hati terhadap penampilannya.

Bila dibandingkan dengan kemampuan yang dimiliki Cica Daun Banyuwangi, jenis satu ini memang kalah jauh. Meskipun begitu, anda masih bisa mengasah kemampuan dari burung Cucak Ijo Kalimantan. Alhasil, mereka akan mengeluarkan kicauan yang keras dan terdengar bervariasi. Namun jika dilihat dari fisiknya, Cica Daun ini tidak jauh beda dengan jenis Banyuwangi.

Karena masih tergolong burung pemula, sehingga harga yang dibanderol pun cukup terjangkau. Untuk jenis cucak ijo kalimantan Bakalan dipatok dengan harga berkisar Rp. 500 ribu hingga Rp. 700 ribuan, lalu Cica Daun Kalimantan memiliki harga sekitar Rp. 600 ribu hingga Rp 1 jutaan. Jauh berbeda dengan Cica Daun Kalimantan yang telah berprestasi akan dipatok harga mencapai Rp. 3 jutaan.

cucak-ijo-kalimantan

3. Burung Cica Daun Sumatera

Beralih ke pulau selanjutnya, Cica Daun yang berada di Pulau Sumatera ini terkenal sebagai burung kicau dengan ciri yang sangat khas. Meski dibandingkan dengan jenis sebelumnya, Cica Daun Sumatera jauh lebih rendah harganya namun tetap diminati oleh para pecinta burung. Dimana anda bisa mendapatkan Cucak Ijo jenis satu ini kisaran harga mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 3 jutaan.

Baca juga artikel lainnya tentang : perawatan cucak ijo harian disini

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenali Ciri Murai Kota Agung, Makanan Dan Harganya

cica-daun-sumatera

Karena menjadi salah satu jenis burung endemik, sehingga anda bisa menjumpai Cica Daun sangat mudah di penjuru nusantara terutama pada beberapa pulau yang telah disebutkan sebelumnya. Tidak kalah menariknya dengan burung kicau pada umumnya, Cica Daun pula kerap kali digunakan sebagai masteran di beragam ajang perlombaan atau kontes burung.

Dari temen-temen cucak ijo mania ada bertanya ?. Untuk masteran cucak ijo paling ampuh apa sih ?.  Biar maksimal kalian bisa memasternya dengan suara burung burung kecil yang memiliki karakter suara tembakan crecetan ataupun besetan agar nantinya dapat membawakan lagu materi isiannya bisa mewah. Dan itu saja informasi yang dapat kami sampaikan seputar burung cucak ijo bagi para penghobi kicauan di nusantara, semoga kiranya dapat bermanfaat ya.